Ford Akan Buat MPV Berbasis Mahindra Marazzo

by  in Berita&Ford&International
Ford Akan Buat MPV Berbasis Mahindra Marazzo
0  komentar

AutonetMagz.com – Walau berbeda nasib dengan Chevrolet, Ford juga tengah menjadi perbincangan hangat diantara para pecinta otomotif di negeri ini. Yap, kabarnya Ford akan melakukan comeback ke Tanah air dengan menggandeng RMA Indonesia serta menyasar pasar fleet commercial terlebih dahulu. Namun, bukan itu yang akan kami bahas hari ini. Kali ini kami akan membahas tentang kemesraan antara Ford dan Mahindra, dimana salah satu output-nya adalah saling pinjam meminjam platform untuk produk terbaru mereka.

Yap, kemesraan antara Ford dan Mahindra memang bukan hanya terjadi di Indonesia melalui APM yang sama yaitu RMA Indonesia. Namun keduanya memang sudah menandatangi kesepakatan kerjasama satu sama lain beberapa waktu lalu. Pun begitu dengan operasional Ford di India yang akan dialihkan ke tangan Mahindra secara penuh. Nah, kabar terbaru, pihak Ford berencana untuk memproduksi sebuah MPV baru. Yap, segmen MPV memang menjadi salah satu segmen yang cukup jarang disentuh oleh pabrikan asal Amerika Serikat ini, apalagi di pasar Asia dan ASEAN. Menariknya, pihak Ford akan meminjam platform dari Mahindra untuk proyek ini.

FYI, pihak Mahindra yang cukup dikenal dengan mobil komersial dan SUV-nya ini juga memiliki sebuah jagoan baru di segmen MPV yang bernama Mahindra Marazzo. Mobil ini pernah kami bahas dalam artikel terpisah, dan menjadi salah satu penantang dari Suzuki Ertiga dan Toyota Innova di India. Jadi, platform dari Mahindra Marazzo inilah yang akan dipinjam oleh pihak Ford untuk mengembangkan sebuah MPV baru. Sebenarnya, pihak Ford sendiri sempat ingin menjual versi ‘murah’ dari Ford B Max di India, namun cost yang terlalu tinggi pun menggugurkan ide tersebut.

Walaupun begitu, pasar MPV yang didominasi oleh Suzuki Ertiga di India masih cukup menarik untuk diselami. Oleh karenanya, pihak Ford memilih untuk mengembangkan sendiri MPV mereka untuk pasar India dengan basis Mahindra Marazzo. Kabarnya, MPV Ford ini akan memiliki konfigurasi 7 penumpang dan 8 penumpang. Sedangkan mesin yang akan digunakan sendiri masih belum jelas, namun ada kemungkinan mesin diesel dan bensin akan ditawarkan untuk MPV ini. Segmen MPV sendiri menjadi salah satu segmen yang dicintai orang Indonesia, akankah suatu hari kelak mobil ini menuju Tanah air? Who Knows.

MPV ini sendiri dikabarkan akan hadir di pasar India pada tahun 2021, alias 2 tahun lagi sob. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : AutoCar India

Read Prev:
Read Next: