IIMS 2023 : Ajang Pembuka Gerbang Pengenalan Untuk Percepatan Kendaraan Listrik Secara Masif

IIMS 2023 : Ajang Pembuka Gerbang Pengenalan Untuk Percepatan Kendaraan Listrik Secara Masif
0  komentar

AutonetMagz.com – Kendaraan listrik (Electric Vehicles) semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu karena emisi, biaya operasionalnya yang lebih rendah, serta teknologi yang semakin canggih. Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi agar kendaraan listrik menjadi opsi transportasi yang luas di Indonesia. Salah satunya adalah biaya tinggi dari EV dibandingkan dengan kendaraan bertenaga mesin konvensional dan kurangnya infrastruktur pengisian daya, terutama di daerah terpencil.

Animo Yang Semakin Tinggi

Percepatan pergeseran kendaraan listrik mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. Terbukti dari padatnya antrian uji coba kendaraan listrik pada area test drive dan test ride yang berada di IIMS 2023. Mobil listrik memang memiliki banyak varian mulai dari listrik murni, listrik plug-in hybrid, dan hybrid. Beragam brand yang melantai di IIMS pun mengenalkan inovasi kendaraan listrik terbarunya. Seperti BMW iX, DFSK Gelora E, DFSK Mini EV, Hyundai Ioniq 5, Mitsubishi Minicab MiEV, MG 4 EV, dan Toyota bZ4X.

Tidak mau ketinggalan, brand lokal Esemka pun juga menampilkan mobil listrik andalan mereka. Tidak tanggung-tanggung mereka membawa dua mobil yakni Esemka Bima Van dan Esemka Bima Blind Van. Kehadiran dua mobil itu sepertinya hendak memaksimalkan segmen komersial yang memang belum banyak diisi mobil listrik.

Kata Sambutan

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dukungannya untuk kendaraan listrik melalui berbagai insentif dan inisiatif. Seperti pembebasan pajak untuk produsen EV dan pengembangan infrastruktur pengisian daya. “Mengenai tren dunia ke depan, semua negara akan mendorong ke penggunaan mobil listrik. Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah trend yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu, dari combustion digeser sedikit-sedikit ke mobil listrik.”

“IIMS 2023 ini benar-benar platform yang strategis bagi para brand mobil, motor, maupun sepeda untuk memamerkan model kendaraan listrik terbaru mereka dan menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebijakan pemerintah sebagai transportasi berkelanjutan. Dengan menyoroti manfaat dari mobil listrik dan memamerkan teknologi terbaru mereka, para exhibitor dapat membantu meningkatkan kesadaran dan meningkatkan permintaan untuk kendaraan tersebut.” kata Daswar Marpaung, selaku Project Director IIMS 2023.

Read Prev:
Read Next: