Inilah Sosok Luxury SUV Bentley Bentayga, Bakal Jadi SUV Termahal di Dunia!

Inilah Sosok Luxury SUV Bentley Bentayga, Bakal Jadi SUV Termahal di Dunia!
0  komentar
Bentley-Bentayga-depan

AutonetMagz.com – Masih ingatkah anda dengan sosok Bentley EXP 9 F Concept? Concept SUV dari Bentley ini menegaskan keseriusan Bentley ingin memasuki pasar SUV dengan model ultra luxury. Bisa dibilang Bentley ingin mencoba bermain di sektor Blue Ocean, lho kok gitu? Yup sebab memang sampai saat ini belum ada kendaraan Ultra Luxury yang diwujudkan dengan sosok SUV. Rolls-Royce belum ada, Maybach pun belum.

Namun sekilas melihat sosok Bentley EXP 9 F Concept yang tidak biasa sempat menuai perdebatan oleh para petrolhead kala itu. Memang sih sosoknya agak nyeleneh walaupun bisa saja kita bilang itu memang ciri khas Bentley, namun sepertinya Bentley tidak ingin ambil resiko dan coba mempermak tampilannya agar bisa easy looking. So versi produksi akan segera diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2015 nanti dengan nama… emmm… Ben gaya? Ben Agya? lho kok Agya?

Bentley-Bentayga-belakang

Sepertinya mesti dilihat dengan seksama dulu namanya sebelum dikatakan, soalnya memang agak belibet, yah biar nyentrik. Well… namanya Bentley Bentayga, semoga pembaca tidak kecele seperti saya lah haha… Oke secara tampilan Bentayga memang sosok mobil yang diadaptasi dari EXP 9 F dulu. Hal ini tidak diragukan dari siluet jendela nan tipis serta bagian belakang yang sedikit boxy. Namun sosok depannya jelas sekali bahwa Bentayga dibuat lebih humanis dibanding konsepnya layaknya kita melihat SUV saat ini.

Bila melihat interior maka kita akan menemukan tampilan super luxury ala Bentley, apa saja? Ada detailing kayu buatan tangan, logam hiasan buatan tangan serta jok kulit nan mewah, yah you name it lah. Kapasitas penumpang Bentayga bisa memuat hingga lima orang, tapi buat apa juga dipaksa? empat saja lah, kan SUV luks. Jok kulitnya dihiasi oleh jahitan kontras dan berlian mewah. Jok Bentayga sudah dilengkapi sistem pijat enam program, penghangat dan ventilasi.

Bentley-Bentayga-interior

Belum lagi diramaikan oleh center cluster dengan infotainment berukuran 8 inchi touchscreen dan tablet Android Bentley berukuran 10,2 inchi yang dapat dilepas pasang di bangku belakang. Audio disupport oleh Naim dengan speaker berjumlah 18 unit dengan daya 1,950 Watt. Menariknya tetap ada sistem personalisasi ala Bentley yang disebut Bentley Bespoke yang menawarkan 90 warna tambahan eksterior, 15 opsi karpet, 7 lapisan buatan tangan, 15 pilihan trim interior dan beberapa pilihan velg alloy mulai dari 20 – 22 inchi.

Mobil ini dibangun dengan platform MLB-Evo VW Group yang pernah diaplikasikan di Audi Q7. Bicara soal mesin tentu saja mobil ini diberi jantung mekanis yang digdaya seperti Continental. Mesin 6.0 liter turbocharged W12 berhasil meletupkan tenaga 600HP dan torsi 900 Nm dengan penyalur daya transmisi auto 8-speed dan all wheel drive maka Bentayga dapat menempuh 0-100 km/jam dalam 4.1 detik dan topspeed 308 km/jam.

Bentley-Bentayga-kursi-kedua

Ada juga piranti elektronis bernama Bentley drive Dynamics yang menawarkan 8 mode mengemudi dan dapat disesuaikan dengan off road. Selain itu suspensi udara elektronisnya bisa diatur dengan 4 mode ketinggian dan masih banyak piranti elektronis lain seperti Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Stop & Go, Predictive ACC, Traffic Assist dan Park Assist.

Berapa nominal dari Bentley Bentayga? Harga terbaru yang telah dikeluarkan Bentley adalah $229,100 untuk pasar US. Bisa dibilang ini adalah SUV Termahal di dunia yang mengalahkan harga Mercedes-Benz G65 AMG seharga $218,000 dan Range Rover SVAutobiography seharga $200,000. Yah maklum saja ini berbeda kelas dengan kedua SUV tersebut. Bentayga memang lebih mirip Continental Flying Spur yang dibuat SUV dengan kemampuan off road sih. Nah bagaimana menurut anda dengan SUV Bentley ini? sebab para Boss sudah ada pilihan baru…

Read Prev:
Read Next: