Ini Dia Wujud Asli Mobil Sport Murah Toyota S-FR, Bagaimana Menurutmu?

Ini Dia Wujud Asli Mobil Sport Murah Toyota S-FR, Bagaimana Menurutmu?
0  komentar
Toyota-SFR

AutonetMagz.com – Lambat laun, mobil-mobil yang bakal mejeng di Tokyo Motor Show mulai terungkap satu-persatu. Dari kubu Toyota, mereka akhirnya mengumumkan kalau proyek mobil sport murah yang ditempatkan sebagai Toyota 86 baby brother sudah mendekati final, dan sekarang kita sudah bisa menikmati wujud aslinya. Yak, inilah dia Toyota S-FR Concept, jadi ini sekaligus menepis kabar kalau Toyota S-FR bukanlah nama baru Toyota Supra.

Secara desain, mungkin anda melihat kalau mobil sport Toyota S-FR ini seperti agak lucu, gemas dan imut untuk sebuah mobil sport, bahkan mungkin bakal ada yang mencibir dan bilang,”Mobil sport kok culun begini desainnya?” Soal itu, kami sih terserah selera anda masing-masing, tapi kami akui dengan munculnya Toyota S-FR, Toyota 86 jadi kelihatan makin sporty.

Toyota-Sports-800

Namun jika kami membaca kembali arsip yang pernah kami dapat, ada sumber Toyota yang sempat bilang kalau mobil ini diilhami oleh Yota-Hachi alias Toyota Sports 800, jadi ini adalah Yota-Hachi abad 21. Kalau dilihat-lihat sih memang mirip antara S-FR dan Yota-Hachi, sama-sama coupe kerdil yang diposisikan sebagai entry level sportcar. Eits, jangan remehkan Toyota Sports 800 ya, kalau mobil itu tidak ada, belum tentu bakal ada yang namanya Toyota Supra atau Lexus LFA

toyota-SFR-rear-quarter

Kalau anda ingin tahu seberapa ukuran S-FR, ia memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.320 mm dan wheelbase 2.480 mm. Jika dibandingkan Datsun GO+ Panca, misalnya, Toyota S-FR lebih pendek 5 mm, lebih lebar 60 mm dan lebih rendah 170 mm, dan wheelbase S-FR lebih panjang 30 mm. Toyota S-FR merupakan coupe 2+2 seater, tapi kami tidak yakin ada yang benar-benar mau duduk di bangku belakangnya.

dashboard toyota sfr

Interior Toyota S-FR berdesain lumayan, dengan banyak bentuk lingkaran yang menghiasi kabin. Mulai dari instrument cluster, kisi AC, layar AC digital, tombol-tombol pengaturan dan beberapa detail lain, dipadu dengan aksen hexagonal yang ada di beberapa sektor seperti karpet dan door pocket. Kami sekejap memperhatikan tombol steering switch control-nya yang berbentuk kotak, lain daripada yang lain. Hm, sentuhan yang unik.

head-unit-toyota-sfr

Tidak ada layar monitor untuk head unit, yang ada hanya port AUX, 2 port USB dan tulisan Bluetooth yang menandakan kalau mobil ini bisa dikoneksikan dengan smartphone anda. Model panel instrumennya sederhana tapi futuristik, full digital seperti kepunyaan supercar Lexus LFA. Model jok bucket mobil ini tergolong sporty, dan di dekat rem tangan ada tombol untuk mengatur spion serta power window.

panel-instrumen-toyota-sfr

Di press release yang diberikan Toyota, mereka tidak bilang mengenai spek mesin mobil ini. Mereka hanya bilang “layout mesin front-mid”, alias mirip-mirip Lexus LFA juga. Kalau posisi mesinnya begitu, pastinya Toyota S-FR ini adalah mobil RWD. Menurut bocoran yang sudah-sudah, bisa jadi mesinnya berkapasitas 1.500 cc, tapi kami harap bukan pakai mesinnya Vios atau Grand New Avanza/Veloz.

wallpaper-toyota-sfr

Untuk permulaan, mesin misterius tersebut akan dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Pengendalian mobil ini dijamin melalui suspensi independen yang terdapat di sektor kaki-kaki. Akan tetapi, jangan harap ia bisa langsung dibawa sideways seperti Toyota 86, karena kami tidak melihat info apakah mobil ini sudah punya Limited Slip Differential yang sama seperti 86.

Jika anda penasaran dengan “21st Century Yota Hachi” ini, datang saja ke Tokyo Motor Show 2015, tapi kami tetap akan memberitakannya saat semua spek resminya sudah dipublikasikan. Menurutmu, cocok tidak kalau Toyota S-FR dijual di Indonesia sebagai adiknya Toyota 86? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: