Inilah Spesifikasi All New Perodua Axia, Agya-Ayla Bakal Mirip?

by  in  Daihatsu & Merek Mobil & Mobil Baru
Inilah Spesifikasi All New Perodua Axia, Agya-Ayla Bakal Mirip?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di awal tahun 2023 ini, ada 2 model mobil yang sedang mendapatkan sorotan dari publik. Dan keduanya adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Sorotan ini diberikan bukan karena performa penjualan mereka, namun lebih kepada kabar bahwa generasi terbaru dari duet LCGC tersebut akan segera muncul. Dan titik terang pun kali ini mulai terlihat jelas, karena spesifikasi kembaran Agya-Ayla yaitu Perodua Axia telah diumbar. Yuk kita bahas.

Teaser All New Perodua Axia Malaysia

Wajah Baru, Makin Modern

Sesuai prediksi yang kami tulis beberapa minggu lalu, Perodua akan mendapatkan hak spesial untuk memperkenalkan All New Perodua Axia terlebih dahulu. Setelahnya, baru All New Toyota Agya dan All New Daihatsu Xenia akan menyusul. Jadi, world premiere akan digelar di Malaysia, bukan Indonesia. Dalam teaser yang diumbar oleh Perodua, terlihat jelas bentuk headlamp dari All New Perodua Axia. Bentuknya nampak berubah, namun masih menunjukkan cue design yang sama. Terlihat pula bahwa headlamp All New Perodua Axia sudah menggunakan teknologi LED model reflektor. Sedangkan di bawah reflektornya terdapat garnish chrome yang dibuat seakan menyambung ke grille.

Di gambar yang berbeda, grille dan bumper depannya juga terlihat cukup jelas. Nampak All New Perodua Axia menggunakan grille berwarna hitam dengan ornamen krom sebagai pemanis. Sedangkan bumper-nya menggunakan bentuk yang cukup banyak tarikan tegas yang dipadukan dengan LED DRL dengan housing berwarna hitam. Bagian ini meningatkan kami pada housing foglamp BMW 3 Series G20 pre-LCI. Sekilas juga terlihat All New Perodua Axia menggunakan velg alloy dengan model V-Shape palang 4 atau 5. Kabar baiknya, handle pintu All New Perodua Axia sudah menggunakan model tarik, bukan model flip seperti mobil jadul. Hal lain dari eksterior yang bisa kami dapatkan infomasinya adalah opsi warna yang ada 5, yaitu warna putih, merah, abu-abu, silver, dan biru.

Masuk ke interior, dugaan kami bahwa All New Agya & Ayla akan menggunakan interior turunan dari Diahatsu Rocky ataupun Toyota Raize pun terbukti. All New Perodua Axia menggunakan setir yang sangat mirip dengan milik Raize-Rocky, pun begitu dengan tombol PWR Mode-nya. Panel instrumennya pun nampak juga common parts karena desain display-nya sudah sangat familiar. Untuk sistem infotainment, All New Perodua Axia juga akan menggunakan head unit berukuran 9 inci. Lagi-lagi, sama seperti Toyota Raize-Daihatsu Rocky. Untuk kursi depan juga akan mengaparkan headrest model adjustable. Bukan model pocong lagi, bahannya juga sudah semi leather di tipe termahal. Pun begitu dengan spion depan yang sudah auto retract di 2 tipe tertinggi.

Pakai DNGA, Interior Mirip Raize-Rocky

Bedanya, All New Perodua Axia mendapatkan 6 buah airbags, dan ada PSDA alias Perodua Smart Drive Assist. Semacam TSS dan ASA kalau di Toyota maupun Daihatsu. Hmmm, kabar yang sangat bagus. Untuk urusan mesin, All New Perodua Axia akan menggunakan mesin 1KR-VE 1.000cc naturally aspirated 3 silinder. Mesin ini sebenarnya sudah cukup familiar bagi kita, karena digunakan di Daihatsu Ayla dan Sigra. Dan mesin tersebut menjadi satu-satunya opsi mesin untuk All New Perodua Axia. Berbeda dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla terbaru yang nantinya akan menggunakan mesin 1.200cc WA-VE 3 silinder. Oiya, khusus Daihatsu Ayla juga nantinya masih akan diberikan opsi mesin 1KR-VE, sedangkan Toyota Agya hanya mendapat opsi mesin 1.200cc saja.

Transmisi yang digunakan All New Perodua Axia hanya D-CVT semata, goodbye transmisi manual. Bagaimana dengan Agya-Ayla? Tenang, masih ada kok. Mesin 1.000cc di All New Perodua Axia pun diklaim memiliki konsumsi BBM yang fantastis. Tembus 27,4 km/liter dengan ECO Idle System di tipe SE dan AV, dan tembus 25,3 km/liter di tipe G dan X. Nah, dengan semua hal tersebut, bisa dipastikan All New Perodua Axia, All New Toyota Agya, dan All New Daihatsu Ayla sudah menggunakan basis DNGA. Lebih tepatnya DNGA-A seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Untuk fitur standar, All New Perodua Axia sudah dibekali sistem ABS, EBD, BA, VSC, TC, dan HSA. Mantap kan?

Tapi kalian harus ingat, semua spesifikasi ini untuk All New Perodua Axia. Bagaimana untuk All New Toyota Agya, dan All New Daihatsu Ayla? Kita tunggu bulan depan saja. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: