MINI Cooper Clubman Baru Tetap Jadi Station Wagon Modis dengan Split Doors

MINI Cooper Clubman Baru Tetap Jadi Station Wagon Modis dengan Split Doors
0  komentar
mini-cooper-clubman

AutonetMagz.com – Ingat dengan MINI Cooper 5 Doors yang pernah kami review dalam bentuk video? Suka tak suka, MINI memang harus sedikit menanggalkan identitasnya untuk bisa meraih konsumen yang lebih banyak lagi dan bertahan di pasaran, tak bisa hanya dengan mengandalkan MINI Cooper 3 Doors. Tapi jika anda tak suka MINI Cooper 5 Doors, bagaimana dengan MINI Cooper Clubman ini? Sama-sama 5 pintu, tapi ada sejumlah perbedaan.

Yang anda simak ini adalah generasi terbaru dari Clubman. Secara dimensi, ia lebih panjang dan lebar daripada MINI Cooper 5 Doors karena mobil ini sejak awal dipersiapkan sebagai sebuah estate atau station wagon oleh MINI, bukannya hatchback. Dari depan mungkin mukanya persis MINI Cooper, tapi dari samping sudah kelihatan kalau mobil ini memang lebih panjang daripada MINI Cooper 5 Doors.

mini-clubman-opened-doors

Perhatikanlah bagian belakangnya. Jika anda sudah mengenal MINI Clubman generasi sebelumnya, ciri khas MINI Clubman berupa split doors tetap bertahan di generasi terbaru ini. Alhasil, secara teknis ia memiliki 6 pintu. Untuk unsur penampilan mungkin menarik, tapi dari segi kepraktisan, kami lebih suka pintu bagasi hatchback atau estate biasa yang membuka ke atas.

Jika di interior MINI Cooper kita disuguhi bentuk bulat di sekujur kabin, Clubman lebih variatif dengan bentuk kotak di beberapa bagian seperti pada kisi AC. Tak ada handle rem tangan, karena ia mengadopsi electronic parking brake seperti Honda HR-V Prestige. Climate control dan panoramic roof sudah jadi standar di Clubman S.

interior-mini-clubman

Di kabin belakang, ia masih memiliki kekurangan yang sama dengan MINI Cooper. Jok belakangnya memang didesain untuk memuat 3 orang, tapi dengan adanya terowongan untuk mengakomodasi penggerak MINI ALL4 alias AWD-nya MINI, penumpang yang duduk di kursi belakang tengah tak akan mendapatkan legroom yang layak. Satu-satunya orang yang bisa duduk nyaman di situ hanya orang yang kakinya pendek.

kabin-belakang-mni-clubman

Soal mesin, Clubman sama sekali tak ada bedanya dengan MINI Cooper biasa ataupun BMW 218i Active Tourer. Mesin 1.500 cc 3 silinder dengan TwinPower Turbo yang punya tenaga 136 hp dan torsi 220 Nm masih dipercaya untuk menggerakkan Clubman. Asiknya, jika ingin Clubman yang bisa diajak nakal, MINI Clubman S juga akan tersedia dengan mesin 2.000 cc 4 silinder turbo bertenaga 192 hp dan torsi 280 Nm.

Jika peminat di Indonesia menunjukkan angka dan antusiasme yang menjanjikan, bukan tak mungkin lho Clubman akan diimpor ke tanah air. Bagaimana para pembaca, lebih suka MINI Cooper 5 Doors atau MINI Cooper Clubman? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: