Preview Hyundai Kona : Penantang Baru Di Segmen Crossover!

by  in Berita&Hyundai&Merek Mobil
Preview Hyundai Kona : Penantang Baru Di Segmen Crossover!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang sudah beberapa kali kami kabarkan, pihak Hyundai Indonesia memang memiliki sebuah kejutan baru untuk pasar lokal Indonesia. Dan kejutan itu tak lain dan tak bukan adalah Hyundai Kona yang juga dikenal dengan nama Hyundai Kauai di beberapa negara lain. Pihak Hyundai Indonesia sendiri sudah mengundang tim redaksi AutonetMagz untuk turut serta menyaksikan sosok asli dari Hyundai Konda dalam sneak peek alias preview beberapa waktu silam. Seperti apa sosoknya? Yuk kita bahas.

Tentunya bagi kalian yang menggemari merk asal Korea Selatan ini, maka sosok Hyundai Kona bukanlah sosok yang asing karena sudah diluncurkan global pada tahun 2017 silam. Secara umum, gambaran dari mobil ini adalah funky, cocok kalau disandingkan dengan Nissan Juke dan Toyota C-HR yang juga mengusung konsep yang sama. Nah, sayangnya unit Hyundai Kona yang dipamerkan pihak Hyundai kali ini masih sekedar unit preview, sehingga belum fix bahwa unit dengan kelengkapan inilah yang bakal dijual di Indonesia. Alasan tersebut juga membuat kami tidak mendapatkan akses ke sisi dalam dari crossover milik Hyundai ini. But, it’s ok, kita bahas saja eksteriornya.

Dari sisi depan, tampang Hyundai Kona bak sebuah Hyundai Santa Fe mini yang lebih gaul. Tidak salah memang, namun faktanya malah sang kakak-lah yang meniru wajah dari Hyundai Kona. Model lampu bertingkat diberikan di sisi depan mobil ini dimana lampu di sisi atas yang sipit merupakan LED DRL dan juga lampu sein sedangkan lampu utama berbentuk proyektor dan lampu jauh diposisikan sedikit di bawah. Nah, mobil ini sendiri bisa dikatakan minim krom, karena krom hanya ada di logo Hyundai dan juga lis tipis di grille depannya. Masih membahas grille, bentuk grille dari mobil ini masih khas Hyundai kekinian, walaupun banyak grille palsu yang ternyata tidak bolong.

Sayangnya, Hyundai Kona di preview ini tidak menggunakan lampu kabut seperti versi luar negeri. Namun, wajah depan dari Hyundai Kona ini terlihat makin eksentrik namun funky dengan adanya aksen body cladding yang sudah painted dan bentuknya menyambung dari fender samping hingga ke sekitar lampu utamanya. Pidah ke samping, Hyundai Kona menggunakan velg yang berwarna silver, masih single tone, namun ukurannya sudah 17 inci. Selain itu, ada side body moulding dengan aksen silver di pintu sampingnya, dan spion sudah dilabur warna hitam dengan lampu sein LED mungil di sisi paling luar spion.

Roof rail diberikan di Hyundai Kona ini dengan laburan warna hitam doff, dan jika kita melihat pilar C mobil ini, kita akan teringat CUV merk tetangga yang disebut netijen overprice itu. Detail lain di sisi samping mobil ini yang tak kalah menarik adalah penggunaan cakram di keempat roda, walaupun yang sudah ventilated hanya di sisi depan. Pindah ke belakang, menurut kami bagian ini desainnya bakal menimbulkan love & hate. Bagian lampu belakangnya sama seperti lampu depannya, yaitu dibuat bertingkat. Sisi atas lampunya berbentuk sipit nan cantik dengan LED bar di sisi dalam, sedangkan lampu sein, dan lampu mundur diposisikan sedikit ke bawah. Sisi lampu bagian bawah ini juga dibuat menyambung dengan aksen body cladding dari fender belakangnya, persis seperti sisi depannya.

Di bagian belakang, Hyundai Kona terlihat mendapatkan rear spoiler dengan bentuk yang sporty dengan side support-nya, dan ada krom tipis di atas plat nomor mobil ini. Bumper beakangnya cenderung sporty dengan penggunaan warna silver dan abu – abu, serta sudah ada sensor parkir dan kamera mundur di mobil ini. Overall, Hyundai Kona bisa menjadi sebuah rival baru untuk segmen CUV di pasar Indonesia dengan bentuk yang funky nan sporty. Honda HR-V, Chevy Trax, Nissan Juke, Mazda CX-3 dan Toyota C-HR harus memberikan perhatian khusus pada mobil ini, utamanya karena mobil ini bakal dirilis resmi di IIMS 2019 mendatang.

Untuk urusan mesin, fitur, dan harga dari Hyundai Kona sendiri masih disimpan rapat pihak Hyundai Indonesia. Namun di luaran sana Hyundai Kona memiliki beberapa opsi mesin, seperti mesin 1.000cc Kappa Turbo 120 PS, lalu mesin 2.000cc Nu MPI 149 PS, mesin 1.600cc Gamma Turbo 177 PS, dan juga mesin 1.600cc Turbodiesel 136 PS. Nah, kira – kira varian mesin mana yang menurut kalian paling pas untuk pasar Indonesia? Dan kira – kira harga berapa yang paling cocok untuk Hyundai Kona? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Tonton videonya dibawah artikel buat tahu lebih detail dari Hyundai Kona Indonesia ini, dan berikut ini adalah komentar dari warganet di instagram AutonetMagz.

Read Prev:
Read Next: