Suzuki – Toyota Siapkan SUV Baru di 2022, Sub-Compact SUV Baru?

Suzuki – Toyota Siapkan SUV Baru di 2022, Sub-Compact SUV Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com Kita tahu bahwa Suzuki dan Toyota telah bergandeng tangan di tingkat global dalam mengembangkan banyak model baru bersama. Nah, kini kedua raksasa otomotif Jepang tersebut diketahui sedang menggarap all-new SUV untuk masuk ke segmen mid-size SUV di India. Yap Suzuki dan Toyota saat ini memang absen dari segmen SUV menengah, dimana pada segmen tersebut diisi oleh Kia Seltos, Hyundai Creta, Tata Harrier, dan bahkan MG Hector.

Menurut Autocar India, Maruti Suzuki telah menginformasikan dalam pengajuan peraturan tentang perubahan tertentu dalam rencana produksi dengan Toyota, pasca 2022. Meski rencana awalnya adalah Toyota akan memproduksi Maruti Suzuki Vitara Brezza di fasilitas Bidadi (Karnataka) mereka, kini telah diubah ke model yang berbeda, yang menurut laporan dapat menjadi saingan bagi Hyundai Creta.

Sekedar informasi, Toyota saat ini memiliki dua pabrik di Bidadi, Karnataka. Satu memproduksi Innova Crysta & Fortuner, yang kedua bertanggung jawab atas penawaran Yaris & Camry Hybrid. Nah sesuai laporan yang ada, pabrik kedua Toyota tersebut lah yang akan digunakan untuk memproduksi model SUV mid-size baru dan diserahkan kepada Maruti Suzuki untuk dikelola.

Pengembangan bersama antara dua merek Jepang ini akan melahirkan SUV ukuran menengah untuk masing-masing merek. Kedua SUV ukuran menengah tersebut nantinya mengusung landasan yang sama dan menggunakan arsitektur DGNA Toyota. Namun, desain dan gaya akan berbeda pada penawaran ukuran medium, sejalan dengan bahasa desain merek masing-masing.

Untuk urusan mesin, diperkirakan mobil mid-size baru ini akan didukung oleh mesin bensin 1.5-liter K-series Maruti Suzuki serta versi turbo-bensin dari mesin tersebut juga mungkin akan tersedia di masa depan.

Pengembangan bersama di segmen mid-size SUV antara Maruti Suzuki dan Toyota juga akan membantu kedua merek menurunkan biaya ekonomis & produksi. Ini akan membantu kedua merek menentukan harga model masing-masing secara kompetitif untuk menghadapi Hyundai Creta dan Kia Seltos. Produk baru ini juga akan membantu mengisi kesenjangan dalam jajaran produk Maruti dan Toyota di pasar India.

Selain itu SUV mid-size baru ini akan menjadi model yang dikembangkan bersama pertama dari kemitraan Toyota-Maruti Suzuki di India. Meskipun keduanya telah memperkenalkan dua model, keduanya hanyalah versi rebadged dari model yang sudah ada.

Bagaimana pendapat kalian? Tulis di kolom komentar! 

Read Prev:
Read Next: