Ini Penyebab Penjualan Mobil Ford di Indonesia Terus Merosot Hingga Tutup

by  in Ford&Nasional
Ini Penyebab Penjualan Mobil Ford di Indonesia Terus Merosot Hingga Tutup
0  komentar

Ford Ecosport Urban Discoveries IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Menanggapi tutupnya Ford Motor Indonesia yang akhirnya menimbulkan kekecewaan banyak pihak, kami bertanya-tanya ada apa dengan Ford Motor Indonesia. Karena berdasarkan sepengetahuan kami berdasarkan data Gaikindo, sepanjang 2015 silam Ford Motor Indonesia berhasil menjual mobil dengan volume yang cukup banyak.

Sepanjang 2015, Ford Motor Indonesia berhasil menjual mobil sebanyak 6.103 unit, dimana penjualan mobil mereka paling banyak disumbang oleh Ford Ecosport yang hampir terjual hingga setengah penjualan mobil Ford, kemudian disusul oleh Fiesta dan Ranger. Angka tersebut memang terpangkas dari 11.614 unit di tahun 2014 silam dan Ford berhasil masuk ke dalam 10 besar brand mobil dengan penjualan terbanyak se-Indonesia pada saat itu.

Melihat angka penjualan yang hanya 6.103 unit, dari presentase penjualan tahun lalu memang menurun hampir 50%, tetapi memang di tahun 2015 penjualan mobil nasional dan penjualan mobil brand-brand lain juga ikut turun. Contoh, penualan mobil sepanjang Januari hingga Agustus 2014 pabrikan besar mengalami penurunan volume penjualan besar-besaran, Toyota turun 21%, Daihatsu 11%, Suzuki 23% dan Mitsubishi juga turun hingga 18%. Pengecualian untuk Honda yang sedang panen besar dengan Honda HRV dan Mobilionya, Honda justru meningkat hingga 8%.

Ford Fiesta Facelift 2013Angka 6.000 unit penjualan juga sebenarnya bukan angka yang buruk, karena masih banyak pabrikan lain yang penjualannya kurang dari angka tersebut. Sebut saja Chevrolet, Kia, Hyundai, Tata, Peugeot dan merek-merek mobil premium, penjualannya tidak lebih banyak dari Ford dari segi kuantitas.

Sedangkan untuk Ford sendiri, alasan turunnya penjualan mobil mereka memang cukup bertubi-tubi. Pertama, semenjak hadirnya Ford di Indonesia pada tahun 2002, Ford menjadikan Ford Ranger sebagai tulang punggung utama mereka diikuti oleh Ford Escape, sayangnya Escape tidak dilanjutkan oleh Ford di Indonesia karena takut bersaing dengan CRV dan X-Trail. Kemudian di tahun 2012 penjualan Ford Ranger anjlok karena sulitnya pasokan unit yang disebabkan oleh banjir di Thailand, kemudian di tahun 2013 diberlakukan undang-undang minerba terbaru yang menurunkan penjualan mobil untuk tambang. Untungnya Ford masih selamat dikarenakan Ford Fiesta yang laris manis setelah mengalami facelift.

Di tahun 2014, Ford merasakan manisnya penjualan Ecosport yang saat itu hanya bersaing dengan Nissan Juke, tapi hal tersebut tidak berlangsung lama, karena di akhir tahun, Honda membawa Honda HR-V sebagai rival Ecosport berlogo Honda yang sebenarnya tidak lebih baik dari Ecosport dari segi value for money dan reliability, dan akhirnya penjualan Ecosport nyungsep. Begitupula dengan Fiesta yang sudah dikenal sejak tahun 2010 silam mulai terasa tua dibandingkan dengan Toyota Yaris, Honda Jazz dan Mazda2 SkyActiv yang baru saja diluncurkan.

Ford EcoSport dapat menerjang banjir sampai setengah meter

Tahun 2015 akhir, Ford juga meluncurkan 3 buah model baru yaitu Ford Ranger Facelift, All New Ford Everest dan Ford Focus Facelit, three musketeer yang sangat membanggakan tersebut juga mengalami timing yang sangat sulit. Mulai dari Ranger yang diluncurkan bersamaan dengan Triton dan Hilux, dan Ford Everest yang hanya bisa mencari celah inden sebelum Fortuner dan Pajero Sport diluncurkan. Dan saat Fortuner diluncurkan, harga Ford Everest langsung terlihat kemalahan dan tidak menarik untuk dibeli jika dibandingkan dengan Fortuner atau Pajero Sport. Ford Focus? Jangankan promosi, untuk direview saja tidak ada unitnya!

Bergantungnya pasokan unit dari Thailand dikarenakan FMI tidak memiliki pabrik di Indonesia juga membuat Ford memberikan kesulitan, apalagi Ford selalu memberikan harga yang sangat kompetitif sehingga tidak banyak margin keuntungan yang bisa diambil. Ditambah lagi, nilai tukar Rupiah yang anjlok dan rencana kenaikan pajak untuk barang impor di masa pemerintahan Jokowi yang sedang gencar mengurangi impor demi nilai tukar membuat Ford melihat tidak ada masa depan bagi produk mereka yang saat ini masih mengandalkan impor.

ford-everest-newMelihat kompetisi yang semakin ketat dan R&D Ford yang semakin telat untuk menggarap pasar Indonesia, rasanya memang masuk akal untuk mengatakan bahwa penjualan Ford akan menjadi niche market yang tidak perlu berharap menjadi mobil massal. Tetapi sampai menutup Ford Motor Indonesia, keputusan tersebut adalah keputusan yang amat mengecewakan karena kami sangat berharap Ford bisa terus bertahan melewati masa-masa sulit.

Kami akan mengenang Ford di Indonesia sebagai pabrikan mobil yang mengenalkan teknologi mobil yang bisa parkir sendiri, apa itu Hill Start Assist, apa itu Stability Control, apa itu dual clutch, apa itu mesin downsizing Turbo dan semua teknologi tersebut bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau. RIP Ford Motor Indonesia, pelopor standar baru teknologi mobil Indonesia.

Read Prev:
Read Next:
  • Yuda48

    Coba kalo di indo kek cina cara penjualan mobilnya… harus bikin kemitraan lokal, pake lokal component dan pekerja lokal… bisa jadi hal2 begini dihindari…

    • Z lover

      nah masalahnya birokrasi di negeri ini beda dgn negara lain gan, njelimet….
      liat aja tu GM sampe nutup pabrik perakitan dan memilih balik impor utuh unitnya…. semua sudah dihitung sama para petingginya, ketika margin sudah gak sesuai target dan tren terus menurun, mereka juga harus ambil keputusan….

      • asep

        Kalo buka pabrik di indo susah buruhnya demo mulu

    • Rizki

      betul gan, emang kalo mo niat jualan otomotif serius belum ada cara lain. jangan2 ford terinspirasi sepeda motor merk india yang juga niat jualan doang terus kabur padahal penjualannya lebih bagus dari sepeda motor merk india lainnya yang punya pabrik disini hehe

  • Afrodable

    ini maksudnya gmana sih Ford ini? nasibnya sama kaya GM? itu chevy dealrnya masih buka malah mau keluarin trax…

    tutup maksudnya uda ga ada penjualan lagi gtu? Cuman pelayanan aftersales doang?

    • yuzi

      Kalau GM menghentikan produksi di Indonesia. Jualan mah masih dgn cara import langsung. Kalau ford ya benar benar tutup. Gak ada penjualan unit lagi. Aftersales? Gak ada yg tau. Selama masih jualan mobil aja untuk suku cadang ford lumayan susah dan mahal, apalagi setelah mereka angkat kaki.

      • afordable

        sial bgt dong nasib yang uda kadung beli…padahal everest yang baru aja uda lmayan berseliweran dijalan…

      • Sporky

        GM pasca penutupan pabrik Spin masih jualan mobil baru dan rencananya 2017 nanti bersama SAIC dan Wuling akan mulai produksi mobil Wuling sbg produk patungan ketiganya utk dijual di sini dan utk ekspor.

  • Allyza

    Hmmmm sdh kuduga

  • Walter White

    Artikel penghibur lara bagi pemilik ford di indonesia. Kenyataan terkadang memang pahit dan bisa berbanding terbalik. tidak sebagus data di atas kertas yang bikin optimis. Tapi jangan di jadikan alasan kalau pabrikan jepang penyebabnya jika merk amerika tidak mampu bersaing di indonesia. Itu sudah jadi tugas perusahaan yang berjualan di indonesia untuk bisa merebut pasar dari para pesaing. Jika tidak sanggup ya sudah, terima saja kenyataan. Salam damai.

  • Aryo Wicaksono

    ford motor indonesia salah strategi sih. coba dari dulu masukin C-Max yang diakui sebagai MPV terbaik di seluruh dunia saat ini, bukan malah jualan ecosport yang dicela di beberapa tes di luar. padahal aku dari dahulu udah berharap Ford Ka alias Figo yang murah masuk Indonesia untuk gantiin satu lagi mobil keluarga ane yang sudah uzur.

    • Krisna

      mungkin kalau yg dimasukin yg bagus harganya kemahalan

      • Aryo Wicaksono

        Nggak juga sih, kan C-Max cuma focus yang pakai jasa mak Erot jadi kurang lebih seharga dengan Innova, lah.

    • Rizki

      setuju banget gan, sepertinya Ford Indo cuma sales produk Ford Thai, beda dengan Ford Malay misalnya yang lebih bebas jualan produk, gak cuma bikinan Thai aja. Ini cuma satu dari sekian masalah Ford sih hehe

  • Nurwan Farid

    Sebagus bagusnya product kalau tdk di dukung oleh pelayanan purnajual yg mumpuni ya susah bersaing.jangan salahkan konsumen yg lebih memilih merk Jepang walau di kata build quality nya jelek,karena konsumen lebih memilih ngk mau repot dlm perawatan.Di Amrik sendiri,penjualan Ford pernah kalah sama salah satu merk Jepang.Dalam kompetisi pasti ada yg kalah.

  • Apri

    Pagi ini gw ketemu salah satu petinggi Ford, pembelaan mereka sih gara2 MEA tahun ini. Rencananya Ford memang gak jualan disini lagi sebagai ATPM tetapi akan menunjuk 2 main dealer. Jadi yang jualan bukan ford tapi dealer, kayaknya sih Sun Motor kayak yang udah2, entah emang bener gini atau emang pembelaan mereka aja

    • Aryo Wicaksono

      mending sabar dulu sampai MEA biar transisi mulus jadi konsumen tidak trauma, tapi lumayan lah daripada tidak ada ford di indonesia sama sekali.

    • Afrodable

      om maaf..MEA apa ya ane ga ngerti,,,yang ane khawatirkan sparepartsnya gmana ya? bearti nanti Ford pake IU gtu? layanan service gmana?

      • Apri

        Masyarakat Ekonomi ASEAN dimana semua orang yang warganegara di ASEAN bisa bekerja di negara manapun di ASEAN dengan segala kemudahan.

    • Andre

      Betul gan saya udh ketemu salah satu pejabat ford yang mundur itu united indonesia atau ATPM nya nah nanti lagi digodok beberapa bulan kedepan untuk penunjukan dealer baru nominasinya kalo ga Sun motor ya Nusantara yang gede

    • hydrolancer

      jadi intinya semua salah jokowi 😡 :p hehehe

      • Hasyemi Priyanka Citta Pangest

        wkwkwkwkkwkwkwkw pemimpin tempatnya salah emang gann…

  • fahmi iqbal

    dadah ecoboost 🙁

  • Jemy Lorasponelsar

    Sangat Disayangkan,Brand Berkualitas sprti Ford sprti ini kisahnya,intinya dia tidak bisa bersaing dgn Jepang,yah krn produknya mahal,tapi kualitas berbicara jelas,tapi sayangnya orang indonesia tidak menerima itu,orang indonesia membutuhkan value for money,jg ketersediaan suku cadang yng terjangkau dan 3s jelas,semoga saja bisa segera bangkit brand ini,entah kapan,terkadang yng berkualitas sprti ini nasibnya jika tidak bisa mengikuti selera pasar dan dipadukan dgn value for money.

    • Z lover

      produk ford gak value for money?? helllooowwww
      *saya bukan sales, hanya konsumen biasa

    • ekkyfir

      Ga value for money ? Coba anda bandingin harga2 nya dgn mobil yg ada di segmen nya, walaupun lebih mahal dikit tp teknologi nya udh standar dunia

    • aiueo

      Udah udah, orang gak ngerti mobil ini mah, lucu banget statementnya hahahaha

      • reyhan apriathama

        Value for money tidak bisa diukur sama harga dan fitur yang didapat tapi juga biaya servis dan sparepart. Secara walaupun Ford value for money nya cukup baik tapi coba harga spare part nya yang di BeRes? Temen gue servis cman ganti oli castrol (kalo aral gue bilang wajar) sama kampas rem bisa habis 3 jt (termasuk biaya jasa) gimana tuh? Dan jarang ada bengkel2 spesialis Ford biayanya beda dikit sama servis Mercy di Bengkel Spesialis untuk urusan gituan doang

      • AE86

        ngeluarin duit bukan saat beli mobil aja bos, saat pemakaian banyak cost yg harus dikeluarin: service, sparepart, bbm, pajak, waktu, dll. dan saat butuh dana mobil bisa menjadi alternatif untuk dibarter dijdikn uang dengan cepat dan penyusutan yg kecil,,
        nilai-nilai inilah yang mempengaruhi after sales suatu produk tsb. dan disisi ini ford belum mampu untuk bersaing.
        intinya kita beli barang jnagn sampe nyusahin bos,,,,

    • Krisna

      betul, masa Everest 634jt vs fortuner 494jt

      • Rockmeo

        itu everest yg 3.2L 4×4 kali bukan yg 2.2L
        coba liat juga harga VRZ 4×4 yg 631t dengan everest titanium 3.2L 4×4
        lo mau yg mana?
        gw c everest

        • Krisna

          Konon Everest yg 3,2 dan 4×4 harga perkiraan 1,1 Miliar (ada di majalah ) dan blm dijual krn ditulis harga perkiraan. Jadi yg 634jt itu Everest yg 2,2 dan 4×2 type titanium, saya tanya waktu iims di serpong

          • Rockmeo

            waktu di GIIAS saya nanya dapat ny 631jt utk yg 3.2L tp sifat ny spot order sama kyk fortuner yg VRZ 4×4 tergantung harga saat beli
            wah bisa beda gini harganya

          • Oki Ngew

            Coba liat websitenya ford. Everest titanium plus 2.2 4X2 644 jt. Beda 150 juta sama fortuner-pajero, walaupun fiturnya ya setara sih. Tapi gak semua orang butuh fitur2 canggih itu, org sini mah maunya yg gampang ngerawatnya.

      • Hasyemi Priyanka Citta Pangest

        mungkin bs turun lg dg cara teknologi sunat :p . org indo kebanyakan gak perlu dikasih teknologi bagus2.. dikit aja yg penting murah n keren buat mejeng…

    • Ardi

      Karena pola pikir anda masih kejebak dengan embel embel jepang
      Dan tidak berpikir luas m

  • PowerManiac

    Buat para pemilik mobil ford /GM, siap siap aja harganya terjun bebas

  • Mawar

    ini membuktikan bahwa, komentar dari hilsat dkk tidak mempengaruhi penjualan ford.

    sabar ya bang hilsat dkk.

    • Tajuramba

      Berpengaruh lah -_- buktinya penjualanFord baik hanya saja tidak selaras kebijakan perusahaan.

  • Bobby

    Hmmm gw si ga tau ya produk ford lainnya.. tp untuk ford ecosport lebih value for money dan reliable dibanding HR-V? No no no… kakak ane punya ecosport titanium feb 2015 uda bolak balik masuk bengkel ford gara2 masalah bunyi2 di kaki2 dan masalah berisik n nyendat di rpm rendah… sekarang tutup gini lagi ntar ecosport jd barang antik harga naik ato malah jd barang ga laku n kejual murah nih… sedih

    • wildcatman

      HRV juga bukannya banyak masalah? Sempet liat komplen sampai masuk berita & medsos. Btw sy gak pnya HRV dan Ford.

      • Nurwan Farid

        Yg mslh kan cuman bbrp unit doang,maklum produk massal.saya pernah test drive Ecosport,dan skrg saya punya HRV dirumah & tdk ada mslh yg seperti di medsos itu.jd,saya beli mobil setelah ada perbandingan.

        • farid

          Berarti ente adalah konsumen pengguna HRV yg beruntung karena unit mobil yg ente dapat masih sehat2 aja.padahal banyak lho curhatan pengguna HRV tentang masalah yg ada dimobilnya di medsos/internet

          • Nurwan Farid

            Rejeki anak sholeh gan.. :))

    • z00b00

      setuju bro, gua juga punya fiesta 2011 byk masalahnya. indikator bensin, suara mesinnya aneh, kaki2 cepat rusak. dan skrg ford cabut dari indonesia. ford reliable? dont think so..kapok beli ford.

  • Thomas Bondan Tyas

    Konsumen ngertinya cuma Avanza, Mobilio, & Agya. Kalo Ford nggak bisa kasih produk yg seimbang, jangan harap bisa bersaing. Pada akhirnya cuma bisa sayonara aja

    • PowerManiac

      Karena mobil yg agan sebut part dan service di daerah daerah lebih mudah kejangkau konsumen. Kalau dealer ford di daerah masih jarang.

  • Cheng chorang

    Ford harus bisa memahami konsumen indonesia dan menawarkan produk sesuai dengan ekspektasi masyarakat indonesia, berani invest gede dan berani survive lah, keseriusan itu penting, pemerintah butuh dana dari investasi besar tsb soalnya, sama sama untung kan baik, apalagi sekelas ford yg asli amrik, tau sendiri kan pemerintahan amrik gimana #cmiiw

  • An Will

    Jual di irak n suriah aja, isis pasti mau beli rangernya wkwkwk

    • Levi

      Isis belinya Hilux bro, kmrn dibuat guyonan di Memecenter ?

    • zul ari

      isis sudah langganan sama toyota gan ?

  • Ronny Rasdyantoro

    setelah GM kini Ford, Indonesia cocok dijajah Jepang emang, bukan dijajah Amerika

    • nandz

      Gm cuma nutup pabriknya, bukan nutup atpmnya..

    • Levi

      Kok dijajah toh bro ? kalau Brand Amerika punya pabrik disini kayaknya bakal sesukses duo Jepang deh

      • Rockmeo

        bukti ny bro tuh chevy punya pabrik buat bikin spin juga ikutan ditutup pabriknya karena kalah saing sama jepang
        sebenarnya masalahnya bukan hanya punya pabrik aj tapi line up mobil nya sesuai g dengan masyarakat kita
        mungkin klo ford berani ngeluarin sekelas avanza,xenia,mobilio dan innova banal monter penjualannya terus jg kata temen ane ford kadang servis biayanya g terduga

        • Levi

          Chevy tutup krn dr manajemennya ada konflik (rumor sih)

          Setuju, kalau pabrikan non Jepang ada yg produknya mirip avxen, mungkin bakal laku disini. Tapi apakah aftersalesnya bisa menyaingi merk Jepang ??

          • Rockmeo

            wah kalo ad konflik gtw y but nice info juga jika beneran

            kale menurut ane yg penting keluarin produk ny dulu terus kålö ternyata laku kan dari beberapa persen keuntungannya bisa dibuat untuk pengembangan jaringan 3s nya
            liat aj bagaimana toyota, honda dan suzuki berdarah-darah inves untuk 3s nya

          • Levi

            Betul, yg skrg menjadi saingan utama ToyoDai dlm hal aftersales itu Honda dan Suzuki, tp sayang produk mereka krg menarik akhir” ;

          • Rockmeo

            kalo honda buat ane masi ok cuma perlu perbaikan di built qualitynya
            suzuki mgkn g pake krom g laku motto ny mgkn gt
            hahaha

          • Levi

            Mottonya Suzuki ganti gan. Yg lama kan The Way Of Life, skrg jadi The Chrome of Life ?

          • Aryo Wicaksono

            suzuki mau ngamen gambang kromo di lampu merah, ya. :v

          • Levi

            Hush jgn gt, gw jg pengguna Ertiga, tp sblm kena make up chrome ?

          • Aryo Wicaksono

            ya, yang dulu kan beda, lebih ganteng.

    • khayla almira

      Bukan masalah dijajahnya, tapi ini masalah seberapa besar mereka mampu mengerti keinginan masyarakat kebanyakan Negeri ini..

  • Andy Ikha

    Kegagalan ford adalah kegagalannya menjaga harga yg kurang kompetitif dibanding mobil jepang… Yah dengan alasan Kualitas bagus… Memang.. Tpi org indonesia masih agak sulit diyakinkan dgn kualitas. Mereka lebih mudah diyakinkan dengan harga.. Hahahaha… Fiesta aja harganya msh di atas Jazz atau Yariz.. Alhasil… Klo kata bang Hanif.. Wassalam… Hehehehhe…

    • Krisna

      setuju, mungkin krn dolar mahal

      • Andy Ikha

        Iya gan.. Secara mobil Ford kan impor semua jdi yah kondisi ekonomi global pasti ngaruh banget… Coba ada pabrik perakitan di Indonesia, mgkn Ford masih bsa bertahan.. Hikz… Hikz…

  • zul ari

    orang indonesia rata² yang penting itu aftersales,durability,sparepart murah dan harga jual kembali….hampir seluruh pabrikan jepang mempunyai 3 hal yang sudah ane sebutkan terutama toyota dan pabrikan amerika walaupun fitur mobilnya seabrek tapi di daerah seperti tempat ane aftersales jelek,durabilitynya lumayan(terutama ranger),sparepart agak mahal,dan harga jual kembali ngak sebagus pabrikan jepang

  • ekkyfir

    Memang susah bersaing dgn brand jepang disini yg udh ngambil hati konsumen nya karena reliable, murah dan resale value nya, jd membuat lingkaran setan menurut om fitra, org indo masih minim pengetahuan tentang mesin turbo downsizing, VSC, TC, dll, yg penting dia beli mobil harga jual nya ga jatuh2 amat dan reliable
    RIP Ford Indonesia
    Kau akan selalu di kenang sebagai pabrikan dgn mobil yg fun to drive, value for money, dan mempunyai teknologi yg mutakhir

  • RocketRoLL

    Rata2 org indo masi terdoktrin ama mobil JepanK, ok lah klo motor
    boleh dari jepang semua, karena Motor2 Eropa/Amrik mau moge mau Cub mau matic pasti jatoh’y mahal amit2.
    pdhl klo punya duit emang lebih mantap mobil amrik/eropa dari segi kualitas keseluruhan’y..
    klo dari segi mesin sih Jepang eropa amrik sama2 bagus mnurut saya.

  • khayla almira

    Ford agak sulit bersaing dengan brand ternama bangsa ini, salah satu alasan dr sekian banyak alasan adalah karena ford menyasar kaum minoritas bangsa ini. Andai dulu Toyota tidak ngeluarin kijang hingga kata om mobi “Orang blm dikatakan punya mobil, kl blm punya kijang”, mungkin nasibnya akan demikian.

    Andai Toyota hanya mengeluarkan Yaris, Camry, kemudian fortuner. pasti bernasib sama. Begitu pula dengan Honda. Itulah kenapa, honda mengeluarkan mobilio utk bersaing dg “sang raja” Avanza. Andai ford mengambil langkah yang sama dg Toyota & Honda pasti gak mungkin secepat itu “mati”. Bukti nyata, ada Suzuki dan Nissan yg mengambil langkah demikian..

    • Indra

      Maksudnya ford seharusnya membuat produk yang sesuai dengan selera indonesia?? Kalo dilihat mau ada wacana compact mpv ford, tp harus ada duit lagi untuk development secara pasar mpv yang terbesar ya di indonesia, sedangkan fiesta dan ecosport itu adalah tren dunia yang seleranya global (sedan/hatch dan crossover/suv), meski bisa satu platform dengan fiesta atau figo, atau mungkin r&d dilakukan di india karena pasar mpv sana lumayan kuat (innova dan ertiga merajai pasar mpv india)

      • khayla almira

        Betul sekali.. Coba anda bandingkan Suzuki sebelum dan sesudah mengeluarkan ertiga, Sangat berbeda kan..? Intinya, kalo mau sukses di Indonesia, pahami dulu apa yg masyarakat indonesia kebanyakan inginkan. Saya rasa, jika ford mampu memahami, pasti bisa mereka bersaing. mengingat kualitas kendaraan ford berada di atas para raja kendaraan di tanah air..

        • PowerManiac

          Mungkin Ford sepertinya brand yang kurang akrab di mata orang Indonesia..

          • khayla almira

            Sama kayak filosofi Pacaran, gimana mau pacarnya banyak kalo kita hanya menuntut org utk mengerti kita tanpa mau kita mengerti orang lain… hehehehe

          • Krisna

            komentar yg bagus hehehe

          • khayla almira

            hahahaha…

  • alfitroh akbar

    akankah bakal di ikuti oleh cevrolet, lalu mobil korea (kia dan hiunday) ??? klo bakal terjadi. jadi males w beli mobil. huhhhuuhu.

    • khayla almira

      Kalo Korea selatan sepertinya tidak, mengingat adanya Perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Area (FTA) antara negara-negara ASEAN dan Korea Selatan di tahun 2016 ini

    • Krisna

      iya efeknya buruk ke merk non jepang lain, jadi mikir dua kali

  • sueb

    agaknya memang benar bahwa syarat pabrikan untuk bersaing di indonesia adalah minimal punya LMPV (orang indo suka mobil 7 penumpang) dengan harga yang tentunya rasional, SUV pun boleh asal itu tadi harga rasional menurut kacamatan orang indonesia. karena mereka pakai patokan mobil jepang.

    • Indra

      Kalau mau ikut kelas yang paling panas, ya harus dari merek yang sudah terkenal/tertanam kuat di masyarakat kita, yang mampu memberikan fitur sesuai kebutuhan masyarakat dan terpenting, layanan purnajual. Merek lain jg boleh ikutan, tapi harus sakit2an dulu melawan persaingan dengan penuhi syarat tersebut.

  • Indra

    Well, FMI diberhentikan atas perintah prinsipal Ford bersama penghentiannya di jepang karena alasan yang sama. Ford menganggap kedua negara itu bukan prioritas utama, sehingga jalan terakhir dan paling menyakitkan adalah harus berhenti operasional.

    Tapi saya yakin ford tidak akan meninggalkan indonesia selamanya. Penjualan disini masih lumayan bagus walau agak drop dibanding 2014. Mungkin prinsipal dan ford asia pacific sedang membuat strategy jualan baru utk ford indonesia, mengingat basis produksi ford di asean adalah thailand, sampai2 pabrik ford filipina dijual ke mitsubishi.

  • anon

    sangat disayangkan terutama bagi konsumen, termasuk saya sendiri angkut ford escape 2013 pd waktu itu facelift terakhir mendapat potongan harga 80jt, sngt value of money menurut saya, turut sedih mendengar kabar ini kemarin…
    saya harap sparepart masih bs didistribusikan sampai 10 thn kedepan, kasihan konsumennya, apalagi yg sedang menjual mobilnya, alhasil anjlok pasti harganya… good luck ford utk kedepannya

  • doyok

    keberadaan mobil buatan amrika atau eropa sangat baik untuk perkembangan teknologi mobil di indonesia. coba kalu isinya cuma mobil jepank, pasti mesin dan teknologi yang dipakaikan di mobil produksi indonesia bakal jalan di tempat dan itu itu lagi. berkat mobil amrika itu kita akhirnya mengenal Hill Start Assist, apa itu Stability Control, apa itu dual clutch, mesin downsizing Turbo seperti yg disampaikan penulis

  • Za

    GoodBye Ecoboost

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Salah sendiri ATPMnya gk mau denger keinginan konsumen… Contoh astra dong walaupun sedikit fitur tpi dia mau dengerin konsumen. Contoh kijang, trus 2004 byk yg bilang innova kemahalan… Lahir lah avanza yg sangat2 laku keras… Ada rush krn keinginan indo pgn dimodifikasi jd 3 baris… Dipanjangin wheelbase… Laku keras jg.. Makanya klo pgn dagang tuh survey dulu..! Jgn2 klo everest 2 baris, di indo jg 2 baris… Itu mah ATPMnya yg gk niat jualan

  • Indra

    Kata media, FMI bisa tutup gara gara manajemen yg kurang efisien menghandle produk produk ford yang sebenarnya bagus, tapi pemasarannya kurang. Mungkin prinsipal ford dan ford asia pacific punya strategi jualan menggantikan APM yg dianggap kurang efisien menurut ford.

    Denger2 kegiatan operasional ford indonesia akan diambil alih oleh para main dealernya (nusantara, dll) untuk sales dan aftersalesnya, jadi boleh dibilang lebih simpel dengan menggandeng mitra lokalnya

    • Krisna

      sepinter pinternya salesman, kalau Everest 634jt dilawan fortuner 494jt ya pusing lah itu salesman, sangat berat utk jualan.

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Ya udh… Gw berharap nanti ATPM barunya bakal ngertiin keinginan konsumen… Keluarin ford c-max, figo buat indo… Banyakin jg dealer2nya, sparepartnya tersedia jg. Intinya ATPM ngikutin tren indo, jgn ngikutin tren luar trus…

    • Yonathan Mp

      Bner harusnya keluarin LMPV sekelas avxen, mobilio ,ertiga, livina krn orang Indonesia suka pergi rame2

  • Always35

    ATPM yang mesti main disini mesti betul2 paham sama karakter konsumen disini. Gak bisa melulu sama dengan yang tren luar. Kalopun ikut tren luar seengaknya ada bikin mobil yg udah khas tipikal orang indonesia, ditambah aftersales minimal setara dgn pabrikan jepun, mungkin sudah bisa bikin pabrikan jepun “panas”

    semoga ATPM Ford yg baru nanti klo ada minimal bisa ngerti hal yg begituan, karena hadapin pabrikan jepun gampang-gampang susah….

    *curhatan pribadi*

  • Indra

    Konfirmasi dari email ford bintaro:

    • Endefloor

      Baca baca berita sih tadi katanya model penjualan nya bakal kaya importir umum gitu ,tp gambar ini agak bikin bingung gan

    • hurri

      bang hillsat/ridhwan boleh nih diangkat jadi artikel biar pemilik ford kaga shok jantung semua mikirin masalah service

    • hydrolancer

      masih belom fix kok yg email ini dari ford asean sendiri malah bikin pernyataan g bakal jadi distributor kesini, dari FMI sama sekali g mau di akuisisi
      kalau ujung2nya cuma importir umum ya harap2 cemas aja kalau ada recal atau pergantian part update ecu dsb udah g dianggap sama ford global nya D:

  • rs

    Meski akan ditutup, ford tetap ada dalam kenangan sebagai merek yang punya fitur canggih meski afersalesnya kurang…..seharusnya dari dulu ford punya mobil mpv dan juga seharusnya perbanyak aftersales serta memperbanyak model mobilnya….dan sayang sekali juga hanya fortuner, pajero sport, sama si mu-eks/mux saja yang bersaing di kelas high suv setelah everest tiada….

  • Agus

    Dengan adanya kabar ford mau hengkang dari Indonesia. Akhirnya gw batalin beli everest.

  • C 200

    Kalo menurut gw yang kokoh diindonesia cuma ada 3 merek, contoh :
    Toyota, honda, nissan, itu juga nissan udh gw ragu
    Mazda, merek korea, sama merk amerika masih kurang dipercaya org indo
    Ibaratnya toyota sama honda udah pemain lama disegmen mobil indonesia sementara
    Merk lain baru anak kemaren sore

    CMIIW, saya tidak terafiliasi oleh produk manapun

    • ___

      jiah wkwkwk mitsubishi mana bro…. ga masuk y….
      apa lupa, saking sering bgt ketemu logo tiga berlian..??

      • Always35

        Mitsubishi brandnya kuat di kelas commercial macam truk sama pickup colt series, meskipun pesaingnya udah banyak di kelas truk macem hino, isuzu, tata dll. Di kelas mobil pribadi namanya mulai naik akhir2 ini sih berkat Pajero Sport, Outlander Sport, Mirage gitu CMIIW

        • Aryo Wicaksono

          mitsubishi aja sekarang jualan lancer pake malu-malu kucing. :v

          • Always35

            Ahh lancer, sekarang statusnya kagak jelas itu, ibarat hubungan digantung gitu lah :v

  • Agus

    Sebenarnya dengan adanya merk-merk dari amerika/eropa di Indonesia menambah daya saing perkembangan fitur/teknologi. Jadi kita ga terlalu ketinggalan jaman.

  • divergent

    Inget banget waktu mau beli fiesta 3thn lalu. gak jd beli setelah ane ragu ama produsen Amrik. Mereka gampang nyerah jualan mobil di indonesia. Dulu pernah hengkang, pasti ntar hengkang lagi. Dan jd kenyataan… jd jangan lupa catat, orang amrik gampang nyerah jualan mobil. Tunggu saja si chepi juga pasti akan hengkang. Tunggu chepi or ford dikuasai sahamnya oleh orang asia or maybe jerman… Baru mereka akan berubah adab nya…

    • farid

      Ford dan chevy(induknya GM) itu pabrikan otomotif besar sama dgn toyota,honda,nissan dari jepang.VW,merek mobil dari jerman juga sama besar dgn toyota,hanya saja pasarnya berbeda kalau disini lakunya merek pabrikan jepang padahal ford dan GM sendiri kalau dilihat dari penjualan global masih masuk 10 besar pabrikan terlaris di dunia

      • divergent

        Memang global mereka masih unggul tetapi kalau dilihat variasi market mereka kalah dgn jepang dan jerman. Mereka bangga menjadi mobil amrik, laku di amrik, krn amrik pasarnya gede. Tetapi waktu amrik krismon mereka bangkrut, sampe harus di setor modal oleh negaranya. Bahkan merk mobil humvee pun kini dipegang china.

        Dan celakanya kini mereka gak belajar dari situ, mencoba mendiversifikasi market jualan mereka. Mereka beralasan karena rugi mrk hengkang (tahun 1980 akhir), skrg alasannya lbh parah, karena untung tdk sesuai ekspektasi. Padahak senat DPR mereka, sudah suruh mereka untuk coba diversifikasi market mereka diluar amerika, makanya munculah chevy spin, coba bertaruh di Asia. TERNYATA BELUM APA APA juga nyerah. Coba tanya jepang, butuh berapa lama untuk bangun sebuah tipe di indonesia. Gak usah tanya toyota honda deh. Tanya ke daihatsu atau suzuki pabrikan kelas duanya mereka. Tanya ke toyota, kenapa nama kijang tetap bertahan di indonesia, kenapa tdk inova saja, seperti merk globalnya.

        PABRIKAN jepang or jerman, mereka rugi atau untung dikit justru mereka berusaha belajar lebih giat, harus bagaimana kita jualan supaya laku. Jepang bangga dgn kijang dan avanza, mobilio, ertiga. Jerman bisa kuasai market mobil mewah, padahal dari segi volume mobil mewah berapa sih lakunya pertahun?. Mereka ini tetao berusaha hadir, karena mau merk mereka hadir di global secara harfiah, alias ada dimanapun.

        Mereka berusaha tdk mundur jualan, tapi mereka belajar untuk mengerti jika penjualan tdk sesuai target harus bagaimana. Mercedes bmw, tdk akan dikenal di Indonesia jika mgt mereka seperti mgt ford atau gm yang manja. Bentar2 ngeluh rugi… Lalu kabur. Mereka pabrikan jepan dan jerman, berusaha menguasai global dalam arti sebenarnya, hadir diseluruh dunia.

        Pabrikan amerika terlalu manja dan focus dgn market didalam negerinya yg super raksasa itu. Dgn kuasai pasar amrik, mereka bilang kuasai global. Benar yg mana? Filosofinya, global menang secara quantity, atau global dimanapun ada?

        • Nurwan Farid

          Betul bos,contohnya liga baseball mereka!walaupun yg mainnya klub dlm negeri mereka tp di namain World Series.bbrp taun ke belakang jualan Ford juga kalah sama Toyota di Amrik.btw,bagus sekali artikelnya bos!!

        • Always35

          Asli, setuju sama point2 yg agan sebutin~ manajemen ala amerika sepertinya patut dipertanyakan nihh~

  • Dio Abdala

    Setelah gw beli jazz pas gw liat video review ridwan hanif tentang fiesta ecoboost jadi agak sedikit kecewa kenapa gak ambil ecoboost 1000cc, tapi sekarang senang sekali, karena gak salah pilih 😀

    • Aryo Wicaksono

      tetap aja Agan salah pilih karena nggak ambil mazda 2. :v

      • Dio Abdala

        Malah salah ambil mazda 2, body pas di teken kaya avanza, coba lu teken jazz, kabin belakang sempit bikin penumpang belakang gak nyaman, terus kursinya tegak gak bisa direbahin, paling agak cepet dikit, dikit loh ya, sama agak banyak fitur, agak loh ya

        • Aryo Wicaksono

          oh begitu, ya sudahlah. justru yang agak-agak itu aku lebih suka.

        • Andy Ikha

          klo fitur bukan agak banyak mas bedanya… tapi emank banyak, pake banget malah… hehehehe…

          • Dio Abdala

            Iya, tapi dengan fitur seabrek itu misal rain sensor, apa salahnya kalo kita manualin hidupin wiper, terus spion yg kedip2 itu, kalo belok jangan langsung belok, udah tau sifat motor yg gak bisa bawa mobil gmn, scbs ngapain, lebih enak rem biasa, yg penting itu mesin sama partnya bisa awet gak sampe beberapa tahun kedepan

          • Andy Ikha

            Hahahaha.. Qta gak bahas itu bro.. Qta kan bahas mana yg lebih banyak fitur… Tdi bilangnya perbedaan nya dikit padahal banyak banget bedanya… Bkn cman rain sensor atau blind spot monitoring… Fitur safety sperti HSA dan BA kan gak ada di JAZZ.. Rem blakang jazz cuman pake drum kan.. Mazda pake solid disc… Wajar sih.. Mazda 2 GT emank lebih mahal dri Jazz RS CVT… Hehehe… Sya bukan suka atau gak suka dengan Honda atau Mazda broo.. Ini cuman perbandingan yg objektif… Sya jga pake Honda Kok bro.. Tpi memang harus diakui bahwa fitur Mazda 2 lebih lengkap drpada All New Jazz RS skalipun…

  • nusantara nusantara

    klo menurut saya penjualan ford gak moncer karena salah di traning sales, ford produknya bagus-bagus, tapi belum bisa diterima masyarakat luas. dengan mesin cc kecil dari pesaing, untuk lini ranger, everst, fiesta dan focus namun memiliki tenaga besar, orang belum paham hanya melihat cc kecil, padahal kedepan hampir semua mobil bakal pakai turbo, baik diesel maupun bensin, juga sangat mengherankan ford 15 tahun di indonesia kenapa tidak mau buat pabrik, takut investasi?

    • ydsputra

      Sama kurang gigih…seharusnya mereka juga menggandeng bengkel non resmi dan membanjiri toko2/bengkel non resmi dg sparepart. Terutama daerah di luar kota besar

  • AE86

    rip

  • farid

    Saya setuju ford adalah atpm mobil di indonesia yg lebih jual teknologi dibanding brand value,tapi kalau gak ada ford kan ada teman lamanya pas kerjasama dulu yaitu mazda salah satu pabrikan jepang yg kualitas dan teknologi mobilnya setara dgn merek eropa.dibanding atpm jepang lain di indonesia mazda adalah salah satu atpm yg produk mobilnya sama inovatif dgn mobil ford

  • Dewa Yudhi

    sedih euy baca paragraf terakhirnya

  • Hasyemi Priyanka Citta Pangest

    solusi buat yg tetep pengen beli di tahun depan?? beli CBU??? krna kalo udah demen n pernah ngrasain generasi sebelumnya, pasti juga pengen beli generasi barunya