Inilah Penyebab Mengapa Motor Susah Distarter!

by  in  Berita & Merek Motor & Tips
Inilah Penyebab Mengapa Motor Susah Distarter!
0  komentar

AutonetMagz.com – Stater tangan atau electric starter yang tidak berfungsi dengan baik pastinya akan membuat pemilik motor jengkel. Hal ini sangatlah mengganggu karena kepraktisan untuk menyalakan motor menjadi jadi berkurang.┬áMaka dari itu, pemilik motor pada akhirnya terpaksa menggunakan kick starter untuk menyalakan mesin.┬áMenggunakan kick starter pun juga cukup ribet karena terkadang tidak bisa dalam sekali percobaan. Apalagi kalau motornya matic yang tidak bisa dinyalakan jika standar samping turun. Sehingga mau tidak mau harus ‘memberdirikan’ motor dengan standar dua yang cukup menguras tenaga.

Apa Saja Penyebabnya?

Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan beberapa penyebab stater tidak mau berfungsi. Pertama, pastikan kondisi accu motor tidak lemah. Kondisi accu yang baik biasanya memiliki tegangan 12,4 volt. Ketika di stater, tegangan accu akan berada di angka 12 volt dan jika kurang dari 10 volt, maka kondisi accu dipastikan mulai ngedrop. Hal ini ditandai dengan suara klakson yang tidak sekencang biasanya dan lampu yang kurang terang.

Kondisi dinamo starter juga mempengaruhi kinerja electric starter. Kerusakan pada dinamo starter disebabkan oleh arang kumparan (brush) yang aus atau gosong karena gesekan dengan komutator. Kerusakan pada dinamo dapat diketahui saat menekan switch starter ada bunyi klik, tetapi dinamo starter berputar kurang maksimal atau tidak berputar sama sekali. Jika gejala itu terjadi, maka bisa jadi ada kerusakan pada bagian komponen ini.

Perhatikan Switch dan Saklar

Penyebab lainnya bisa saja terletak pada kabel stater. Koneksi yang tidak sempurna dapat mengganggu kinerja electric starter. Disana terdapat sekring untuk mengamankan arus listrik pada komponen elektrikal di sepeda motor. Umumnya sekring memiliki ukuran 20 ampere. Jika arus yang diterima lebih besar, maka kawat sekring bisa putus untuk mengamankan rangkaian kelistrikan supaya tidak terjadi kerusakan pada komponen elektrikal.

Pada electric starter juga menggunakan komponen saklar atau yang biasa disebut dengan switch starter. Fungsi dari saklar adalah untuk memutus dan menyambungkan arus listrik. Layaknya sepeda motor pada umumnya, switch starter juga bisa saja tidak berfungsi dengan baik. Jika kendaraan anda mengalami beberapa permasalahan diatas, segera bawa kendaraan anda ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

Read Prev:
Read Next: