Inilah Mini Countryman Generasi Terbaru! Semua Varian Jadi EV?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Inilah Mini Countryman Generasi Terbaru! Semua Varian Jadi EV?
0  komentar

AutonetMagz.com – Ini Mini, tapi kok gak mini? mungkin itulah yang terbesit dari pikiran kalian bila melihat Mini Countryman. Generasi ketiganya baru saja diperkenalkan di IAA Motorshow, bersamaan dengan generasi terbaru dari Mini Cooper. Nah, di generasi ketiga ini, diperkenalkan dalam dua format EV dengan motor listrik tunggal atau ganda. Namun, kedepannya juga akan ditawarkan dalam varian bensin dan diesel.

Perbandingan dengan generasi sebelumnya

Detail Eksterior

Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.433 mm, lebar 1.843 mm, tinggi 1.656 mm, dan wheelbase 2.692 mm. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mobil ini 60 mm lebih tinggi dan 130 mm lebih panjang. Mini Countryman mengadopsi bahasa desain baru yang disebut “Charismatic Simplicity“, terlihat dari lekukan dan garis-garis tajam pada bodi. Bagian depan terdapat gril berbentuk octagon yang lebih besar dan Lampu depan LED yang lebih kecil diposisikan lebih tinggi dari sebelumnya.

Beralih ke bagian samping, terdapat overhang belakang yang memanjang, handle pintu flush, dan cladding di lengkungan roda. Peleknya tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 17 hingga 20 inci. Atap floating roof dan greenhouse “circumferential black band” dengan horizontal belt line masih dipertahankan. Di bagian belakang, terdapat lampu Matrix LED yang lebih ramping dengan grafis Union Jack khas Mini dan spoiler belakang yang lebih besar.

Detail Interior

Interiornya tampak lebih sederhana dibandingkan generasi sebelumnya, dengan penggunaan tombol yang lebih sedikit dan permukaan dasbor berbahan tekstil tenun. Layar OLED 9,4 inci di tengah berfungsi sebagai layar sentuh infotainment sekaligus kluster instrumen digital. Dilengkapi sistem operasi Mini 9 berbasis Android yang mengintegrasikan AI Spike dan dapat dikonfigurasi dengan 8 Mode experience yang dapat dicocokan ke ambient lighting.

Karena ada penambahan tinggi secara keseluruhan, headroom bertambah 3 cm di depan dan 2,5 cm di belakang. Kapasitas bagasi juga meningkat 55 liter menjadi 460 liter, sementara saat kursi baris kedua dilipat semua kapasitasnya menjadi1.450 liter dengan kompartemen tambahan di bawah lantai. Angka tersebut naik 175 liter (6,2 kaki kubik) dibandingkan generasi sebelumnya.

Pilihan Varian dan Mesin

Ada empat level trim yang tersedia – Essential, Classic, Favoured, dan John Cooper Works. Tersedia dalam 2 pilihan varian, yakni MINI Countryman E (FWD) dan MINI Countryman SE ALL4 (AWD). Keduanya menggunakan baterai berkapasitas 64,7 kWh dengan range 462 km. Bedanya, varian E bertenaga 201 hp dengan torsi 250 Nm dan dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,6 detik. Sementara varian SE bertenaga 308 hp dengan torsi 494 Nm dan dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,6 detik.

Mini juga mengonfirmasi bahwa Countryman juga akan tersedia dengan mesin bensin dan diesel. Countryman C akan menjadi varian bensin FWD entry-level, diikuti Countryman S ALL4 yang lebih bertenaga, dan Countryman JCW yang berfokus pada performa. Menurut paultan, varian C bertenaga 170 hp dengan torsi 280 Nm dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik. Sementara varian S ALL 4 bertenaga 288 hp dengan torsi 360 Nm dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 7,1 detik. Terakhir, varian John Cooper Works (JCW) bertenaga 300 hp dengan torsi 400 Nm dan memiliki figur akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,4 detik.

Read Prev:
Read Next: