iPhone Mulai Gantikan Kunci di BMW 5 Series Per 2021

by  in  Berita & BMW & BMW
iPhone Mulai Gantikan Kunci di BMW 5 Series Per 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Sadarkah kalian bahwa telepon genggam atau handphone telah berkembang pesat dalam 2 dekade terakhir. Saat ini, istilah smartphone lebih dikenal daripada handphone berkat makin banyaknya tugas yang bisa di-handle oleh gadget tersebut. Dan dalam waktu dekat, telepon pintar juga akan bertransformasi dan mengemban tugas baru yaitu sebagai pengganti dari kunci mobil, khususnya BMW.

Baru- baru ini, Apple mengumumkan sebuah fitur baru yang akan muncul di Apple iOS 14. Fitur ini adalah Apple CarKey yang secara penamaan cukup mirip dengan nama fitur CarPlay di sistem infotainment. Nah, fitur ini sendiri diumumkan di Apple Worldwide Developers Conferene, dan dipastikan mobil pertama yang bisa menggunakan fitur ini adalah BMW 5 Series 2021. Secara konsep, fitur Apple CarKey memanfaatkan teknologi near field communication (NFC), sama seperti kalau kalian top up uang elektronik via smartphone. Pemilik mobil tinggal menggunaka iPhone atau Apple Watch mereka di dekat pintu mobil, dan voila, mobil akan terbuka kuncinya.

Namun, bukan berarti sembarang orang dengan gadget Apple bisa membuka pintu mobil kalian. Sebelum pintu terbuka, pengguna perlu melakukan otentifikasi berupa Face ID maupun Touch ID yang sesuai dengan Apple ID yang terhubung dengan mobil. Walaupun begitu, untuk keadaan darurat, fitur ini juga menyediakan opsi untuk melewati step otentifikasi tersebut. Menguti informasi via Mac Rumors, kabarnya Apple CarKey juga memiliki fitur untuk berbagi digital key kepada rekanan sang empunya mobil melalui aplikasi pesan. Nah, digital key ini memiliki 3 level akses. Pertama, hanya bisa membuka bagasi. Kedua, hanya bisa membuka pintu mobil. Dan ketiga, bisa mengendarai mobil tersebut.

Selain itu, karena sistemnya sudah saling terhubung, pengguna juga bisa memberikan batasan pada jumlah tenaga mobil yang digunakan, angka maksimal dari sistem audio, hingga beberapa pengaturan lainnya. Lantas, bagaimana jikalau iPhone pengguna kehabisan baterai dan tidak bisa mengisi daya? Tenang saja, Apple sudah mempertimbangkan hal tersebut. Apple CarKey masih bisa diakses fungsinya dengan baik walaupun iPhone sudah mati selama 5 jam. Bagaimana teknisnya? Tentu kita tunggu informasi dari Apple. Nah, belum jelas apakah Apple CarKey akan digunakan di merk lain atau tidak.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yang masih pakai android, setialah dahulu dengan kunci mobil kalian.

Read Prev:
Read Next: