Hyundai dan KIA Recall 1.48 Juta Unit Mobil Produksinya

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai dan KIA Recall 1.48 Juta Unit Mobil Produksinya
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu belakangan ini tersiar beberapa gelombang recall dari pabrikan – pabrikan di dunia. Mulai dari Subaru, Mitsubishi, Honda, bahkan Maserati, Lamborghini, serta BMW dan Mercedes Benz. Sebenarnya kita tak perlu bersentimen negatif terlebih dahulu jika mendengar kata recall, toh itu adalah salah satu langkah nyata pabrikan yang peduli dengan konsumennya, dan mau bertanggung jawab.

Nah, kabar terbaru juga muncul dari pabrikan dari negeri ginseng, Korea Selatan. Hyundai sebagai raksasa otomotif Korea Selatan juga turut masuk dalam daftar panjang pabrikan yang melakukan recall. Namun Hyundai tak hanya sendirian, KIA Motors yang juga kompatriotnya juga turut tertarik dalam masalah ini. Total ada 1,48 juta unit mobil produk mereka di kawasan Amerika serikat, Kanada, dan Korea Selatan. Recall ini dilakukan terkait isu adanya problem yang muncul di sektor mesin.

Mobil yang di-recall oleh pihak Hyundai adalah Hyundai Sonata, Hyundai Grandeur, dan juga Hyundai Santa Fe. Sedangkan dari sisi KIA, ada KIA K5, KIA K7 Optima, KIA Sorento, dan KIA Sportage. Sebanyak 1,19 juta unit mobil yang di-recall berada di dalam kawasan Amerika Serikat, dan 114,187 unit berada di kawasan Kanada. Sedangkan di Korea Selatan, sebanyak 171,348 unit kendaraan yang masuk ke daftar recall kedua raksasa otomotif Korea Selatan ini.

Recall besar – besaran ini terjadi akibat adanya masalah yang muncul di sektor mesin, dimana ada bearing di dalam mesin yang dapat aus secara prematur. Keausan tersebut akan berbuntut panjang, dimana akan terjadi kegagalan pada sektor mesin yang memungkinkan mobil mengalami kecelakaan. Pihak Hyundai dan KIA sendiri belum pernah merilis apakah sudah ada kecelakaan maupun korban jiwa dari masalah di sektor mesin milik produk mereka ini.

Pihak Hyundai dan KIA sendiri akan melakukan inspeksi pada setiap mobil yang masuk program recall tanpa dipungut biaya, seperti layaknya program recall di pabrikan lain. Mesin yang menjadi penyebab dilakukannya recall ini adalah mesin berkubikasi 2.000 cc dan 2.400 cc Theta 2 yang diproduksi sebelum bulan agustus tahun 2013. Program recall ini sendiri akan dimulai bulan depan, tepatnya pada 22 mei di Korea Selatan dan 25 mei di kawasan Amerika Serikat dan Kanada.

Jadi, tak ada produk yang sepenuhnya sempurna di dunia ini, pasti masih ada kekurangan di sana sini. Dan jika memang ada problem, maka anda sebagai pengguna pun perlu menyampaikan pada pihak pabrikan. Namun salut bagi Hyundai dan KIA yang mau memberikan recall walau jumlahnya terhitung masif. Jadi, bagaimana tanggapanmu kawan? Komen di bawah ya.

Read Prev:
Read Next: