Nasib Suzuki Carry GX Saat ini, Unitnya By Order!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Nasib Suzuki Carry GX Saat ini, Unitnya By Order!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti janji kami beberapa waktu lalu, kami akan membahas sosok yang cukup legendaris dan fenomenal yaitu Suzuki Carry. Suzuki Carry yang kami maksud kali ini adalah Suzuki Carry GX  yang juga sempat mendapatkan nama – nama lain seperti Suzuki Carry Futura maupun Suzuki Carry Realvan. Nah, dari modelnya saja kita sudah bisa menebak berapa tua usia dari mobil ini, lalu dengan segala kemampuan yang ditawarkan di mobil ini, bagaimanakah nasibnya saat ini? Yuk kita bahas lebih jauh.

Sejarahnya

Sebenarnya sejarah daru mobil ini sangat panjang dan juga berseri – seri, namun karena keterbatasan dalam artikel ini, maka kita akan membahas model Suzuki Carry yang relevan dengan Suzuki Carry GX sendiri. Suzuki Carry GX adalah sebutan terbaru dari Suzuki Carry Futura alias Realvan, dan mobil ini sudah ada sejak medio bulan Februari 1991. Mobil ini sendiri masuk dalam Suzuki Carry generasi kedelapan yang memiliki kode SL413. Nah, kehadiran Suzuki Carry di tahun 1991 sendiri merupakan salah satu langkah riil pihak Suzuki Indonesia untuk menandingi Daihatsu Zebra. Untuk pasar Indonesia, Suzuki Carry juga di rebadge oleh pihak Mitsubishi, dengan nama Mitsubishi T120SS, baik versi pikap-nya maupun versi van. Perjalanan dari Suzuki Carry sendiri cukup panjang hingga menjadi Suzuki Carry GX  di tahun 2018 ini.

Di tahun 1994, pihak Suzuki memberikan update pada Suzuki Carry dengan memberikan kaca belakang yang bisa diturunkan ke bawah, tak lagi digeser ke samping. Selain itu, update model juga tejadi di tahun 1997. Ubahan berikutnya terjadi di tahun 2005, dimana pada bulan Maret 2005 pihak Suzuki memberikan ubahan lagi secara minor di sisi eksterior dan juga ubahan mesin menggunakan mesin 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Pada bulan April 2010 pihak Suzuki kembali mengubah tampilan Suzuki Carry GX secara minor, dan terakhir adalah pada bulan Januari 2017 dimana pihak SIS memberikan grille baru pada Suzuki Carry GX dan Suzuki Carry Pikap. Nah, walaupun banyak ubahan yang diberikan pada mobil ini, namun kenyataannya memang tak ada ubahan mendasar pada mobil ini, masih saja sama seperti tahun 1991.

Nasibnya Sekarang

Nah, pasca 27 tahun mobil ini dijual di Indonesia, apalagi dengan gempuran produk lain yang lebih modern seperti Daihatsu Grandmax, dan bahkan saudaranya sendiri, Suzuki APV, bagaimana kah nasib dari Suzuki Carry GX? Nyatanya masih ada saja yang beli. Namun memang konsumen dari Suzuki Carry GX  harus ekstra bersabar, karena dari beberapa tenaga penjual yang kami tanya tentang pemesanan mobil ini, kenyataanya mobil ini harus inden, baru unitnya akan dipesankan. Yap, pemesanannya by order, dan memang angkanya sudah sangat kecil. Dari data wholesales Gaikindo pada 5 bulan pertama tahun 2018 ini, Suzuki Carry GX mampu membukukan angka penjualan sebanyak 80 unit, dan sepanjang 2017 silam ada sebanyak 774 unit. Artinya apa? Artinya wholesales di tahun ini sangat jauh menurun dibandingkan tahun 2017 silam

Bisa jadi pihak Suzuki akan mengakhiri sosok van legendaris ini dalam waktu dekat, mengingat memang mobil ini sudah tak setinggi dahulu penjualannya. Selain itu, sosok Suzuki Carry GX sendiri memang sudah sangat ketinggalan jaman, dan hanya versi pikapnya saja yang masih bisa bertahan sebagai kendaraan niaga saat ini. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: