Maruti Suzuki Resmi Produksi & Ekspor Jimny, Indonesia?

Maruti Suzuki Resmi Produksi & Ekspor Jimny, Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah beberapa tahun terakhir menjadi misteri, akhirnya Suzuki merilis resmi pabrik kedua yang memproduksi Suzuki Jimny selain di pabrik Jepang. Dan tentunya, pabrik yang akan merakit Suzuki Jimny ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari India. Yap. Maruti Suzuki India telahr resmi memulai produksi dari Suzuki Jimny, dan juga telah melakukan ekspor Suzuki Jimny perdananya. Mari kita bahas lebih lanjut.

Spesifikasi Serupa Jepang

Jadi, Maruti Suzuki diketahui telah melakukan ekspor sebanyak 184 unit Suzuki Jimny ke Amerika Latin. Seremonial resmi dari ekspor Suzuki Jimny perdana ini dilakukan di Pemabuhan Mundra, dan akan menuju ke beberapa negara seperti Kolombia dan Peru. Nah, salah satu pertanyaan penting terkait Suzuki Jimny rakitan India ini adalah spesifikasinya. Dan Maruti Suzuki pun menjamin bahwa Suzuki Jimny rakitan India memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Suzuki Jimny rakitan Kosai, Jepang. Hal ini disampaikan langsung oleh managing director dan CEO Maruti Suzuki, Kenichi Ayukawa.

Ayukawa-san menyatakan, “Suzuki Jimny yang diproduksi di pabrik milik Maruti Suzuki di Gurgaon memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan unit yang diproduksi di pabik Suzuki Motor Corp di Kosai Jepang”. Jadi, Suzuki Jimny yang diproduksi adalah Suzuki Jimny Sierra dengan konfigurasi 3 pintu, persis seperti yang kita lihat di Indonesia. Mesin yang digunakan juga masih sama – sama K15B seperti yang dijual ke konsumen Indonesia. Lantas, apakah Suzuki Jimny rakitan Indonesia ini juga akan menuju ke Indonesia? Apalagi rata – rata produk Suzuki yang berstatus CBU di Indonesia juga berasal dari Negeri Bollywood ini. Jawabannya, mungkin tidak.

Unit Indonesia Tetap CBU Jepang

Sebenarnya, kepastian ini didapatkan dari rilis resmi milik Suzuki Global. Dalam rilis disebutkan bahwa Maruti Suzuki akan memenuhi kebutuhan ekspor untuk pasar Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika. Jadi, 3 kawasan itulah yang nantinya akan menjadi tujuan dari Suzuki Jimny made in India. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Tentu tetap mendapatkan suplai dari Jepang. Kehadiran Suzuki Jimny rakitan India ini memberikan bantuan bagi Suzuki untuk memasarkan Suzuki Jimny ke lebih banyak negara di dunia. Lalu, bagaimana dengan ide Suzuki Jimny rakitan lokal? Sabar dulu ya, belum ada tanda – tanda hal tersebut akan terealisasi.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: