Ini Dia Daftar Mobil Wuling yang Di-Rebadge Chevrolet!

by  in Chevrolet&Nasional&Wuling
Ini Dia Daftar Mobil Wuling yang Di-Rebadge Chevrolet!
0  komentar

AutonetMagz.com – Prosesi rebadge sebuah mobil merupakan hal yang sudah biasa terjadi sekarang. Terlepas suka atau tidak sukanya konsumen, rebadge menjadi solusi cepat bagi dua merek atau lebih memperkaya varian mereka tanpa perlu banyak-banyak menghabiskan dana penelitian dan pengembangan. Merek Jepang, Korea, Eropa, Amerika hingga China rata-rata sudah tak asing lagi dengan kata rebadge.

Relasi antara Wuling dan Chevrolet kini menjadi sorotan, khususnya saat kita di-dor dengan penampakan Chevrolet Captiva 2019 di Colombia yang ternyata hanya versi rebadge dari SUV Baojun 530. Usut punya usut, selain duet antara Captiva dan Baojun 530, Chevrolet dan Wuling (atau Baojun) masih punya banyak model lain yang mereka pakai bersama. Ini dia daftar lengkap hasil rebadge mobil blasteran Amerika-China

1. Wuling Rongguang – Chevrolet Move

Pasar Mesir adalah rujukan pertama kita, di mana Chevrolet menjual minibus bernama Chevrolet Move. Jika melihat bentuknya yang tidak ada kesan-kesan Chevroletnya, ada jawaban yang bagus untuk itu. Aslinya, Chevrolet Move ini adalah Wuling Rongguang, minibus Wuling yang diganti logonya oleh Chevrolet untuk dijual di Mesir.

Seperti minibus yang biasa kita kenal, fokusnya untuk daya angkut. Maka dari itulah daya tampungnya dibuat sama seperti minibus di pikiran kita, namun mesinnya tak terlalu bisa diharapkan. Hanyalah mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 85 hp dan torsi 108 Nm yang menggerakkan roda belakang via girboks manual 5 percepatan.

Baca juga : Di Columbia, Chevrolet Captiva 2019 tak tain adalah sebuah Wuling SUV yang diganti emblem

  1. Wuling Hongguang – Chevrolet Enjoy

Mobil ini pernah kami bahas saat Chevrolet Spin sudah game over dari pasar MPV Indonesia. Mobil bernama Chevrolet Enjoy ini aslinya adalah Wuling Hongguang, dan di pasar India ia tidak pakai nama Wuling, tapi Chevrolet. Mirip-mirip dengan Wuling Confero di sini, ia tersedia dalam pilihan 7 atau 8 seater tergantung kebutuhan.

Chevrolet Enjoy menawarkan beberapa pilihan mesin. Pilihan pertama ada mesin diesel 1.300 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 72 hp dan torsi 172 Nm, sementara pilihan kedua ada mesin 1.400 cc 4 silinder bertanag 100 hp dan torsi 131 Nm. Transmisi hanya manual, dan di varian LTZ sudah ada ABS, EBD dan dual airbags.

  1. Wuling Lechi – Chevrolet Spark – Daewoo Matiz

Sedikit catatan, yang ini sebenarnya bukan Chevrolet yang ganti logo Spark buat dijual sendiri, tapi ketiganya dipakai bersama-sama oleh Daewoo, Chevrolet dan Wuling. Jadi begini, saat Chevrolet masih membuat Spark di pabrik milik SAIC-GM, Wuling pun akhirnya turut menjual Spark versi mereka sendiri dengan nama Baojun Lechi.

Beda dengan Chery QQ yang dulu membajak habis desain Chevrolet Spark, Wuling memang berniat me-rebadge Spark dan menjualnya di bawah lisensi Wuling Baojun Lechi. Khusus di China, sejak tahun 2009 Baojun Lechi pakai mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 85 hp dan torsi 108 Nm. Wah, mungkin ini mesinnya Wuling Rongguang.

  1. Wuling Baojun 610 – Chevrolet Optra

Untuk yang satu ini kami sedikit agak kebingungan. Dulu memang Chevrolet punya nama Optra dan modelnya kita sendiri sudah tahu, kalau tidak sedan ya estate. Setelah Optra diganti Cruze, aturan Chevrolet bisa menjual Cruze di Mesir karena segmennya sama dengan Optra. Entahlah, sepertinya ada alasan lain kenapa Chevrolet ogah menjual Cruze di Mesir.

Alih-alih, Chevrolet me-rebadge Baojun 610 dan 630 untuk dijual sebagai Chevrolet Optra di Mesir dan Algeria sejak tahun 2014. Ada beberapa pilihan mesin di sini, yakni mesin 1.500 cc 4 silinder bertenaga 109 hp dan 146 Nm, atau mesin 1.800 cc 4 silinder dengan 141 hp dan 177 Nm. Selain itu, Daewoo Lacetti juga mengambil basis yang sama dengan Baojun dan Chevy.

  1. Wuling SUV (Baojun 530) – Chevrolet Captiva

Nah, ini yang terbaru. Sudah ramai-ramai di Indonesia penasaran dengan seperti apa spek dan nama resmi Wuling SUV untuk pasar Indonesia, kita malah kaget lagi gara-gara Chevrolet Captiva baru hanyalah Wuling SUV yang di-rebadge oleh Chevrolet untuk dijual di Colombia sebagai Chevrolet Captiva. Captiva sendiri sebenarnya sudah stop produksi, dan GM Amerika memutusan untuk menggantinya dengan Equinox.

Chevrolet Captiva yang bersaudara dengan Wuling SUV dan Baojun 530 ini dikabarkan memakai mesin 1.500 cc turbo, transmisinya ada pilihan manual atau CVT. Fitur-fitur standar termasuk airbag, ABS, EBD, sunroof, jok elektrik, stability control dan pilhan kapasitas 5 penumpang atau 7 penumpang.

Duh, gara-gara munculnya Chevrolet Captiva baru, muncul plot twist yang beredar di media sosial. Ingat sosok yang diyakini sebagai Wuling SUV muncul di jalanan Indonesia? Nah, jangan-jangan itu bukan Wuling SUV, melainkan Chevrolet Captiva baru. Ah sudahlah, tapi apa menurutmu Chevrolet berani menjual Captiva jika wujudnya sama persis dengan Wuling SUV? Sampaikan di kolom komentar!

Ini komentar warganet mengenai Rebadge Wuling – Chevrolet

Read Prev:
Read Next: