Hyundai Santa Fe 2021 Sapa Indonesia, Lebih Berani dan Modern!

by  in Berita&Hyundai&Mobil Baru
Hyundai Santa Fe 2021 Sapa Indonesia, Lebih Berani dan Modern!
0  komentar

AutonetMagz.com – Keseriusan Hyundai di pasar Indonesia sudah terlihat sejak beberapa tahun kemarin. Perkenalan mobil-mobil baru seperti Hyundai Ioniq Electric, Hyundai Kona Electric dan Hyundai Palisade membawa nafas baru ke pasar otomotif Indonesia yang selama ini hanya ditawarkan pilihan-pilihan yang itu-itu saja. Bahkan Hyundai Staria saja sudah terendus mau masuk Indonesia lho.

Untungnya, Hyundai Indonesia tidak melupakan produk mereka yang sudah hadir lebih dulu di sini sebelum mereka mulai agresif. Setelah Tucson facelift, kini Hyundai memperkenalkan Hyundai Santa Fe facelift tahun 2021 ini dengan muka baru, teknologi baru, kenyamanan baru dan tetap mengandalkan pilihan mesin diesel dan bensin. Jadi, apa saja yang gres di SUV yang dinamai berdasarkan nama tempat di Amerika Serikat ini?

Wajah Baru

Hyundai Santa Fe sebelum facelift punya muka yang ganteng, namun versi barunya ini entah kesambet apa sehingga tampilannya tidak terlihat seperti facelift, malah hampir seperti ganti model. Gril barunya ini lebih melebar dengan lampu LED DRL baru membentuk huruf “T”. Lampu utama tetap berteknologi LED dengan desain bertumpuk seperti mobil-mobil modern keluaran terbaru, sementara di samping ada garis karakter yang lebih tegas.

Model yang ditampilkan dalam foto-foto resmi Hyundai Santa Fe 2021 spek Indonesia adalah model dengan pelek 18 inci. Sebenarnya pelek 18 inci itu tidak kecil, namun entah kenapa kelihatan kecil saat terpasang di Santa Fe ini. Mungkin harusnya naik jadi 19 inci baru kelihatan keren kali ya. Pada bagian belakang, perbedaan yang paling kelihatan hanya lampu belakang yang kini terhubung kiri-kanan berkat LED bar merah.

Interior Lebih Segar

Bagian dalam Hyundai Santa Fe 2021 kini dipercantik oleh panel instrumen full layar LCD yang desainnya bisa diganti-ganti tergantung mode berkendara. Pengemudi bisa memilih antara Smart, Eco, Comfort dan Sport dan desain instumen akan berubah sendirinya. Model tuas transmisi pun sudah ganti jadi tombol tekan, sama seperti di Palisade, Kona dan Ioniq. Awalnya memang tidak biasa karena biasanya kita menggeser persneling, tapi lama-lama juga terbiasa.

Untuk memberikan nuansa kabin yang lebih memanjakan penghuninya, kini Hyundai Santa Fe punya lampu interior alias ambient light dengan 64 warna pilihan yang bisa disesuaikan tergantung selera. Bagus juga, bahkan lampu interior BMW saja tidak sebanyak ini. Mobil ini tetap bisa menampung 7 orang, dan adanya panoramic sunroof yang besar memberikan kesan lega kala penutup kacanya dibuka penuh.

Mesin Bensin dan Diesel

Pilihan mesin Hyundai Santa Fe tetap sama, yakni bensin dan diesel. Mesin bensinnya berkapasitas 2.500 cc bertenaga 180 PS dan torsi 232 Nm, namun yang favorit adalah mesin turbo diesel 2.200 cc CRDi dengan kekuatan yang hebat, yakni tenaga 202 PS dan torsi 441 Nm. Itu adalah tenaga terbesar untuk SUV diesel di Indonesia di bawah 800 juta Rupiah. Versi bensin memakai transmisi otomatis torque converter 6 percepatan, sementara versi diesel pakai transmisi kopling ganda 8 percepatan.

Semua Santa Fe pakai penggerak roda depan, tidak ada pilihan AWD seperti Palisade. Fitur keselamatan aktif seperti rem otomatis, kamera titik buta, pencegah tabrakan belakang dan alarm anti potong lajur juga ada, tapi tak ada adaptive cruise control. Harga? Nah, Hyundai Santa Fe 2021 kini dijual seharga 569 juta hingga 678 juta Rupiah untuk yang versi bensin, sementara versi diesel dijual seharga 629 juta hingga 729 juta Rupiah. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: