BMW Mulai Tes Mobil Otonom Buatannya di China

by  in Berita&BMW&International
BMW Mulai Tes Mobil Otonom Buatannya di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Selain mesin bertenaga listrik, satu hal yang menjadi gambaran mobilitas di masa depan adalah kehadiran sistem mengemudi otonom. Dan sistem semacam ini memang bukanlah hal yang sepenuhnya baru, bahkan sudah banyak perusahaan baik di bidang otomotif maupun teknologi yang mengembangkan bahkan mengujinya. Dan kini berita datang dari pihak pabrikan asal Jerman, BMW.

Kalau kita bicara masalah mobil otonom, sejatinya BMW bukanlah perusahaan yang pertama kali mengusulkan maupun menguji sistem ini. Namun bukan berarti pihak BMW tak serius dalam mengembangkan sistem ini. Bahkan sebuah kabar terbaru menunjukkan sebuah fakta yang menarik, disaat banyak pabrikan yang memilih Amerika Serikat sebagai lokasi untuk menguji sistem mobil otonom mereka, pihak BMW justru memilih China sebagai lokasi pengujian sistem mobil otonom lansiran mereka. Yap, Pada Hari Rabu, 16 Mei 2018 silam pihak BMW menyatakan bahwa mereka menjadi pabrikan asing pertama di China yang mendapatkan ijin untuk bisa mengetes mobil otonom mereka di China.

Nah, dengan turunnya ijin dari Pemerintah China, maka pihak BMW akan segera mengetes mobil otonom mereka di Shanghai, walaupun waktu pengetesan belum diketahui secara spesifik. Dan untuk mengetes mobil ini, pihak BMW menerjunkan sebuah tim khusus yang terdiri dari 60 orang ahli dalam hal sistem otonom. Tim ini akan bertugas untuk mengambil dan mengumpulkan data berbasis dari keadaan lalu lintas yang riil dan menggunakannya untuk melatih sang sistem dengan menggunakan algoritma Machine Learning. Jika kalian bertanya – tanya, kira – kira mobil apa yang akan digunakan untuk menguji sistem mengemudi otonom ini, jawabannya adalah sedan flagship dari BMW yaitu BMW 7 Series.

Walau jadwal pengujian belum diurai secara spesifik seperti yang kami sampaikan sebelumnya, namun Pihak BMW kabarnya akan memulai rangkaian pengumpulan data dan pengetesan ini pada bulan ini juga. Ada 2 buah BMW 7 Series yang dipersiapkan untuk pengujian ini, dan mulai digunakan bulan ini, sedangkan 7 mobil tambahan akan menyusul di penghujung tahun 2018 ini. Martin Sautter, VP Research & Development BMW mengatakan bahwa kesempatan ini adalah kehormatan bagi pihak BMW untuk menjadi pabrikan Internasional pertama yang memperoleh ijin menguji mobil otonom di China, dikutip via AutoEvolutionMartin menambahkan, bahwa pengujian ini dilakukan dengan standar keamanan tertinggi, dan ditujukan untuk mencapai sistem transportasi yang lebih aman, efisien, dan nyaman.

Baca Juga : Pihak Militer Amerika Serikat Akan Manfaatkan Kendaraan Otonom

Dengan pengujian ini, maka bisa dikatakan bahwa sistem mengemudi otonom dari BMW bisa saja segera dirilis pasca pengujian di China ini berjalan lancar. Dan nampaknya sistem ini akan masuk dalam fitur yang ditanamkan di BMW 7 Series, mengacu pada mobil tes yang digunakan. Nah, kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: