Hyundai Palisade, Oppa-Oppa Gagah Sapa Indonesia!

by  in Berita&Hyundai&Mobil Baru
Hyundai Palisade, Oppa-Oppa Gagah Sapa Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk kaum berduit, memiliki SUV besar bisa jadi simbol gengsi, eksistensi dan kuasa. SUV besar seperti Toyota Land Cruiser, Jeep Wrangler, Lexus LX570 dan lain-lain bisa bikin pemilknya merasa punya kuasa karena ukurannya yang besar dan tinggi, seolah mendominasi jalanan. Nah, Hyundai juga ingin menjajal pasar SUV besar ini, mengingat citra merek mereka sedang naik berkat mobil listrik Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV.

Sekarang, Hyundai Palisade resmi dipasarkan di Indonesia sebagai SUV terbesar, termewah dan termegah dari Hyundai. Meski merek Korea, sejatinya Hyundai Palisade didesain dan dirancang berdasarkan selera pasar Amerika Utara. Nah, tahu sendiri kalau orang Amerika sangat suka yang besar-besar, pickup truck dan SUV-nya saja besar-besar kan. Lihat saja Ford Explorer, ukurannya lumayan besar.

Karena dibuat menurut selera Amerika, kami tadinya tak menyangka Hyundai Indonesia akan berani memasarkan Palisade di sini, tapi toh ternyata berani juga. Secara penampilan, Hyundai Palisade memakai LED DRL bermodel garis dan menganut tampilan modern, di mana lampu utama terletak agak bawah dan di atasnya dihiasi lampu kecil. Gril khas Hyundai tetap hadir, dan ukurannya besar. Untungnya karena mobil ini juga besar, gril besarnya jadi nampak proporsional.

Kalau penasaran sebesar apa mobil ini, simak angka-angkanya : Panjangnya 4.980 mm, lebarnya 1.975 mm, tingginya 1.750 mm dan wheelbase-nya 2.900 mm. Panjangnya saja sudah beda tipis sekali dengan Toyota Land Cruiser atau Lexus LX570 lho. Nah, berkat panjangnya itu, Hyundai Palisade bisa menyediakan ruang yang lega di dalamnya. Hyundai Palisade di Amerika ada versi 7-seater atau 8-seater, namun di Indonesia hanya tersedia versi 7-seater.

Konfigurasinya adalah 2 jok depan, 2 jok tengah berjenis captain seat dan 3 jok di baris ketiga. Penumpang Hyundai Palisade akan merasakan aura lega yang amat kental dikarenakan ukurannya yang memang besar dan kehadiran dual sunroof, bikin terkesan lega. Tidak hanya itu, kenyamanan juga ditunjang jok berpemanas dan berpendingin, jadi kalau habis dingin-dinginan di Puncak atau habis panas-panasan di tengah kota, kedua fitur ini bisa langsung dipakai.

Hyundai juga bangga sekali memamerkan lapisan kulit Nappa dan panel woodgrain di interiornya, dan sekilas melihat desain interior Hyundai Palisade memang bagus. Sayangnya, layar utama 8 inci di tengah terlihat kekecilan jika dibandingkan dengan betapa besarnya mobil ini. Fitur-fitur standarnya lumayan meski tidak ada yang breakthrough, sebut saja charger di setiap baris, wireless charging, AC triple zone, blind spot warning, cruise control, rear cross traffic warning dan smart power taligate.

Hyundai sendiri menekankan di beberapa fitur yang ramah keluarga, khususnya anak-anak. Ia punya rear occupant alert yang mengingatkan kita untuk memeriksa jok belakang saat keluar mobil jika sebelumnya kita sempat membuka pintu belakang untuk memuat penumpang atau barang. Ada pula Quiet Mode yang berguna saat perjalanan jauh dan semua penumpang tertidur, sehingga suara musik atau radio hanya akan keluar di sisi pengemudi di level 7 supaya pengemudi tetap bisa terhibur dan penumpang lain bisa tetap tidur.

Ada pula safe exit assist, di mana ia akan mendeteksi apakah ada kendaraan yang mau lewat atau tidak saat penumpang mau keluar sehingga terhindar dari insiden benturan karena bisa mencegah pintu terbuka sembarangan. Soal mesin, sejatinya Hyundai Palisade ini cukup medioker dalam hal angka. Ia memakai mesin turbo diesel 2.200 cc CRDi 4 silinder bertenaga 200 PS dan torsi 440 Nm, memakai penggerak roda depan dan transmisi otomatis 8 percepatan.

Berbagai drive mode seperti smart, eco, comfort dan sport juga tersedia, dan khusus varian AWD ada multi terrain control yang ada mode snow, mud dan sand. Harga Hyundai Palisade Indonesia mulai dari 777 juta Rupiah untuk varian Prime FWD, 888 juta Rupiah untuk varian Signature FWD dan 1,078 Miliar Rupiah untuk varian Signature AWD. Pemesanan Hyundai Palisade bisa dilakukan sekarang lho. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: