Volkswagen Akhirnya Memperbaharui Microbus Camper Concept, Diwacanakan Segera Diproduksi

by  in  International & VW
Volkswagen Akhirnya Memperbaharui Microbus Camper Concept, Diwacanakan Segera Diproduksi
0  komentar
VW-Bulli-Microvan-depan

AutonetMagz.com – Back in the 2000, dimana beberapa pabrikan mobil mulai mengangkat tema retro sebagai celah pasar otomotif saat itu. Seperti yang kita tahu banyak sekali konsep pembaharuan dengan adaptasi tampilan mobil lawas akhirnya menjadi mobil produksi massal. Sebut saja MINI Cooper yang dibuat oleh BMW Group dan VW Beetle. Namun ingatkah anda bahwa Volkswagen tidak hanya membuat konsep Beetle saja untuk retro car?

Yup… pada tahun 2001 pernah dimunculkan konsep VW Microbus, tentu saja melihat tampilannya anda pasti paham adaptasi desainnya. VW Microbus mengambil konsep dari Transporter T1 dan T2 atau nama lain yang jamak orang sebut adalah VW Combi. Walaupun begitu secara dimensi dia justru lebih kecil dibanding Caravelle yang menjadi penerus Combi, bahkan lebih kecil dibanding Touran saat ini.

VW-Bulli-Microvan-belakang

Namun konsep ini tidak berhasil masuk ke jalur produksi, pasalnya Volkswagen menggangap saat itu masih prematur untuk memborbardir pasar dengan varian retro car. Padahal saat itu reaksi pasar terhadap VW Microbus sangat positif dimana desainnya begitu unik, chic dan kompak. Tapi ya wajar saja sih retro car selalu penuh dengan unsur tampilan yang menarik, penuh warna, kompak, sangat anak muda tapi bentuknya “van”, ya mungkin Volkswagen merasa konsep ini agak tidak nyambung dan sedikit beresiko.

Selama 14 tahun Volkswagen meng-hiatus-kan konsep ini ternyata ada titik cerah bahwa produksi ini digarap kembali, versi konsep VW Microbus akan dipoles ulang. Menurut majalah Autocar, Volkswagen berencana untuk memperkenalkan konsep terbaru dari VW Microbus yang akan dilepas tabirnya pada bulan Januari saat di Consumer Electronics Show, Las Vegas. Tapi ini bukan sekedar konsep karena memang dijadwalkan untuk segera diproduksi.

VW-Bulli-Microvan-dashboard

Konsep ini diwacanakan akan segera mass product pada tahun 2016 di pabrik Volkswagen Puebla yang berada di Meksiko. Hal yang menarik dari konsep ini adalah nantinya VW Microbus akan berjantung listrik, dimana dengan mesin listrik ini VW Microbus bisa menempuh jarak sekitar 400 and 500km. Tapi tentu saja masih ada pilihan mesin turbocharger 1.4 liter TSI dan mesin diesel. Yup ditengah ramainya berbagai retro car sekarang, masih lebih baik muncul terlambat sih daripada tidak muncul sama sekali. Bagaimana menurut anda? sampaikan dong opini anda di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: