Ini Dia Mazda RX-Vision, Calon Reinkarnasi Mobil Sport Rotary Mazda Bermesin SkyActiv-R!

Ini Dia Mazda RX-Vision, Calon Reinkarnasi Mobil Sport Rotary Mazda Bermesin SkyActiv-R!
0  komentar
mazda rx vision

AutonetMagz.com – Hari ini sangat menyenangkan rasanya, pagi-pagi kami sudah mendapatkan rilis dari salah satu mobil yang kami tunggu kehadirannya selama bertahun-tahun, yakni generasi baru dari mobil sport Mazda. Pastinya bukan sembarang mobil sport, karena kalau buatan Mazda pasti identiknya dengan mesin rotary. Semuanya, ucapkan halo kepada Mazda RX-Vision Concept, mobil sport konsep Mazda yang merepresentasikan Mazda RX series untuk masa depan.

Sedikit cerita, pagi-pagi ini saat rilis ini muncul, semua kru AutonetMagz yang melihat bentuknya langsung terpesona dan merespons,”Guanteeeennggg…”,”Cantiiiiiiiik”,”Cakeeeeeeeep,” dan pujian-pujian lainnya. Serius, kami suka apa yang Mazda lakukan dalam mewujudkan bentuk RX-Vision. Dipadukan dengan desain Kodo, kap mesin panjang, pelek 20 inci dan bagasi pendek, ini adalah mobil sport yang amat-sangat-sungguh sedap dipandang.

mazda rx vision tokyo motor show

Tidak seperti RX-8, RX-Vision ini murni 2 seater. Dibandingkan dengan RX-8, dimensi RX-Vision lebih pendek, lebih lebar dan lebih rendah. Resep utama RX-Vision tetap sama dengan para pendahulunya, yakni coupe bermesin depan dan gerak roda belakang. Sedikit kesan retro di belakang terpancar berkat lampu rem yang mirip dengan RX-7 FD3S.

mazda rx vision rear

Oh ya, desainnya mungkin memiliki kemiripan dengan Aston Martin, Alfa Romeo, Mercedes Benz AMG GT dan mobil GT Eropa lainnya, tapi kami rasa dari segi desain ia mirip Ferrari F12 Berlinetta, apalagi warnanya sama-sama merah. Serius, kalau tidak ada emblem Mazda, kami bakal salah mengira kalau ini adalah mobil sport dari Eropa.

mazda rx vision kabin

Interiornya dijaga agar tetap simpel, bahkan ia tidak punya handle pegangan pintu di dalamnya. Yang ada hanya sejenis strap seperti pada Porsche Boxster Spyder. Setirnya yang didesain cekung ke dalam sedikit memberikan nuansa retro di kabin. Semua instrumennya masih analog, tapi mungkin ia bakal seperti Porsche yang punya spidometer analog dan digital sekaligus. Tapi itu transmisinya matik atau manual ya? Tuasnya sih manual, tapi kelihatannya tidak ada pedal kopling ya?

mazda rx vision interior

Sayang seribu sayang, Mazda tidak menyinggung banyak soal mesin rotary barunya yang dinamai SkyActiv-R. Pokoknya merek bilang kalau mesin baru itu sudah bisa mengatasi 3 kelemahan utama mesin rotary, yakni efisiensi BBM, emisi dan durabilitas. Belum siap produksi memang, tapi Mazda berjanji akan segera berbenah agar mobil ini bisa diproduksi secepat mungkin.

mazda rx vision side

Ini benar-benar pagi yang menyenangkan, karena kita sudah disambut dengan janji Mazda akan semangat baru di segmen mobil sport dengan tidak melupakan DNA original mereka, yakni rotary engine. Honda NSX baru sudah nongol, Toyota Supra masih menunggu waktu, Nissan GT-R sedang dibuat generasi barunya, Subaru masih punya WRX STI, Mitsubishi? Ah sudahlah, malas membahas segmen sport Mitsu.

Bagaimana menurutmu Mazda RX-Vision ini? Sampaikan di kolom komentar! Oh ya, Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Read Prev:
Read Next: