Ini Dia Detail Spesifikasi Mesin dan Fitur Baru Toyota Grand New Avanza dan Veloz

Ini Dia Detail Spesifikasi Mesin dan Fitur Baru Toyota Grand New Avanza dan Veloz
0  komentar
Grand New Avanza tipe G 2015

AutonetMagz.com – Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz rupanya melebihi ekspektasi kami dalam hal jumlah ubahan yang akan didapatkannya. Tak sekedar ubah tampilan sedikit lalu diberi embel-embel “mobil baru”, namun ubahannya mencakup ke mesin dan fitur-fitur yang bisa dibilang baru hadir di kelasnya. Yang paling menarik perhatian kami adalah mesinnya, karena mesin Grand New Avanza dan Veloz kini berkode 1NR (1.300 cc) dan 2NR (1.500 cc).

Sebagai pembanding, ayo kita lihat kembali mesin K3-VE dan 3SZ-VE milik Avanza lama. Jika dulu output-nya hanya 92 PS/11,9 kg.m (K3) dan 104 PS/13,9 kg.m (3SZ), maka mesin 1NR baru kemampuannya naik menjadi 96,5 PS/12,3 kg.m.

detail-mesin-toyota-grand-new-avanza

Sementara untuk 2NR, angkanya tidak berubah sama sekali dibanding 3SZ-VE, masih tetap 104 PS/13,9 kg.m. Baik 1NR maupun 2NR, keduanya punya kelebihan berupa torsi maksimum yang bisa dicapai pada 4.200 rpm dibanding sebelumnya 4.400 rpm pada K3-VE dan 3SZ-VE.

Berkat torsi maksimum yang bisa diraih di rpm rendah, Toyota mengklaim efisiensi bahan bakar meningkat 15% dibanding versi lawas. Good Game Well Played, Toyodai! Oh ya, sekedar info saja, mesin 1NR-FE dan 2NR-FE adalah mesin milik Toyota Etios versi luar negeri, tapi yang 1NR juga dipakai oleh iQ, Auris, Ractis dan lain sebagainya.

Head unit audio touch screen Toyota Grand New Avanza baru 2015

Beranjak ke fitur-fitur barunya, dan menurut lembaran spesifikasi yang masuk ke kotak pos redaksi kami dari seorang pembaca setia, head unit touch screen hanya berlaku untuk tipe 1.5 G dan 1.5 Veloz, begitu pula koneksi Bluetooth dan immobilizer yang hadir di semua tipe kecuali 1.3 E, tapi fasilitas USB dan AUX sudah jadi standar di semua varian.

Interior dashboard audio Grand New Avanza

Kabin Avanza 1.5 G mengandalkan kombinasi warna hitam-cokelat, sementara tipe 1.5 Veloz full black. Meski tak ada ubahan desain signifikan, tapi Toyota mengklaim kesenyapan kabin membaik hingga 19%. Sepertinya mereka melakukan revisi pada material peredam suara atau getaran, dan itu hal yang baik.

Interior jok tengah Toyota Grand New Avanza facelift

Di baris kedua, kini ada headrest untuk penumpang tengah yang desainnya terpisah, seolah memiliki 2 headrest, padahal itu hanya bisa untuk 1 orang. Lanjut lagi, kini seatbelt penumpang tengah bertengger di atap, seperti halnya pada Honda Jazz dan Mitsubishi Delica. Keselamatan anak kecil pun diperhatikan, karena jok Avanza baru kini sudah ISOFIX.

detail-head-unit-toyota-grand-new-avanza

Fitur keselamatan lainnya sudah termasuk ABS di semua varian tanpa kecuali, seat belt reminder, power window supir yang bisa berhenti menutup kalau ada benda yang menghalangi serta side impact beam. Oh ya, kami melihat sepertinya spidometernya baru, tapi bisa saja kami salah lihat. Lalu untuk Veloz kini sudah punya headlamp projector. Muantep!

fitur-baru-toyota-grand-new-avanza

Serius, terlepas dari tampangnya yang terkesan agak rancu dan menuai perdebatan antara suka atau tidak, apa yang dilakukan Toyota dan Daihatsu Indonesia untuk meng-update Avanza ini kami rasa sudah mulai serius. Kalau yang dulu, misalnya Avanza Luxury kami rasa ubahannya terlalu sedikit dibanding kenaikan harganya.

Maka kali ini, kami rasa antara kenaikan harga Grand New Avanza dan Veloz yang diprediksi mencapai 10-12 jutaan dengan apa yang didapat tergolong worth it, tinggal anda suka tampangnya atau tidak, dan suka rasa berkendaranya atau tidak.

Harga Grand New Avanza baru 2015

Perlu diingat, karena kode mesinnya sudah beda dengan Avanza yang sekarang beredar, jangan terlalu berharap bisa tukar-tukaran suku cadang dengan Avanza lama, tapi entah pihak Toyota Astra Motor nanti bilang bisa kanibal atau tidak. Hampir lupa, ada 2 warna baru untuk mobil ini, yakni merah yang meriah yang biru yang bikin terharu.

Apa menurutmu tentang semua ubahan yang dilakukan Toyota pada Grand New Avanza dan Veloz ini? Kali ini bukan cuma ganti kulit doang lho, tapi sampai transplantasi jantung. Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • bili

    Wowww amazingg

    • Bobby

      Tinggal nunggu mobilio dan ertiga facelift nih. Semoga lebih wow lagi dari ini. hehehe

  • bili

    Wowww amazingg

  • F.R Yosua

    Klo tampang mobilnya mah gk apa2, kyk kita dulu liat eksteriornya honda jazz, sekarang juga udh terbiasa dengan designnya. Kan?

  • katsuragi

    ubahannya cukup ok gw bilang sih ya, mesin baru, interior ad ubahan dikit, tapi tampang depannya sayang banget dah menclek begitu + ditunggu ya mas hilsat reviewnya klo dpt veloz baru bwt d review 😀

    • Hillarius Satrio

      pengennya sih.. ada yang mau minjemin? hahahaha

      • baba ahong

        semoga ada yg baru beli terus mau minjemin buat di review
        pengen tau seberapa besar pengaruh itu mesin barunya

    • Iyah mas mudah-mudah di GIIAS nanti banyak yang inden Grand New Avanza 🙂

  • Dio Puja Altha

    weh, udah ABS ama ISOFIX di semua varian. biarlah tampang rancu yang penting fitur safety-nya banyak.mendingan ini daripada mobil tampang garang tapi safety-nya payah 😀

  • Toyotahi

    Hari gene baru punya side impact beam sama abs? Di bangga banggain lagi,astagafirulah TAM

    • yagitudeh

      ngakak ane baca komen ente bro..

      • agus

        mendingan di kasih projector head lamp dan DLR dlm headlamp serta tail lamp led bergaris … kayak mobil korea atau eropa .. baru boleh bangga……

        • A Naufal Farras

          Katanya yg veloz udah projector, tp DRL gatau

    • A Naufal Farras

      Jiakakaka, ngakak ane tp bener sih kenyataannya emang gitu, ertiga dr 2012 udah punya itu semua, TAM baru sadar skrg? Hadoooh

      • wowkeren

        bener nih, LMPV lain dari pertama udah pake nih

    • wowkeren

      mungkin dalam benak salesnya gini… “mana ada LMPV laen yang punya ABS di tipe terendah? di brosur LMPV lain ga dipamerin tuh gambar side impact beam, berarti gaada ya. berarti kita harus pamer kalo avanza ada ABS sama side impact beam.” yakin banget juga ane nanti immobilizer juga dibanggain banget. tulisannya gini “sistem keamanan tercanggih di kelasnya” dan mesin “mesin paling bertenaga dan irit di kelasnya” dan audio “sistem hiburan terbaik di kelasnya” dll

      • pescarolo

        Setau saya sh, sepanjang sy pernah kerja d bidang otomotif (terutama di indonesia) belum pernah ada yg bikin klaim “tercanggih di kelasnya”, “pertama di kelasnya” kalo emg bener2 bukan tercanggih dan pertama d kelasnya di Indonesia. Biasanya bahasa promosi mereka jadi “keamanan yg semakin canggih”, “pertama di avanza/ertiga/mobilio etc”, “mesin yang semakin irit/efisien”. mereka ga bohong, tp secara psikologis org berpikir seperti mereka yg tercanggih dan pertama. tinggal teliti bacanya aja sh.
        kalo klaim “yang terbaik di kelasnya” itu subjektif. selling point avanza kadang bukan fitur (yg banyak dipermasalahkan byk orang), tp misal kemudahan spareparts, bengkel, sampe parts kw pun paling banyak. ato misal mobilio yg mesinnya 118 ps (yg bahkan jarang kerasa manfaatnya d dunia nyata), dan kabinnya yg fleksibel, ato ertiga yg katanya kabin dan bantingannya nyaman dan built quality yg presisi.

        orang indonesia kebanyakan “bash”-ing sm produk yg populer sh, jdnya menilai sesuatu mulai ga objektif. well, ga d indonesia doang sh. d luar sana ferrari sm lamborghini jg mulai di “bash” sejak populer dan penjualannya bagus.

        • wowkeren

          oh ya bener juga ya mas hehe

      • yagitudeh

        ente bekas sales toyota ya?? kok tau bener semua yang bakalan dilakuin toyota??.. hehehe..becanda bro.btw, jurus marketingnya toyota sudah bisa kebaca oleh publik…eh ternmasuk yang banyak akhhiran ‘nya’ .. terbaik dikelasnya, terbaik mesinnya, terbaik fiturnya, terbaik modelnya (kalo ini mampus aja skalian merk lain)…wkwkwk

        • pescarolo

          Nope, sy cuma pernah kerja d bagian marketing salah satu atpm, bukan toyota. Dan ngeliatin bahasa pemasaran brbagai brand itu salah satu kerjaan sy dulu. Sy pribadi gasuka lmpv, dan kalopun disuruh milih sy milih yg ada emblem “RS” nya itu.
          Pengen anti mainstream aja sh, gerah liat org2 kebanyakan nge “bash” d produk yg sama brkali2. Hahah

        • wowkeren

          kaga bro… itu ane tau karena waktu itu saya pernah liat pameran toyota di salah satu mall, dan salesbya bicara kayak gitu. mobil ini jelek lah, mobil itu modelnya aneh lah, dll. bahkan sodara kembarnya aja dibully banget sama toyota. padahal secara fakta, daihatsu juga yang bikin mobil yang kembaran sama toyota

          • pescarolo

            Kalo secara lisan, yg namanya sales bakal selalu silat lidah om. Brand apapun. Gausah mobil kembaran, kalo misal salah satu stok warna lg kosong aja bakal dijelek2in itu warna biar bisa digiring k warna yg lg ready. Hahah.
            Tapi kalo klaim tertulis, apalagi promosi lewat brosur ato iklan, ga akan ada yg berani.

      • Sarjono Touring

        hahaha……memang sih belum ada rival nya yg lain yg pake abs di varian terendah

    • ardi

      hahaha. padahal mobil kelas bawah honda brio 2012 saya, tipe terendah udah ABS

    • Sarjono Touring

      lo mau nya fitur apa lagi?,abs udah ada airbag udah ada,immobilizer udah ada,side impact beam udah ada,syukurin aja,syukur banget toyota yg terkenal pelit mau ngasih fitur yg cukup banyak,lagian semua kompetitor lain dikelas nya juga rata2 fitur nya juga main di fitur2 tsb

      • agus

        toyota tuh pelit fiturnya… sekali headlamp di kasih proyektor LED plus DLR di batok lampu sepeti mobil eropa. yang ada paling2 DLR after market….. tdk seperti mobil korea … KIA atau Hyundai…

        • AE86

          Ya dibeli aj bro Merk yg disbutin tdi,,, Toyota gk maksa anda beli produknyakan?? Hehe… Gtu koq repoot.

          • agus

            Sudah ada di garasi saya…yang saya sebutin…

        • 1819

          kia atau hyundai lebih kopong lg bro, airbag aja kalo ada udah syukur…

          • agus

            Kalau KIA fitur airbag spek eropa atau korea sudah ada 7 bro.
            cuma disini di down spek aja. dan semua yang diproduksi dan keluar sudah full spek.

    • Bobby

      Pantesan aje iklanya ertiga nyindir2 side impac beam mulu haha

    • raha dhion

      wkwkwk, ini mah mungkin sales merk sebelah 😛

  • Ron92

    Makin bagus(seharusnya),cuma liat tampang luar nya… Waduh…

  • Ron92

    Makin bagus(seharusnya),cuma liat tampang luar nya… Waduh…

  • pescarolo

    Wah oke juga.. fitur2 keamanan sm keselamatannya mantap.
    Kabin lebih senyap sh bagus, tapi kalo bantingan suspensi masih ajrut2an jadi agak gimanaa gitu. loncat2 dalam keheningan…
    kalo dr segi desain mah ud bosen bahasnya, yg penting impresi brkendaranya aja kalo nanti udh trsedia d pasaran.

  • pescarolo

    Wah oke juga.. fitur2 keamanan sm keselamatannya mantap.
    Kabin lebih senyap sh bagus, tapi kalo bantingan suspensi masih ajrut2an jadi agak gimanaa gitu. loncat2 dalam keheningan…
    kalo dr segi desain mah ud bosen bahasnya, yg penting impresi brkendaranya aja kalo nanti udh trsedia d pasaran.

  • Vinc Varrel

    Setuju improvenya not bad sih, udah ga bisa dibilang pelit (realistis aja). Tinggal selera aja yang nentuin

  • Vinc Varrel

    Setuju improvenya not bad sih, udah ga bisa dibilang pelit (realistis aja). Tinggal selera aja yang nentuin

  • embercor

    Tombol ac nya masih mirip kompor gas bro????????

  • embercor

    Tombol ac nya masih mirip kompor gas bro????????

  • Andi

    Kepengen versi “grand new” ini ada improvement di suspensi terutama dibelakang. Klo ga ya gitu…….

  • Andi

    Kepengen versi “grand new” ini ada improvement di suspensi terutama dibelakang. Klo ga ya gitu…….

  • subaru

    bagus, improvementnya menurut gw setara kalo dihargai +10 jeti. walau banyak haternya mau ga mau mesti diakui ini bakalan membuat avanza makin sulit dijangkau kompetitor penjualannya

  • subaru

    bagus, improvementnya menurut gw setara kalo dihargai +10 jeti. walau banyak haternya mau ga mau mesti diakui ini bakalan membuat avanza makin sulit dijangkau kompetitor penjualannya

  • A Naufal Farras

    Ubahannya tergolong biasa ah, kurang wah.
    Kenop AC upgrade donk, minimal spt Innova, masa kalah sama yg lain

    • wowkeren

      haha bener nih. avanza masih kalah di sektor kenob ac

      • AE86

        Klau AC nya masih manual, knobnya pasti sistim jewer, kecuali otomatis AC. Ertiga/Mobilio/dll AC nya ud otomatis gk om..?

        • wowkeren

          belom sih

        • A Naufal Farras

          Ertiga facelift ktnya mau dikasih ac digital otomatis

    • subaru

      kenop AC ertiga dan mobilio yang sekelas kayaknya masih model kompor gas juga deh

      • wowkeren

        tapi avanza punya cuma 2 kenop loh…

        • A Naufal Farras

          Mendingan avanza 1.3S 2005, satu2nya avanza yg punya selektor udara

          • 1819

            Nanti, grand new avanza ini udah ada selektor udaranya lho…

    • Shark Owner

      Iya minimal kaya Ertiga lah pengatur arahan semburannya lengkap kayak Panja versi luar juga gitu, ini kalo ane liat di spy shotnya knop air ventilator udah ada di knop kanan jadi ada double knop dalam satu spot, nggak mau kalah lah sama Agya aja udah ada knop air ventialtor 😀

  • Nama Saya Siapa Ya?

    Ya lumayan ok lah…… tapi kayaknya masih cenderung biasa hehe kecuali mesinnya dah bagus tu mau ganti mesin! BTW jadi naik kelas ngga nih klo jadi g jadi ok lah, susah gitu lho…! Dan ane masih g suka tampangnya jelek banget belakangnya apa lagi haduueehh…susah buat bilang bagus…!

  • Nama Saya Siapa Ya?

    Ya lumayan ok lah…… tapi kayaknya masih cenderung biasa hehe kecuali mesinnya dah bagus tu mau ganti mesin! BTW jadi naik kelas ngga nih klo jadi g jadi ok lah, susah gitu lho…! Dan ane masih g suka tampangnya jelek banget belakangnya apa lagi haduueehh…susah buat bilang bagus…!

  • Rafli Santosa

    Fitur oke banget keren g seburuk tampangnya apalagi dg mesin baru

  • wowkeren

    apakah suspensi dan feel mengendarainya ikut dibenah? apakah bantingannya masih keras kayak batu? apakah pada saat 100 kpj mobil udah terbang melayang goyang ngebor goyang gergaji goyang itik goyang dribel? kalo engga, mending yang lain aja deh

  • wowkeren

    apakah suspensi dan feel mengendarainya ikut dibenah? apakah bantingannya masih keras kayak batu? apakah pada saat 100 kpj mobil udah terbang melayang goyang ngebor goyang gergaji goyang itik goyang dribel? kalo engga, mending yang lain aja deh

  • Rafli Santosa

    Bener g sih kataknya pelipatan bangku baris ketiganya sama kayak innova, kesamping gitu. G kedepan kayak dulu

  • Rafli Santosa

    Bener g sih kataknya pelipatan bangku baris ketiganya sama kayak innova, kesamping gitu. G kedepan kayak dulu

    • Hillarius Satrio

      betul, ke samping, gw lupa kasih tau

  • Wira

    Mendinglah. Petinggi TAM sedikitnya sudah mulai sadar bakal ketinggalan kalau ngga ikutin kemauan customer. Usaha yg bagus.

  • Wira

    Mendinglah. Petinggi TAM sedikitnya sudah mulai sadar bakal ketinggalan kalau ngga ikutin kemauan customer. Usaha yg bagus.

  • ChandraW03

    Lumayan.. yg penting avanza sekarang ada perubahan,, tapi kyknya terlalu dibanggain fitur2nya.. padahal rivalnya udh punya duluan..

  • ardi

    kalo ubahannya lumayan banyak sampe mesin segala, berarti beberapa tahun kedepan ga bakalan ada totally all new avanza dong

  • rs

    Akhirnya toyota sadar akan keselamatan penggunanya….desain oke…fitur lumayan banyak….tapi kalau pelipatan bangkunya ke atas, spacenya pasti lega ke depan, sedangkan ke sampingnya jadi sempit…lebih baik sih kayak livina…jadi rata sama ban serepnya bisa dibawah kursi baris ke 3…oo ya avanza veloz baru pakai cvt nggak??

    • sao

      Lipat kursi paling belakang jadi rata ga bisa dibilang kelebihan juga sih. Ada kekurangan nya juga loh. Ada beberapa kok user ertiga yang malah ga suka pelipatan seperti itu, ada beberapa alasan, seperti kalo kursi warna beige kayak ertiga, tuh kursi paling belakang gampang kotor, selain itu juga banyak user yang ga tega itu kursi paling belakang ditimpah pake barang” yang berat yang bakal ditaro di 3rd row. Ya, anggap aja gini, kursi 3rd row, ditimpah pake beras, galon air, nahh, banyak yang sayang. Cuma pengalaman rekan” user ertiga aja ya. Saya malah personally prefer yang ga rata lantai malah karena alasan tersebut, IMO.

      • edy

        Tetep sempit pasti baris 3 nya, maklum harganya jg murah

    • pescarolo

      sebenernya ga ada sh yg namanya lipet “rata lantai”, soalnya pelipatan bangku sebenernya cuma ngikutin alas bagasi belakang yg udh ditinggiin, bukan bener2 rata sm lantai pijak. jatuhnya ruang atas malah lebih sempit. tapi sy pribadi prefer “rata lantai” karena lebih rapi sh.

      • Oki Ngew

        Yoi, bener banget soal pelipatan rata itu. Tapi kalo honda punya kayaknya pas dilipat ke dpn kursinya dibuat agak turun, gitu sih yg ane liat di new jazz&hrv

      • C5W

        ada loh mas yang rata lantai tapi rendah, inget FLex-7nya Opel Zafira, itu breakthrough di jamannya, en emang keren sih.

  • seseorang

    Apa cuma gw yg ngerasa lampu depan kaya etios

    • ndeso

      gw jg

  • Bobby

    Wah gw penasaran nih sama kesenyapan kabin membaik hingga 19%. Semoga kesenyapanya setara innova. Buat gw sih kesenyapan penting no 1.

    • seseorang

      kalo senyap banget juga gk enak. ada kereta dari samping gk denger

      • pescarolo

        yg direduksi biasanya noise dr mesin dan suara ban, bukan dr lingkungan sekitar secara total. semua peredaman suara mobil dirancang kaya gitu biasanya.

      • Bobby

        Iya maksudnya suara raungan mesin dan kaki2 hehe..

    • Oki Ngew

      Kalo mau senyap gampang sih, tinggal pasang peredam tambahan di pintu2, atap, firewall, lantai, dll. Tapi ya resikonya mobil jadi tambah berat s/d 40 kg

    • Shark Owner

      kok nggak sekalian aja TAM nulis 19,78% ya Bob wkwkwk

  • IQball Nurhidayatt

    Cuss lah ke diller beli…

  • pertadex

    lulus uji NCAP blm yah broo…???

    • Oki Ngew

      Kalo diliat videonya di asean NCAP sih lulus, 4 bintang utk model sblm facelift ini

  • Cak Dri

    Ada penjelasan yang agak kurang. Bagaimana dengan goyangannya Avanza? Lebih lembut atau keras ayunannya. Gak dibahas deh… Ini penting diluar tambahan semua fitur diatas. Ya siapa tahu lebih empuk 23% dari tipe lama dan mungkin Avanza bisa ceper 3 cm apabila dikendarai diatas 85 km/jam dsb. Mungkin bisa setir sendiri seperti Oddysey… 🙂

  • ap88

    ubahannya lumayan banyak sampai ke mesin,fitur keamanannya meningkat,tapi yg membuat saya tertawa head unit touch screen nya yg udah pake bluetooth yg lebih lengkap dari HU nya HRV 1.5 dan mobilio prestige dan yg membuat saya senang tuh abs yg tersedia dari varian E

    btw seatbelt 3 titik di semua baris bener2 pertama dikelasnya ya?perasaan bukan deh

    • AE86

      mungkin yg bangku baris ke-2 bag. tengah om yg sudah menggunakan 3 point, yg biasanya 2 poin.

      • edy

        Ga perlu seatbelt baris ke 2 &3 ga pernah dipake, malah bikin berantakan merusak pemandangan. yg perlu pretensioner di seatbelt depan aja

        • ap88

          pretensioner udah ada sejak avanza 2012

  • dsainbar

    yah suspensi & sasisnya masih pake yg lama dong gak berubah? berarti masih kalah nyaman dan aman dong dibandingkan kompetitornya yg lain sayang seribu sayang..yuk goyang lagi mang

  • aldrianrey

    kalo model gua suka veloz yang lama dari pada yang ini , kalo fitur gua suka yang ini dari pada yang lama, eh kok kembarannya gak ada kabar? apa bakalan sama apa udah suntik mati?

    • Rafi M. P.

      Ada kali bocorannya kemaren nih, coba cek lagi disini

  • Aldy Zakaria

    Bagus deh toyota mulai sadar..just info kalo berharap bantingan nyaman dan berubah total jgn harap karena hubungannya sama sasis dan desain suspensi klo dua itu tetep ya ga akan berubah jauh..nah kalo all new innopah sm fortie ganti sasis n perubahan desain suspensi itu kykny bakal lebih nyaman dari yg skrg

  • Yodi Manroe

    Keren ga sabar nih.

  • Rafly Padluhrohman

    ahahahahaha Toyota udah engap engapan lawan pesaingnya :v baru sekarang ada Side door impact bar :v ? malu oy ertiga udah 2012 mereka baru mengadopsi SDIB :v malu atuh :v itu Head Rest kenapa misah ? apa gak sakit nanti disenderin kepala :v pegel malah :v nanti kalo orang nya jangkung/tinggi susah nanti ninggiin H.R nya keburu capek tangannya :v mending beli ertiga spin atau grand livina 😀 nanti 2017 ada Mitsu ngeluarin mpv rasa suv 😛 mau apa hayo Toyota :v ???? wkwkwkwkwk Ane Bukan Sales oke

    • Rafly Padluhrohman

      walau ada Br-v Small Mpv Mitsubishi hanya fokus ke Avanza,Spin,Xenia,Grand Livina,Mobilio

    • ap88

      sandaran terpisah juga ada di biante dan enak2 aja kok ane disandarin,gak ada yg salah dgn sandaran model seperti itu

  • hadeeuh

    Kalo ubahannya sebanyak ini sih, boleh jg nih, worth lah +10-12jt. tinggal liat gimana bantingannya lg. trus paling flow ac, masih kaya kijang super ya kayanya, sayang bgt.
    mudah2an begitu keluar ada yg minjemin hilsat buat review :D:D

  • Feb

    Leh uga… ????????

  • agismaniax

    merah meriah, biru terharu… koplak dah… pertanyaan mudah, dg nambah2 10-12 juta apakah akan makin ajrut2an atau lebih anteng ya? hehehe…

  • Oki Ngew

    Jadi baru sekarang avanza punya side impact beam? Ckckck.. tapi lumayan lah, cukup worth utk kenaikan 10-12 jtan. Tapi kok tombol acnya masih begitu?? Agya aja ada air selectornya (walaupun sebenarnya kurang berguna) ya gpplah, yg penting acnya dingin.

  • Naufal Hibatullah

    Sejelek apapun tampangnya, seminim apapun fiturnya, harganya juga lumayan mahal, tetaplah avanza trjual habis :p, sales” toyota tambah bahagia, soalnya tambah pintar mengakali sang calon pembeli. Teruskan bakatmu pak :p :v

    • putra

      Woy tai ngakalin dari mana? Lo pikir toyota ngadalin hah ? Liat noh upgragde2nya , bacot dong lo tai

      • Naufal Hibatullah

        Woehh, selow dong, disini tempat buat diskusi, bukan tempat berantem, ngmong” emang anda sales toyota?

        • aiueo

          Maklumin bro,kalo dia bukan sales berarti fanboy toyota
          Diliat dari komen di berita lain juga gitu,bahasanya kasar gak terdidik,sampe pernah dihapus loh komentarnya hahaha

          • Naufal Hibatullah

            Hahaa…, ohh gitu to bro :D, siipp dahh, emang kalau dia ngga sales kok dia merasa tersinggung? 😀 anehh ya, hahaa… :v

          • toyota1stHATER

            Gw aja pernah ditipu sales toyota, waktu gw mau beli fortuner,gw tanya fitur keselamatan apa ja yg ada,dia bilang ada ABS,EBD sama BA,trus gw tanya,kok di spek ga ada tulisa EBD sama BA,dia bilang ada kesalahan pencetakan,secepatnya diperbaiki nanti,trus dia bilang kalo pajero sport mah butut blom ada BA,tampang cacatlah apalah…aslinya?menurut banyak sumber, fortuner hanya diengkapi ABS! DITIPU gw! Padahal udh kebeli si fortuner.Si KEBO LEMOT alias fortunerlah yang miskin fitur keselamatan…gw benci toyota skrg..suka black campaign apalagi menipu calon pembeli…gw anti toyota skrg

          • edy

            Honda aja mas udah pasti fitur lebih, dan design nya ga bikin sakit mata. tp sebanding dgn harga jg sih lbh mahal. Saya udah compare alias punya mobil honda & toyota. Selalau lebih unggul honda

          • Naufal Hibatullah

            Iya, honda emng trkenal cukup mahal, tp saya coba sendiri, rasa berkendara, rasa nyamannya, kekedapan kabinnya, antara yaris ama jazz lebih ajib jazz

          • tim

            Honda sih setau gw keunggulannya cm di overpricednya aja.. sisanya kagak ada… bandingin sama nissan dan mazda mah honda kelaut aja..

          • edy

            Mazda udah mahal kurang laku, klo nissan rada murah tp kurang laku juga, soalnya design nya suka aneh & bikin sakit mata jd ga ada yg beli

          • Naufal Hibatullah

            Wahh, itu bisa berabe ya, rugi ratusan juta, gua aja ngrasa di tipu beli hp aja uda rasanya jlebb, pdhl hnya brapa juta doang, itu ratusan juta, sekedar pengalaman, kalo pengalaman gua sih prnah bawa pajero sport yang dakkar, ngga lemot sama sekali, tenaganya bisa nempel ama bis indonesia terus (arah surabaya) padahal bis indonesia ngejar waktu, alhasil kecepatannya ampe 130 km/jam hehee…

      • edy

        Harus diakui memang avanza penjualan nya tinggi, krn harganya murah, pajaknya jg, spare part mudah dr yg ori sampai abal-abal ada. Klo untuk mobil rental, operasional, ke pasar cocok. Klo untuk nyaman, handling bagus mending honda atau mobil eropa sekalian. Pembeli akan tersaring sendiri oleh harga jual kendaraan

  • joni MOPAR

    Hmmm, patut diapresiasi sih upgradenya. At least konsumen ga dicekoki fitur purbakala melulu. Tapi begitu liat power 1500 nya cuman 102 hp seketika langsung males.

    Masih lebih menarik mobilio dengan 120hp nya. Bagi ane power mengalahkan segalanya.

    • AE86

      klau hp yg om cari di LMPV salah kamar om,,, hehe,,

      • joni MOPAR

        Masalahnya bedanya keterlaluan, 18hp! Power gap segitu lebih gede dari power CBR150 seharga 33jutaan.

        Klo konteksnya LMPV, dengan power segede itu bisa nambah beban muatan, ujungnya bisa lebih irit karena mesin ga ngedenan.

    • subaru

      beli audi RS4 avant om..itu baru powernya gede..kalo cuman 120HP mah masih ecek2..buat yang mentingin power pasti beli yang yahud sekalian kan

      • joni MOPAR

        Konteksnya power terbesar di kelas LMPV om. Dengan selisih power gede bisa lebih leluasa nambah beban muatan yg ujungnya bisa lebih irit krn mesin lebih ga perlu teriak dibanding klo powernya kecil.

        • hmm

          bro, ngerti apa itu torsi????

          • joni MOPAR

            Torsi mobilio juga lebih gede eniwei 14,8 kgm dibanding avanza yg cm 12,3kgm.

            Ya saling berkaitan lah antara torsi&hp ni klo ngomongin driving experience. torsi lebih ke tarikan, hp lebih ke kecepatan. Bisa angkut beban tapi lambat kaya siput ya apa bedanya ma motor roda 3 Viar?

          • subaru

            kalo ngomongin driving experience yang lebih berperan sasis bukan mesin. lu mau make mesin 600hp kalo sasis ga bisa ngimbangin ya hasilnya buruk..atau lu liat MX5 yang cuman 1500 ama 2000cc tapi dibilang driving experiencenya hebat

          • joni MOPAR

            Walah, palagi ngomongin sasis. Ente lupa apa gimana klo Mobilio udah monokok, sdgkan avanza masih ladder.

          • subaru

            Lah ladder frame kan tujuannya buat jadi kuda beban yang bagus plus rwd yang mau ga mau mesti diakui jadi salah satu kelebihannya. Mobilio dipake jadi usaha dan kuda beban ancur tuh. Driving experience ga berasa banget kok di kelas lmpv ini. Toh semua di kelas ini udah dibagi ama jepang
            Kuda beban : xeniavanza
            Kenyamanan : ertiga
            Style : mobilio

          • Satriyo Dewo

            Siapa bilang coy? Driving experience mobilio jelas di atas avanza karena sasisnya udah monocoque ala sedan. Di video yutub reviewnya autonetmaz juga disebut gemana stabilitas mobilio waktu nikung, slah satu yg terbaik dikelas lmpv, itu fakta.

            Ni fakta lain, sepupu gue yg masih kecil muntah2 klo naek xenia, tapi enggak klo naek mobilio gua. Fakta lainnya lagi, juga tenaga&torsi jelas menang pula.

            Btw, sebaliknya, lo jgn ngmong tanpa fakta, gua gak pernah denger tu mobilio ancur karena dipake usaha. Gua jg perhatiin lo geles mulu padahal argumen lo dibantah semua satu2 sama fakta yg di sebutin si joni.

          • bukansales

            Sepupu lo gapernah naik mobil berarti wkwkwk atau bisa juga yang nyetir mobilnya bloon. Nyetir mpv kok kaya nyetir sportscar

          • Satriyo Dewo

            G usahlah curcol ttg masa kecil lo di sini om. Sepupu gw biasa naik sedan2 monocoque, sekalinya naik sasis gerobak yg lo banggain itu jd mual.

            Anak kecil g bosa boong, yg bisa &ahli biasanya sales daihatsu yg marketsharenya trus tergerus & ngaku bukan sales kaya ente ini.

          • bukansales

            Lah siapa yang curhat masa kecil dasar bloon wkwk
            Banyak faktor yang bikin orang muntah dalem mobil bos ga cuma sasis walaupun memang berperan besar. Cara si pengemudi bawa mobil juga ngaruh, kesehatan manusianya juga ngaruh.
            Makanya hidup jangan kerja pamerin harta orang tua aja bos trus abis itu pamerin di media wkwk
            Emang gue peduli adek lo mau biasa naik sedan monocoque? paling juga bukan punya sendiri kalo ga taksi ya minjem LOOOLL
            Ane sales tau darimana lu? Gue gamembela/mendukung atpm daihatsu tuh. Ngomong asal bunyi aje makanya sekolah biar pinter dasar bloon

          • Satriyo Dew

            Sotoy, berani boong, klo ngomong ngotot mpe urat leher keluar, dan merasa paling pinter dengan membloon-bloonkan orang lain.

            Syarat sah sebagai sales terpenuhi semua dilihat dari komen ente gan.

          • bukansales

            Hahahaha lucu nih manusia asal bunyi yang sok kaya da aku mah apa atuh orang jujur gapunya apa-apa malah dibilang sales LOL

          • edy

            Sama aja om ga ada bedanya, mobil 200jt ke bawah boyot semua termasuk freed, innova mending krn 2000cc (tp boros) klo jazz ngga krn penumpang nya 4 org

          • subaru

            Kelas beginian performa emang ga berasa. Kalo mau perform dengan cara nipu tampilan culun ambil innova d4d . kulik dikit power naik gila tuh

    • A Naufal Farras

      Percuma 120 hp di mobilio jg, berat. Ditambah sistem CVT yg bikin tambah berat lagi. Ngapain ngebut pake LMPV coba?

      • ap88

        Tapi mobilio manual tarikannya gila abis,sx4 dan ertiga serta yaris lele lewat dah gue udah adu

        Mobilio manual user

        • edy

          Freed aja udah ga enak rasanya om apalagi mobilio, tp klo dibanding avanza, ertiga, livina. Better lah

      • ap88

        Hyundai creta juga lewat lawan mobilio gue

        • Sarjono Touring

          Ngaco lo pake fake account lagi,lagi2 pake nama ap88,creta melulu,cium tuh sana creta kalo perlu kawin lo sana ama creta,kasihan tuh si ap88 yg asli

      • ndeso

        terus kalo pake LMPV g boleh ngebut?

      • joni MOPAR

        Balasan gw sma u/ balasan ke AE86 & subaru.

        Sbenernya CVT mobilio tu udah advance secara dia udah Earth Dream. CVT bisa annoying bagi yg blom terbiasa. Klo make CVT mestinya gasnya diurut, injak pedalnya jangan asal tekan kaya di boil manual or AT konvenaional. CVT torsinya ngisi terus merata d tiap rpm klo ngurut gasnya bener, justru ad asiknya sndri.

        • Blackjack

          SETUJU! Cvt mobilio ada trik nya sendiri.. memang kalo di gas pol bakal lemot apalagi boros.. tapi kalo diurut bisa kenceng juga.. intinya perlakuan dr drivernya sih…. soalnya ane diurut gas nya klo pake mobilio ane

    • edy

      Boyot jg om pake freed 118HP penumpang dewasa 6. luar kota, karena transmisi matic kali yah…tp klo manual sepertinya rada kebantu ga terlalu boyot walaupun cc nya lebih kecil 1300cc. Intinya karena mobil murah freed, mobilio, ertiga, avanza, livina, dll yg sekelas rasa nya sama aja ajrut ajrutan. Mending xenia aja om boyot udah pasti, tp kebayar di harga nya murah.

      • Idiot

        Ngomong apaan sih ini orang?
        Freed manual 1300cc?
        Lawak lu?

        • edy

          1.3 manual avanza masih lebih narik dibanding 1.5 matic di tanjakan, kickdown nya freed itu loh tetep boyot, walaupun Hp 118 kan lebih besar, itu maksud nya om idiot

          • Idiot

            Oh,ngomong yang jelas kek
            Freed emang boyotnya ga ketulungan

  • Grand new avanza

    Baguslah krna ketakutan jd cepat berbenah. Bagaimana nasib rush yaris vios? Dual vvti ny segera menyusul? Ada infonya?

  • PanduVE

    Wuih Avanza Punya Fitur Baru, Mesin Baru, Safety Baru, Makin Mantep Deh Rencana Gue Beli BR-V..

    • edy

      Hati-hati jg om, taunya sama kaya mobilio jg wkwk, yg bagus honda stream, design ga sakit mata tp semenjak 2007an udah ga masuk indonesia, ga kena kali ya harga nya

      • subaru

        Tunggu jade aja. Bentar lagi juga masuk

        • Andi

          Jade jadi ya???

        • Andi

          Jade jadi ya???

  • STATICVIOS

    WAH ga adil, vios yaris juga harus dual vvti dong besok2

    • Rafi M. P.

      So pasti harusnya….

      • edy

        Ga ngaruh om klo menurut ane, mau boros jg isi aja premium kan murah harga nya, pake 3 thn, perawatan cuma ganti oli aja, filter udara rutin. spooring 1x. Jual deh tuh mobil

  • Ardhie Yoodha

    Memang fitur & mesin sudah ada kemajuan,, safety ditingkatkan
    Tapi masalah desain baru ini yang bikin ngeh!!

    Kok veloz 1.5 tenaga tetep 104ps beda avanza 1.3 yang naik,, veloz jdi anak tiri..??

    • Rafi M. P.

      Veloz kan ada yang mesin 1.3, sedangkan Avanza biasa saja ada yang mesin 1.5. Tapi meski mesin 1.5 tenaga gak berubah tapi dijamin deh lebih irit plus torsi maxnya lebih gampang diraih berkat Dual VVT-i gitu

  • Carys

    10 jt untuk tambahan fitur ky gni sih setara.. Masalahnya harganya jd lebih mahal dr rivalnya yg rata2 ud punya jg fitur itu…

  • A Naufal Farras

    Btw ini TAM ga ngeluarin versi diesel kyk di filipina? Pake 1ND VGT

    • ap88

      Emangnya disana ada avanza diesel ya?

      • Sarjono Touring

        Ada lah blog,kudet ya kamu

        • ap88

          Soalnya aku belum makan mie sedap cup,makanya aku masih kudet

  • Rafi M. P.

    Hmm… Seatbelt reminder bukan cuma buat supir sih, tapi untuk penumpang depan juga. Setau gue cuma ini (Grand New Avanza) di kelasnya yang pakai seatbelt reminder penumpang depan makanya diklaim pertama di kelasnya

    • ap88

      Kalo seatbelt tiga titik semua baris pertama dikelasnya ya? kayaknya nggak ya

      • Rafi M. P.

        Emang bukan, maksudnya seatbelt reminder untuk penumpang depan

  • Carys

    Nambah 10 jt untuk fitur2 itu setara sih sm yg di dapet… tp, harganya jd di atas kompetitornya yg rata2 ud punya fitur itu..

    Harga di naekin, nanti potongan dpnya gedein dah kalo bnyk stok..

  • Redian

    Yang mantap dari avanza tuh RWD, ga ada mobil sekelasnya yang RWD.

    • yoi

      mau dibantah pun, bedanya avanza emang disini 🙂

  • Atala

    Avanza 2JZ….anyone…!!!!

  • Novrian Eka Poetera

    Tetep aja gaada tarikannya

  • M.U.Fathurrohman

    Setidaknya bisa jadi standar patokan mobil yg lebih murah dari ini

  • motorfreaks

    Wew mayan juga
    Coba desain dashboard nya dipermak.dikit
    Itu lubang ac sama knop ac gede nya agak kurang enak dipandang

    • Sporky

      Di china xenia yg direbadged jd merk china kenop ac ada 3 buah kecil2 plus tombol pijit2 di atasnya dg layar lcd pd head unitnya.

  • jupiter

    Gw tunggu mpv mitsubishi terbaru ajalah,pasti fiturny terlengkap di kelasnya

    • edy

      Ga akan laku gan brand nya kurang populer di indonesia, udah beli xenia yg paling murah pake 3 tahun, jual. Ga repot. Beli innova lah, mobilio lah, avanza lah, udah mahal prestige nya jg ga ada. Sama aja yg penting AC dingin wkwkwk

      • spesialops22

        Kurg populer..ngakak ente…salah satu yg termakan merk adalah ente sendiri.kalo lmpv mitsu fitur2 jauh lebih lengkap dari ertiga n mobilio,gw pilihlah,gw beli mobil g liat merk,gw liat kenyamanan,keamanan,ketangguhan,dan kecanggihan.karakter mobil mitsu itu…mobil gen2 lamanya berbodi tradisional,abis dibaruin jadi langsung futuristik desainny,kyk pasport aja,ada yg bilang desainny bulet2lah,tanpa ototlah,skrg?pasport terbaru lebih gagah dan mewah desainny dari fortuner,malah makin berkesan mobil masa depan

      • felicia grimaldi

        Gw salah satu calon pembelinya,mao ape loh!?

        • edy

          Ya terserah lu klo mau beli, duit punya lu, di jawab sendiri aja om dr populasi kendaraan yg beredar di indonesia, di amerika pabrik nya aja tutup, klo mitsubishi colt, angkot, mitsubishi truck mungkin laku ya..untuk kendaraan niaga hehehe

      • gideon

        Ente sales daihatsu ya?

      • jupiter

        Oi bocah,lo g baca tulisan gw!?ada kata fitur gk?ngapain gw ngambil xenia yg ga ada canggihnya sama sekali,bopung amet taunya xenia doang yg paling bagus.utk sementara tahun 2015 ampe 2017,pilihan terbaik cuma ertiga,ga ada yg laen yg mengerti tentang keluarga selaen ertiga.nah kalo lmpv mitsu masuk,nanti gw pertimbangkan lagi

  • joshua theo

    Waktu itu saya liat yg ertiga udh punya smart key kayaknya fitur lmpv skrg di copas sama avanza facelift truss. Yg lmpv lain yg facelift sudah lebih baik menurut saya ……

  • joshua theo

    Jadi
    orang orang yang awam sama mobil bakal beli nih mobil

  • joshua theo

    Jadi
    orang orang yang awam sama mobil bakal beli nih mobil

  • AlexRofiq

    When Toyota Avanza Use a Diesel

  • dodosudo

    Harga?

  • Muhammad Hafizh Tusanda

    nah ini baru avanza, udah ada side impact beam seatbelt tengah udh 3 point, ternyata makin lama makin enak diliat blkgnya

  • 206er

    Fitur safety apapun selama remnya masih pake cakram solid era 80an percuma

    Masak kalah sama motor bebek yang sudah pake cakram cross drilled sejak tahun 90an

  • mas boy

    wah yang 1500 mesin sama kecewa nih

    • Andy

      Bukan mesinnya sama bro, tapi tenaga dan torsinya yang sama. Cuma maximumnya sudah bisa didapat di RPM yang lebih rendah 200 point.

  • topanbadai

    Dari kemunculannya di tahun 2003 avanza yang diambil dari kata avanzatoz yang berarti peningkatan, dibuat setelah krisis 98 dimana daya beli orang turun orang susah cari duit makanya rentan harga avanza waktu itu jadi terjangkau. walau ini untuk sebagian orang ini mobil disebut mobil”murahan” dan ini melekat sampai sekarang sehingga dikasih apapun viturnya secanggih apa mesinnya dikasih hybrid pun orang punya pandangan tersendiri ,beda dengan mobilio dimana hadir lebih segar walau juga banyak kekurangan tetapi dari sisi prestise lebih diatas avanza.tapi yang jelas cita cita kaoru hosokawa chief enginer si pembuat avanza yang ingin mobil ini menjadi mobil yang tangguh sudah bisa tercapai.

  • tim

    Untuk peningkatan hrg segitu sih fitur yg didapatkan sdh cukup baik. Walopun gw gabakal beli jg sih mengingat nantinya bakal jadi LMPV termahal meskipun ya rasanya sama aja kaya yg lama.. yg jadi mslh mesin barunya sparepartnya bakal segampang yg lama apa kagak? Klo kagak ya bakal sama aja kaya rival”nya, ya mending gw beli rivalnya drpd ini.. kalo mau beli avanza mah yg seken aja, hrg jatoh, ga tll rugi dibanding beli barunya.. toh jg rasanya sama aja..

  • Andy RR

    Klo mobil sejuta umat yg ngomen juga sejuta, kalo mobil limited yg ngomen juga limited… hehehehehe…

  • Greg

    Fantastis, mungkin di TAM ada pergantian manajemen mangkenye avanza bisa blas seperti ini, bye mobilio, ertiga, apalagi spin, penjualan bakal makin joss ga ada saingannya, yang baru beli rush bakal ngiri, naek 20juta cuma ganti lampu wkwkwkwk, yg ini naik 12juta sampe ganti mesin dual vvti!

  • Rafi M. P.

    Kalo Avanza pakai Auto start-stop system (anggap saja Idling Stop-nya mobil) pasti lebih irit konsumsi BBMnya. Soalnya mesin 1NR diluar negeri udah pakai teknologi ini

  • Stings

    Nah gini dong toyota jangan cuma jualan chrome kalau ini baru nambah fitur. Nice nice walaupun selalu lebih pelit dari kompetitor tapi harus diapresiasi upgrade avanza yg sekarang mantap

  • aryo

    perubahannya signifikan, apakah bisa menyaingi LMPV lainnya?

  • MaculMania

    KOk interiornya sepertinya biasa aja yach

  • Kaburr takut dimarahin

    Jadi gw lurusin ini, bagi para pengomentar autonetmagz pasti kaya gini…

    Nissan : dia adalah orang yang adil, gak pamrih
    Mitsubishi : dia adalah orang yang suci, harus dihormat karena kegagahannya dan kebesaran tenaganya
    Mazda : dia adalah orang yang dermawan, tidak pelit, dan selalu adil
    Ford : dia adalah orang yang tidak bisa dibully, karena dia agung
    Chevrolet : sama seperti ford, dia juga agung
    Mercedes benz : orang terkaya, termashyur, patut untuk dihormati, tidak akan bisa dibully
    Honda : dia penipu, pembohong, dan pendusta dia jahat dan tidak memperdulikan konsumennya, selalu bertubi tubi dibully…
    Toyota : dia adalah antagonis utamanya, sama seperti honda dia sangat kejam, jahat

    Jadi kesimpulan para pengomentar autonetmagz:

    Kita harus lindungi nissan, mazda, mitsubishi, ford, chevrolet, dan mercedes benz, kita harus gebukin duo honda sama toyota sampai sekarat…
    Ibarat maling sama penduduk

  • tamu

    Masalah utama dari Avanza Xenia adalah kenyamanan, handling dan ergonomis.

    Bentuk dan style jelek bisa dimaafkan asal ketiga poin diatas bagus. Mustinya segera dibuat Avanza yang benar benar baru dengan improvement sebagai berikut:

    1. Turunkan posisi Center of Gravity–> mungkin dengan menggunakan platform FWD
    2. Kurangi berat “unsprung weight” –> mungkin dengan menggunakan platform FWD juga.
    3. Perkecil transmission tunnel guna membebaskan space di kaki driver.
    4. Pertinggi jarak antara lantai dengan langit-langit –> tujuannya membebaskan ruangan sehingga kursi jok depan dan tengah bisa dibuat lebih ergonomis untuk orang-orang tinggi (>170cm)
    5. Tambahkan sound insulation.

    Yakin kalo 5 poin diatas dipenuhi, kita engga akan segan segan pilih avanza.

  • muda

    kalo dulu hakikatnya awal penjualan avxen adalah sebagai alternatif mobil murah (sebelum ada Lcgc).. lama kelamaan avxen naik harganya dan sekarang ingin naik kelas.. sudah kewajiban bagi toyota daihatsu untuk mengsinkronkan harga dengan kualitas produknya,, wajib dibully apabila harga naik dan kualitas menurun.. merdeka..

  • Abda Sq

    Wah..kpan nih ridwan hanif dan kwan kwan test drive grand new avanza yg baru ditunggu banget ni ..