Jajaran MPV Turbo Yang Rilis di Indonesia, Wuling Cortez Bukan Yang Pertama!

by  in Berita&BMW&Mercedes-Benz
Jajaran MPV Turbo Yang Rilis di Indonesia, Wuling Cortez Bukan Yang Pertama!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pihak Wuling Indonesia kembali memberikan kejutan pada publik otomotif di Indonesia dengan menghadirkan sebuah sosok Medium MPV baru mereka yang menggunakan mesin Turbo. Yap, mobil ini adalah Wuling Cortez CT yang sudah diperkenalkan ke awak media kemarin. Tingginya antusiasme publik akan mobil ini memang cukup terlihat, karena jauh sebelum mobil ini diluncurkan, kabar dan spyshot dari mobil ini sudah terlebih dahulu merebak.

Nah, walaupun euforianya tinggi, namun kita perlu tahu bahwa Wuling Cortez CT bukanlah MPV pertama yang dirilis di Indonesia dengan menggunakan mesin Turbo. Beberapa orang mungkin lupa bahwa ada beberapa MPV lain yang sudah diluncurkan jauh sebelum Wuling Cortez CT namun sayangnya sebagian besar dari MPV tersebut memang tidak berlanjut eksistensinya. Jadi, kami tak akan menyebut Wuling Cortez CT sebagai MPV Turbo pertama di Indonesia, melainkan MPV Turbo pertama dari Wuling Indonesia. Lantas, apa saja MPV bermesin Bensin Turbo yang sudah pernah rilis dan dijual di Indonesia? Yuk kita bahas.

Proton Exora Prime

Oke, yang pertama adalah mobil yang sejatinya bagi kami pribadi langsung kami ingat saat ada istilah MPV Turbo. Yap, Proton Exora adalah salah satu Medium MPV yang kala itu digadang – gadang bakal menjegal jalan dari Toyota Kijang Innova. Nah, walau awalnya hanya mengandalkan mesin 1.600cc CPS, namun di tahun 2012 pihak Proton Edar Indonesia (PEI) memasukkan mesin CamPro CFE 1.600cc Turbo yang bertenaga 138 hp dengan torsi maksimal di angka 205 Nm yang ada di rentang 2.000 hingga 4.000 rpm. Mesin ini hadir dengan nama varian Proton Exora Prime yang dijual dari tahun 2012 hingga 2014.

Subaru Exiga GT

Nah, berikutnya ada dari brand mobil kencang yang mungkin sudah mematahkan banyak hati para petrolhead karena sudah tidak berjualan lagi di Indonesia. Yap, Subaru pernah memperkenalkan MPV medium mereka yang bermesin Turbo di tanah air, dan produk tersebut adalah Subaru Exiga, tapi trim GT. Karena, di trim GT inilah Subaru Exiga menggunakan mesin 2.000cc Turbo yang memiliki tenaga maksimal di angka 221 hp. Tentunya angka tersebut merupakan angka yang jauh dari cukup untuk bisa membuat sebuah MPV seperti mobil ini untuk melenggang kencang di jalanan bebas hambatan. Sayangnya, mobil ini sudah tak dijual lagi disini.

Volkswagen Touran 1.4 TSI

Berikutnya ada salah satu MPV dari Volkswagen yang menggunakan basis mesin dar VW Golf, yaitu VW Touran. Yap, walaupun generasi terbarunya tak termonitor dijual di tanah air, namun generasi pertama dan versi facelift-nya yang menggunakan mesin bensin turbo sempat dijual di Indonesia beberapa tahun silam. Mesin yang diandalkan sendiri adalah mesin 1.400cc TSI yang juga familiar kita kenal sebagai mesin VW Golf. MPV Turbo milik Volkswagen ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal di angka 150 PS dan torsi maksimal di angka 240 Nm. Menariknya, pihak VW mengawinkan mesin yang cukup bertenaga itu dengan transmisi DSG.

Mercedes-Benz B-Class

Nah, masih dari pabrikan eropa, kita naik ke segmen premium dimana Mercedes-Benz memiliki sebuah MPV kompak yang juga mengandalkan mesin Turbo yaitu Mercedes-Benz B-Class. Mercedes-Benz B-Class sejatinya sudah memiliki varian turbo dari generasi awal diluncurkannya mobil ini, yaitu dalam diri Mercedes-Benz B200 Turbo. Namun baru di generasi keduanya pihak Mercedes-Benz memboyong varian tersebut ke tanah air. Mesin yang diandalkan di varian ini adalah mesin M270DE16AL dengan tenaga maksimal 156 PS dan torsi maksimal 250 Nm. Oiya, varian B180 juga menggunakan mesin serupa namun dengan tenaga dan torsi yang lebih kecil.

BMW 2-Series Active Tourer

Nah, seolah tak mau kalah dengan sang rival, BMW juga memiliki sebuah MPV kompak yang juga mengandalkan mesin turbo. Yap, apalagi kalau bukan BMW 2-Series Active Tourer. Di Indonesia, pihak BMW Indonesia menjual 2-Series dalam trim BMW 218i Active Tourer. Mesin yang diandalkan adalah mesin B38A15M0 yang berkubikasi 1.500cc 3 silinder Twin Scroll Turbo yang bertenaga maksimal 136 PS dan bertorsi 220 Nm. BMW 2-Series Active Tourer sendiri adalah salah satu produk awal dari kolaborasi BMW dan MINI yang menggunakan platform yang sama dengan milik MINI Cooper.

Peugeot 5008 First Generation

Dan produk dari eropa terakhir yang ada di dalam list MPV Turbo kali ini adalah si anak hilang, Peugeot 5008. Mengapa kami menyebut mobil ini sebagai anak hilang, karena Peugeot 5008 yang sekarang bukanlah produk yang seperti dahulu. Oke, kami tidak akan membahas Peugeot 5008 versi sekarang, karena kini mobil ini bukan lagi sebuah MPV melainkan sebuah SUV. Namun jauh sebelum varian SUV ini muncul, Peugeot 5008 yang awalnya adalah MPV 5+2 seater ini sudah diluncurkan di Indonesia dengan menggunakan mesin EP6CDT Turbo yang berkapasitas 1.600cc dengan tenaga puncak di angka 156 hp dan torsi maksimal di angka 240 Nm yang sudah bisa dikail di 1.400 rpm.

Wuling Cortez CT

Dan kontestan terbaru dan paling fresh tentunya adalah Wuling Cortez CT. Varian terbaru dari Wuling Cortez di Indonesia ini mengandalkan mesin 1.500cc Turbo bertenaga 140 PS dengan torsi 250 Nm yang dicomot dari saudaranya, Wuling Almaz. Nah, penggunaan mesin turbo di Wuling Cortez CT ini seakan menghidupkan kembali segmen Medium MPV berturbo yang sudah lama ditinggalkan Proton Exora, dan Subaru Exiga GT. Dengan menggunakan kubikasi mesin yang lebih kecil namun peforma yang lebih melimpah, maka pengguna bisa mengail tenaga lebih besar tanpa perlu terlalu pusing dengan urusan konsumsi BBM.

Jadi, itulah jajaran MPV bermesin bensin turbo yang sudah, dan masih dijual di Indonesia. Nah, mungkin kalian adalah salah satu owner dari produk diatas? Bisa kok kalian berdiskusi dan membagikan pengalaman merawat MPV bermesin turbo di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: