Ini Dia Detail Spesifikasi Mesin dan Fitur Baru Toyota Grand New Avanza dan Veloz

Ini Dia Detail Spesifikasi Mesin dan Fitur Baru Toyota Grand New Avanza dan Veloz
0  komentar
Grand New Avanza tipe G 2015

AutonetMagz.com – Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz rupanya melebihi ekspektasi kami dalam hal jumlah ubahan yang akan didapatkannya. Tak sekedar ubah tampilan sedikit lalu diberi embel-embel “mobil baru”, namun ubahannya mencakup ke mesin dan fitur-fitur yang bisa dibilang baru hadir di kelasnya. Yang paling menarik perhatian kami adalah mesinnya, karena mesin Grand New Avanza dan Veloz kini berkode 1NR (1.300 cc) dan 2NR (1.500 cc).

Sebagai pembanding, ayo kita lihat kembali mesin K3-VE dan 3SZ-VE milik Avanza lama. Jika dulu output-nya hanya 92 PS/11,9 kg.m (K3) dan 104 PS/13,9 kg.m (3SZ), maka mesin 1NR baru kemampuannya naik menjadi 96,5 PS/12,3 kg.m.

detail-mesin-toyota-grand-new-avanza

Sementara untuk 2NR, angkanya tidak berubah sama sekali dibanding 3SZ-VE, masih tetap 104 PS/13,9 kg.m. Baik 1NR maupun 2NR, keduanya punya kelebihan berupa torsi maksimum yang bisa dicapai pada 4.200 rpm dibanding sebelumnya 4.400 rpm pada K3-VE dan 3SZ-VE.

Berkat torsi maksimum yang bisa diraih di rpm rendah, Toyota mengklaim efisiensi bahan bakar meningkat 15% dibanding versi lawas. Good Game Well Played, Toyodai! Oh ya, sekedar info saja, mesin 1NR-FE dan 2NR-FE adalah mesin milik Toyota Etios versi luar negeri, tapi yang 1NR juga dipakai oleh iQ, Auris, Ractis dan lain sebagainya.

Head unit audio touch screen Toyota Grand New Avanza baru 2015

Beranjak ke fitur-fitur barunya, dan menurut lembaran spesifikasi yang masuk ke kotak pos redaksi kami dari seorang pembaca setia, head unit touch screen hanya berlaku untuk tipe 1.5 G dan 1.5 Veloz, begitu pula koneksi Bluetooth dan immobilizer yang hadir di semua tipe kecuali 1.3 E, tapi fasilitas USB dan AUX sudah jadi standar di semua varian.

Interior dashboard audio Grand New Avanza

Kabin Avanza 1.5 G mengandalkan kombinasi warna hitam-cokelat, sementara tipe 1.5 Veloz full black. Meski tak ada ubahan desain signifikan, tapi Toyota mengklaim kesenyapan kabin membaik hingga 19%. Sepertinya mereka melakukan revisi pada material peredam suara atau getaran, dan itu hal yang baik.

Interior jok tengah Toyota Grand New Avanza facelift

Di baris kedua, kini ada headrest untuk penumpang tengah yang desainnya terpisah, seolah memiliki 2 headrest, padahal itu hanya bisa untuk 1 orang. Lanjut lagi, kini seatbelt penumpang tengah bertengger di atap, seperti halnya pada Honda Jazz dan Mitsubishi Delica. Keselamatan anak kecil pun diperhatikan, karena jok Avanza baru kini sudah ISOFIX.

detail-head-unit-toyota-grand-new-avanza

Fitur keselamatan lainnya sudah termasuk ABS di semua varian tanpa kecuali, seat belt reminder, power window supir yang bisa berhenti menutup kalau ada benda yang menghalangi serta side impact beam. Oh ya, kami melihat sepertinya spidometernya baru, tapi bisa saja kami salah lihat. Lalu untuk Veloz kini sudah punya headlamp projector. Muantep!

fitur-baru-toyota-grand-new-avanza

Serius, terlepas dari tampangnya yang terkesan agak rancu dan menuai perdebatan antara suka atau tidak, apa yang dilakukan Toyota dan Daihatsu Indonesia untuk meng-update Avanza ini kami rasa sudah mulai serius. Kalau yang dulu, misalnya Avanza Luxury kami rasa ubahannya terlalu sedikit dibanding kenaikan harganya.

Maka kali ini, kami rasa antara kenaikan harga Grand New Avanza dan Veloz yang diprediksi mencapai 10-12 jutaan dengan apa yang didapat tergolong worth it, tinggal anda suka tampangnya atau tidak, dan suka rasa berkendaranya atau tidak.

Harga Grand New Avanza baru 2015

Perlu diingat, karena kode mesinnya sudah beda dengan Avanza yang sekarang beredar, jangan terlalu berharap bisa tukar-tukaran suku cadang dengan Avanza lama, tapi entah pihak Toyota Astra Motor nanti bilang bisa kanibal atau tidak. Hampir lupa, ada 2 warna baru untuk mobil ini, yakni merah yang meriah yang biru yang bikin terharu.

Apa menurutmu tentang semua ubahan yang dilakukan Toyota pada Grand New Avanza dan Veloz ini? Kali ini bukan cuma ganti kulit doang lho, tapi sampai transplantasi jantung. Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: