Italdesign Nissan GT-R50 Tembus 15 Milyar, Cuma 50 Unit

Italdesign Nissan GT-R50 Tembus 15 Milyar, Cuma 50 Unit
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemunculan sosok dari Italdesign Nissan GT-R50 dalam beberapa foto official beberapa waktu lalu cukup memantik banyak komentar dari para pecinta mobil ini. Ada yang suka, ada yang tak suka. Namun fakta yang muncul adalah kenyataan bahwa mobil ini memang diproduksi, dan jumlahnya sangat sedikit. Dan karena terbatasnya unit dari Italdesign Nissan GT-R50 ini, maka harganya pun langsung melambung tinggi bagaikan awan.

Yap, Italdesign Nissan GT-R50 memang akan menjadi salah satu produk yang dinantikan di Goodwood Festival of Speed, selain produk asal Jepang lainnya, Toyota Supra. Dan mengutip dari laman CarAdvice, Italdesign Nissan GT-R50 akan dilepas ke konsumennya dengan banderol mencapai 900.000 Euro, atau jika dirupiahkan menjadi 15,1 Milyar Rupiah. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk sebuah Nissan GT-R, namun ingatlah bahwa mobil ini memang cukup worth dengan harga tersebut berkat jumlah unitnya yang hanya ada 50 unit saja, seperti namanya. Italdesign Nissan GT-R50 sendiri merupakan unit yang spesial bukan hanya karena unitnya yang terbatas saja, melainkan juga karena statusnya sebagai unit khusus untuk memperingati 50 tahun sudah usia dari Nissan GT-R dan juga Rumah Desain Italdesign.

Italdesign Nissan GT-R50 sendiri sejatinya bukanlah sebuah mobil yang di-develop dari awal, karena mobil ini dibangun dari basis Nissan GT-R Nismo. Namun pihak Italdesign memberikan sentuhan yang menyeluruh, termasuk pada sisi eksterior yang menggunakan aksen warna emas yang melengkapi laburan warna liquid kinetic grey yang digunakan di mobil ini. Secara bentuk, Italdesign Nissan GT-R50 benar – benar baru, sangat berbeda dengan Nissan GT-R Nismo, walaupun garis desainnya masih sedikit mirip. Lampu utamanya menggunakan lampu LED dengan bentuk L yang sipit, dan lampu belakangnya mempertahankan lampu buat ganda yang menjadi signature dari jajaran Nissan GT-R. Untuk mesin, Italdesign Nissan GT-R50 mengandalkan mesin 3.800cc Twin Turbo V6.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 720 PS pada 7.100 rpm dan torsi badak mencapai 780 Nm pada rentang 3.600 hingga 5.600 rpm. Apa Artinya? Artinya pihak Nissan dan Italdesign ternyata melakukan tuning juga pada Italdesign Nissan GT-R50 ini, dimana capaian tenaganya melonjak 120 PS dan torsinya melonjak 128 Nm dibandingkan dengan Nissan GT-R Nismo yang menjadi basisnya. Bagaimana bisa Italdesign Nissan GT-R50 mendapatkan lonjakan tenaga setara mesin i-VTEC Honda Jazz? Jawabannya ada di paket GT3-Specs Turbocharger, ditambah intercooler yang lebih besar, higher-flow fuel injectors, pengapian yang dioptimalkan, dan juga penggantian sistem intake and exhaust. Tak hanya itu, Italdesign Nissan GT-R50 juga dilengkapi dengan rear-mounted six-speed dual-clutch transmission, dan ATTESA E-TS GT-R AWD system dengan  reinforced differentials dan driveshafts.

Dengan sejumlah ubahan yang kami sebutkan, masih belum juga dengan ubahan interior yang jauh lebih modern dan sporty serta penggunaan komponen pengereman dari Brembo, velg unik 21 inci dan ban Michellin Pilot Super Sport, apakah menurut kalian Italdesign Nissan GT-R50 layak dihargai 15,1 Milyar Rupiah? Yuk sampaikan opini kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: