Ini Dia Bisikan Spek Honda CB150R Streetfire Facelift Kedepan

by  in Berita&Honda&Motor Baru
Ini Dia Bisikan Spek Honda CB150R Streetfire Facelift Kedepan
0  komentar
bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-cover

AutonetMagz.com – Rasanya agak tidak wajar apabila Honda yang mempunyai track record dan finansial besar tidak mampu membuat lawan sepadan Yamaha Vixion. Yah, sebab pada saat sebelumnya Honda CB150R Streetfire memang digaung-gaungkan sebagai Vixion killer. Bahkan beberapa bisikan mengatakan tampilannya yang menggunakan sasis teralis ala ducati dan mesin CBR150R akan membuat Vixion mati kutu.

Namun setelah Honda CB150R Streetfire keluar, betapa tercengang saya melihatnya. Ini bukan tercengang karena takjub, saya melihatnya seperti Tiger Revo dengan mesin CBR saja. Atau lebih tepatnya Vixion old bermesin DOHC. Yah desainnya tidak shocking seperti yang digembar-gemborkan di media. Motif teralisnya terasa aneh, bahkan ciri khas Honda “behel tanduk” yang sudah dipakai oleh beberapa pabrikan malah tidak ada disini.

bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-streetfire-merah

Singkat kata kekecewaan ini membuat penjualannya tidak semoncer yang diharapkan. Yamaha-pun menantang dengan mengeluarkan New Vixion Lightning yang modelnya lebih mature. Selanjutnya tetap saja Honda tidak bisa menghentikan laju sport Yamaha, wong dari segi bentuk saja yang satu seperti didesain orang tua dan satunya didesain anak muda.

Kini sepertinya Honda sudah cukup banyak introspeksi, karena mengalahkan gajah tidak segampang menebar paku ke jalur jalan si gajah. Menundukkan lawan harus all out juga, dan menurut sumber kami akan cukup banyak berubah dari Honda CB150R ini. Berikut adalah beberapa infonya :

1. Desain bak Honda CB250F

Yah sebenarnya sudah banyak gambar bocoran yang menampilkan siluet Honda CB150R terbaru ini. Namun bila anda ingin melihat tampilannya lebih gamblang, maka carilah Honda CB250F saja. Ya motor ini adalah versi naked dari Honda CBR250R dan tampilannya, well… menjanjikan walaupun tidak dijual disini. Walau tidak sama pleg namun secara garis besar mirip dengan sang kakak, bahkan behel tanduk yang menjadi ciri khas Honda itu pun kembali muncul.

bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-honda cbr250f

Tradisi Honda yang tampilan motornya tetap berpatron dengan moge-moge familinya ini mungkin yang menyebabkan Honda CB150R dahulu tampak datar. Lihat saja refrensinya Honda CB1000R, memang ada kesamaan, namun strong point dari CB1000R juga dikarenakan mesinnya dan kaki-kakinya padat. Apabila dibandingkan dengan CB150R maka tiba tiba kita melihat sektor bawah seperti kekurangan gizi.

Nah dengan versi berikutnya ini yang berpatron mengikuti CB250F diharapkan tampilannya bisa lebih maksimal. Tentu saja tidak sekedar baju-nya ala CB250F tapi juga kaki-kakinya turut kekar layaknya CB250F. Semoga saja menjadi cosplay yang bagus untuk versi berikutnya.

2. Speedometer full digital

Ini pun menarik, karena hal minus yang ada di CB150R dahulu juga berada di speedometer. Speedometer versi sekarang masih terlihat spartan walaupun ada unsur digital. Sektor iluminasinya juga tidak tergarap baik dan terkesan apa adanya, sehingga terlihat seperti motor di jaman 2005 walaupun waktu itu keluar pada tahun 2012.

bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-speedometer

Nah untuk berikutnya Honda membuat tampilan speedometer full digital untuk next CB150R. Desainnya tidak seperti speedometer saudaranya CB250F. Sedikit mirip dengan speedometer Yamaha MT-07 namun Honda membuatnya lebih futuristik berdimensi panjang dengan sentuhan iluminasi biru dan dilengkapi bingkai berwarna gunmetal. Sepertinya trik speedometer Vario 150 dipraktekkan kembali di CB150R.

Selain itu penempatan kunci kontak sedikit berbeda, karena ditempatkan di ujung tangki. Kok mirip dengan Yamaha New Vixion Lightning ya hehehe…

3. Mesin sedikit berbeda dibanding CBR150R

Well… dibilang agak mengecewakan antara ya tapi juga tidak, Honda membuat diferensiasi karakter mesin CB150R ini berbeda dengan CBR150R. CBR150R sudah sejatinya dibuat dengan karakter high rev, artinya nampol di putaran menengah ke atas (walaupun karakter high rev-nya berbeda dengan CBR thailand). Honda mengurangi sedikit kubikasi motor ini dari 149,5 cc menjadi 149,15 cc mendekati karakter square, yah sedikit sih…

bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-mesin

Namun disinyalir selain sebagai diferensiasi Sonic – CB – CBR juga sebagai peningkatan torsi agar lebih maksimal. Memang sejatinya yang namanya naked selalu mempunyai karakter torsi bawah lebih baik dibanding sport fairing.

4. Kaki-kaki berubah

Seperti yang dibahas di awal tadi, kaki-kaki Honda CB150R ini juga mengalami ubahan yang signifikan. Dari segi dimensi memang mirip-mirip dengan dimensi kaki-kaki CBR150R. Ukuran velg depan 17 inchi dibalut dengan ban 100/80 depan dan 130/70 belakang dengan desain yang mirip dengan velg CS1. Selain itu juga knalpot menggunakan desain hexagonal dengan pelindung knalpot.

bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-kaki-kaki

5. Pencahayaan full LED

Nah ini juga cukup menarik, sebab semua pencahayaan yang digunakan next Honda CB150R justru memakai LED dan LED ini digunakan di semua pencahayaan, baik headlamp, stoplamp sampai lampu sein. Ya jarang sekali pabrikan Jepang menggunakan LED sebagai pencahayaan lampu sein karena selama ini yang memakai lampu sein LED hanyalah motor non-Jepang, yah you know lah…

6. Harga dan kapan motor ini dirilis

Perihal harga sebenarnya belum ada data fix mengenai hal itu, yah motornya saja belum launching kok. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa Honda CB150R baru sudah bisa diinden di PRJ Kemayoran dengan harga 24,5 juta rupiah. Selain itu berdasarkan data di NJKB mengatakan motor ini berada di kisaran 18,3 juta rupiah, ini artinya harga akhir 24,5 juta rupiah bisa saja benar.

Perihal kapan motor ini dirilis sepertinya tidak akan serempak dengan Honda Sonic 150R yang dijadwalkan rilis Agustus awal. Ada kemungkinan pembaca harus menunggu bulan September motor ini sudah bisa dipinang.

Berikut info yang berhasil kami himpun tentang Honda CB150R Streetfire major facelift. Walau timing kemunculan motor ini masih lama namun tetap patut ditunggu. Ubahannya pun bisa dibilang tidak main-main. Nah bila ada opini segera dikeluarkan saja opini anda di kolom bawah ini, kalau ditahan di perut kan gak baik juga buat kesehatan #eh?

Read Prev:
Read Next:
  • Shark Owner

    Kenapa nggak pake foto asli spy shotnya aja sih Yud, kan udah banyak beredar tuh, nah itu foto aslinya cuma yg pas bagian knalpot sama ban belakang. Soal spido full digital jujur ane nggak suka, masih keren kombinasi jarum tacho analog sama display kecepatan digital, lagian ini juga full digitalnya ala layar kalkulator belum yg full pixel. Oh ya PertamaX.

    • kalau foto ori kita sih ada, tapi tempatnya gak pas, kita kan bukan media yang dengan gampang membuat karir orang lenyap hehe…
      kalau mau inovasi tetep harus hati-hati dengan harga jualnya sih haha… repot ya :v

  • Pramudita Ananta

    buat saya model belom bisa berkomentar banyak, mending menunggu penampakan secara langsung baru bisa berkomentar. Namun penggunaan ban sebesar itu sebuah langkah yang menurut saya cukup bagus, dimana penggunaan ban besar akan membuat kita MERASA lebih aman saat menikung. semoga dengan dibekali ban besar tidak membuat orang – orang mau merubah menjadi ban cacing yang tidak layak digunakan harian.

    Namun penggunaan speedometer full digital, saya tidak begitu suka. gerakan jarum rpm lebih berkarakter menurut saya daripada pergerakan bar digital.

    Pencahayaan full led, ini masih tanda tanya. saya melihat LED dari honda vario 150 di jalanan dan menurut saya masih tidak terang, apalagi saat gerimis hujan yang katanya masih bisa tembus kok kayanya tidak ya. kecuali LED yang digunakan memiliki kelvin setara warm white mungkin bisa lebih baik.

    mesin, semoga cb150 dan sonic 150 memiliki output yang berbeda. sangat tidak lucu jika power motor ayago disamakan dengan motor sport naked yang cenderung lebih berat

    • wah bener komentar agan, LED juga sebenarnya bukan solving problem. Terkadang ane juga merasa LED ngga terang-terang amat. Toh kalaupun harus sering ganti bohlam sebenarnya nggak ngerepotin kita juga. Yah sekedar inovasi sih apa boleh buat, paling bergunanya untuk suplai listrik jadi banyak karena pemakaian sedikit. Berpotensi membuat orang semakin alay dengan pakai2 sirbo :v

      Mungkin yang harus dibutuhkan lampu motor itu laser light BMW 😀

      • Shark Owner

        LED di motor bukan buat terang2an ato biar jarang ganti bohlam Yud, tapi buat gaya 😛

      • Shark Owner

        LED di motor bukan buat terang2an ato biar jarang ganti bohlam Yud, tapi buat gaya 😛

      • Pramudita Ananta

        hahaha,, kalau teknologi BMW di aplikasikan mau dijual brp ntar motornya..
        kalau info yang saya terima supplai listrik akan lebih disesuaikan, jd tidak sebesar yang sebelumnya, justru kalau mau ganti lampu dr led ke HID atau bohlam malah harus lebih hati – hati krn supply ny sudah disesuaikan untuk full LED
        saya lebih suka LED hanya untuk position lamp, bukan penerangan utama..
        btw kalau headlamp LED mazda 2 bisa terang nd yah?

        • kalau mobil sih LED nya lebih bener. kalau motor kok LED headlampnya kayak kw kw an… terang nggak, nyilauin iya :v

      • Pramudita Ananta

        Mungkin krn reflektornya, kalau kita amati lampu led mobil yg dijadikan lampu utama masti mengunakan projector lens

  • Ardhie Yoodha

    Pengennya cb150r baru pake ban besar blakang itu udah cukup ok..!!

    Klo utk desain mnding dimensi + bobot kyak vixion lightning aja,, tapi klo mesin harus diatas NVL

    Speedometer full digital akan buat motor itu lebih mahal + akn mengecoh pengendara!!

  • Tresna Wardana

    nah bucat juga bisul ane, di review juga dimari haha.
    ya walopun penampakannya lebih gamblang warung sebelah, tapi gapapa dah mungkin 1 dan lain hal ga dishare di artikel ini.
    setuju banget sama pernyataan old vixi pake mesin DOHC haha.
    tapi kalo bener penampakannya kaya warung sebelah mah idih bisa terancam nih penjualan new vixi advance. IMHO.
    sekalian mau nanya dong gan yuda, square engine itu pengaruhnya besar banget sama performa?

    • square engine itu cuma beda di karakter saja… nanti tipikal motornya tenaganya linear, merata dari bawah ke atas.

      kalo overbore seperti honda cbr itu tenaganya akan keluar pada saat putaran menengah ke atas. sedangkan overstroke kebalikannya, tenaganya keluar saat putaran awal tapi ngempos saat di atas.

      at least overbore nafasnya panjang topspeed berlimpah kalau oversquare torsinya liar, tenaga berasa powerful saat bejek throttle. square berarti di tengah2 mereka 😀