Jajal New Mitsubishi Xpander 2021, Terbukti Lebih Baik?

by  in Mitsubishi&Review
Jajal New Mitsubishi Xpander 2021, Terbukti Lebih Baik?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meluncurkan new Mitsubishi Xpander 2021 terbaru. Bukan hanya tampilannya yang berubah jadi lebih up to date, tapi dari segi suspensi dan transmisi juga turut berbeda. Kali ini kami berkesempatan untuk menguji Xpander facelift di Bridgestone Proving Ground, Karawang pada Senin (15/11) lalu guna mengetahui seperti apa perubahannya.

Pengendalian Lebih Baik Berkat Ubahan Suspensi

Pertama kita bahas soal suspensi. Setting suspensi baru membuat Xpander Ultimate memiliki Ground clearance 220 mm untuk yang tipe AT dan 225mm untuk tipe MT. Sudah setara seperti ground clearance mobil LSUV sebenarnya untuk jarak ground clearance tersebut dihitung dari crossmember depan yang juga menopang transmisi. Penambahan tinggi ground clearance juga disebabkan dari naiknya diameter velg dari 16 menjadi 17 inci untuk tipe Xpander Ultimate. Memang sangat disayangkan untuk Xpander tipe Sport dan Exceed yang dulunya memiliki velg yang sama dengan Ultimate, di facelift kali ini hanya tipe Ultimate saja yang memiliki ukuran 17 inci dual tone.

Yang lebih spesial lagi untuk suspensi belakang, sekarang Xpander menggunakan shockbreaker dengan diameter yang sama besar dengan Mitsubishi Pajero Sport. Perubahan suspensi belakang ini membuat pengendalian Xpander yang sebelumnya adalah salah satu mobil paling nyaman dikelasnya menjadi lebih nyaman lagi dan lebih fun to drive. Kami mencoba melakukan slalom di kecepatan 80km/h dengan kondisi traction control off dan hasilnya lumayan mengejutkan. Bagian belakang Xpander tetap menapak dan bergerak sesuai arahan setir, tidak terasa gejala oversteer sama sekali. Memang body-roll masih sangat terasa tapi arah mobil tetap terbaca sehingga kami bisa merasakan limit mobil.

Suspensi Xpander Membaik, Bagaimana Transmisi-nya?

Untuk melewati jalan rusak dan bergelombang, suspensi Xpander facelift 2021 juga menjadi semakin nyaman. Suspensi dapat meredam guncangan dengan baik sehingga penumpang tidak terpental-pental. Perpaduan performa dan kenyamanan suspensinya adalah yang terbaik di kelasnya menurut kami. Tapi lain hal dengan transmisinya. Xpander facelift 2021 kini menggunakan transmisi CVT menggantikan transmisi matic 4 percepatan konvensional.

Dari awal mendengar kalau Xpander menggunakan transmisi CVT, kami sudah menduga performanya bakal terasa lamban. Benar saja, saat kami coba akselerasi Xpander terasa berat meskipun respon transmisi jadi lebih cepat dan terasa lebih halus. Oiya, untuk tenaga mesin Xpander facelift masih sama seperti sebelumnya yaitu 104 HP dan 141NM. Apabila kalian ingin menikmati potensi Xpander yang sebenarnya, kami sarankan untuk coba transmisi yang manual, sangat jauh berbeda.

Selain itu ada satu catatan dari kami dari segi pengereman, khususnya untuk Xpander dengan transmisi matic. Masalah pengereman yang terasa diving masih belum ada perbaikan. Pengereman harus dilakukan dengan halus dan dari jarak jauh, kalau tidak, pasti bisa membuat penumpang mual. Sayangnya masalah ini belum diperbaiki di Xpander facelift 2021. Overall kami cukup puas dengan performa Xpander facelift. Mitsubishi terus membuat improvement untuk Xpander menjadi semakin nyaman dan fun to drive. Memang kalau dari fitur, Xpander bukan yang tercanggih, tapi dari segi refinement masih jadi yang terbaik di kelasnya.

Penulis: Grady Ewaldo

Read Prev:
Read Next: