Hyundai Sonata Kini Usianya Genap 30 Tahun dan Sudah Laku 7,3 Juta Unit

Hyundai Sonata Kini Usianya Genap 30 Tahun dan Sudah Laku 7,3 Juta Unit
0  komentar
Hyundai-Sonata

AutonetMagz.com – Hyundai kini tengah merayakan langgengnya salah satu model mereka yang cukup bersaing di pasaran, Hyundai Sonata. Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985, Sonata sekarang sudah punya 7 generasi selama 30 tahun kiprahnya di dunia otomotif. Yang paling penting ialah ia bisa mengangkat penjualan dan reputasi Hyundai di seluruh dunia, dan kini sudah 7,3 unit Sonata terjual secara global.

Sonata pernah mengubah platform penggeraknya, dari yang tadinya RWD diubah menjadi FWD pada generasi keduanya yang diperkenalkan tahun 1988 sebagai sedan independen yang murni rancangan Korea. Lanjut ke generasi ketiga, ia sudah mulai menerapkan teknologi canggih seperti ABS dan pelipatan spion otomatis. Barulah di generasi keempat, ia diberikan mesin baru.

hyundai-sonata-generasi-kedua

Di 2004, akhirnya Sonata berkelana lebih luas untuk bersaing di pasar global dengan mengandalkan desain yang kental nuansa Eropa dan fitur keselamatan yang banyak. Generasi keenam Sonata akhirnya menerima bahasa desain Fluidic Sclupture yang membuatnya sangat laris manis, serta di generasi ini pulalah Sonata diberikan mesin hybrid untuk pertama kalinya.

hyundai-sonata-generasi-keempat

Sekarang, Sonata yang beredar adalah generasi ketujuh, tampil dengan bahasa desain Hyundai modern, dan di tahun 2015 ia mendapatkan ubahan yang sangat menggiurkan, yakni ubahan eksterior dan penambahan fitur tapi harganya jadi lebih murah. Wah, jarang-jarang nih.

hyundai-sonata-generasi-ketujuh

“Sonata telah menjadi faktor besar dalam pertumbuhan Hyundai tidak hanya di AS, tetapi di seluruh dunia,” kata kepala Hyundai Motor Amerika Dave Zuchowski. “Selama sejarah 30 tahun, kami telah mampu mengembangkan Sonata dengan kebutuhan yang selalu berubah dari pelanggan kami. Dan dengan All New Sonata Plug-In Hybrid, kita kembali memperluas line-up Sonata yang sudah beragam dengan penyesuaian untuk keperluan semua orang. ”

Pasar AS memang menyumbang hampir sepertiga dari total penjualan sejarah Sonata, dengan lebih dari 2,3 juta unit terjual di seluruh 50 negara bagian, termasuk lebih dari 80.000 model hybrid. Di Indonesia, Sonata memang pernah masuk secara resmi, tapi sampai hari ini kami jarang melihatnya di jalan. Kalaupun kelihatan, paling sebagai taksi saja atau dengan plat hitam berakhiran RFS.

interior-hyundai-sonata

Sayang sekali ya, sedan bagus dan kompetitif ini belum dilirik di sini karena masih kalah pamor dengan merek yang citranya lebih kuat, atau mungkin karena nama Sonata sedikit menyerempet dengan nama grup musik yang didirikan raja dangdut di Indonesia? Tapi baguslah Hyundai bisa mempertahankan Sonata selama 30 tahun. Selamat ulang tahun, Soneta… eh, Sonata.

Read Prev:
Read Next:
  • motorfreaks

    Ketahuan bang hilsat fans nya soneta

    Kutak tahu ku tak tak tak tak tak tak tak tahu tak

    • Hillarius Satrio

      pak hajiii

  • always35

    Mobil polisi beberapa armadanya pake sonata kok cmiiw

    • Hillarius Satrio

      iya, ada sonata pernah liat.. elantra juga ada di jkt di bandung..

    • bukannya elantra ya? soneta disini jadi taksi white horse

    • Rafi M. P.

      Iya, di Padang ada kok Sonata dijadiin mobil polisi selain Mazda6

  • ap88

    menteri pake sonata juga yah (RFS)?setau saya menteri pake crown,bukan sonata

    • jono sujono

      kalau yang sering ane lihat warna abu2 ( warna AL )…

      • ap88

        yah….ane juga sering liat tuh sonata warna abu2 Tni AL di terminal vip soetta airport

  • jono sujono

    kok bukan thomas brekele?

  • agogo

    Pernah naik taksi di Singapura kalo ga salah pake Sonata Juga… mobil yang nyaman..