Mau Toyota 86 Turbo? Toyota Harus Pakai Sasis Baru

by  in International&Toyota
Mau Toyota 86 Turbo? Toyota Harus Pakai Sasis Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Duet Toyota 86 dan Subaru BRZ memang dihargai sebagai alat bersenang-senang yang relatif kompetitif dan lincah. Jika ada satu kekurangan yang kerap dilontarkan penggemarnya adalah tenaganya yang biasa saja. Jika yang berkantong tebal langsung menyiasatinya dengan engine swap, beberapa orang lebih memilih untuk pasang turbo atau supercharger sebagai solusi tenaga ekstra secara instan.

Tapi pastinya ada yang kepo, kenapa sih Toyota 86 tidak langsung pakai turbo saja dari sananya? Yah, untuk generasi ini, sepertinya Toyota 86 tetap tidak akan dapat turbo atau suntikan tenaga paksa apa pun.”Saat saya meluncurkan 86, saya langsung dicecar pertanyaan dari seluruh dunia soal ‘kapan ada 86 turbo’. Saya yakin saya sering bilang takkan ada versi turbo, dan ada yang bilang kalau pak Tada tak suka turbo,”kata Tetsuya Tada, kepala insinyur pemimpin proyek Toyota 86 dan Supra.

Itu tidak sepenuhnya benar. Saya suka turbo kok, tapi kalau kita pasang turbo buat Toyota 86 untuk mendapat tenaga lebih, nantinya kami harus mengubah konfigurasi dasarnya secara total, supaya mobilnya memiliki rasa dan hasil sesuai dengan yang saya mau,” kata Tetsuya Tada kepada CarAdvice. FYI, Toyota 86 dan Subaru BRZ pakai mesin boxer 4 silinder 2.000 cc non turbo dengan tenaga sekitar 200 hp-an.

Tada-san bilang, Toyota 86 yang sekarang didesain agar terasa gesit dan lincah, maka dari itu ia sangat peduli kepada distribusi bobot.”Salah satu ciri khas 86 adalah distribusi beratnya sedikit condong ke depan, makanya handling mobil ini jadi lebih cekatan dan sigap. Jadi kalau kita mau bikin 86 turbo, kita harus ubah distribusi bobot dan keseimbangan dasar di bagian depan dan belakang mobil ini.”

Artinya, kita harus buat platform atau sasis baru, jadi bukan soal modifikasi sedikit atau penggantian komponen di sektor mesin saja,” tutup Tada-san. Buat yang masih komplain soal power, ya mungkin harus tunggu kapan Toyota mau pasang turbo, atau pasang turbo sendiri saja. Buat yang tidak mempersoalkan, selamat menikmati mobilmu. Ayolah, tanpa turbo saja mobil itu sudah sangat asik kok. Apa opinimu? Perlukah 86 pakai turbo atau cukup naturally aspirated saja? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: