Beda Dengan Mercy, BMW Tetap Jual Mesin V12 Hingga 2023

by  in Berita&BMW&International
Beda Dengan Mercy, BMW Tetap Jual Mesin V12 Hingga 2023
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu telah beredar kabar bahwa pihak Mercedes-Benz bakal menyudahi penjualan dari varian mesin V12 mereka dengan peluncuran Mercedes-AMG S65 yang menggunakan mesin 6.000cc V12. Nah, rival abadi mereka yaitu BMW sejatinya juga memiliki varian mesin yang sama, namun kebijakan yang diambil oleh kedua pabrikan asal jerman ini berbeda. Jika Mercy menyudahi produksi mesin V12, pihak BMW masih akan memproduksi mesin ini.

Mengutip dari Top Gear, Head of Powertrain BMW yaitu Michael Bayer memastikan bahwa mesin V12 masih akan digunakan di BMW 7 Series terbaru hingga generasi ini dihentikan penjualannya pada tahun 2023. Jadi, di versi facelift dari BMW 7 Series, mesin 6.600cc V12 Twin Turbo berkode N74B66 masih akan digunakan di BMW M760Li xDrive terbaru. Mesin ini sendiri mengeluarkan tenaga maksimal di angka 585 PS dan torsi ajib di angka 850 Nm. Walaupun mobil ini besar dan panjang serta tentunya berat, namun dengan dapur pacu 12 silindernya mobil ini mampu berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik saja.

Capaian akselerasi yang fantastis untuk sebuah mobil bongsor tersebut dapat dicapai berkat adanya tuning ulang dari mesin ini. Tuning yang dilakukan di mesin BMW M760Li xDrive ini sendiri membuat tenaga maksimal dari sedan full size ini turun, karena sebelumnya tenaga maksimal mobil ini ada di angka 610 PS. Namun torsinya naik 50 Nm yang tentunya memiliki efek positif dalam hal akselerasi. Nah, tentunya perkara akselerasi dan torsi bukanlah alasan utama dari pihak BMW untuk mempertahankan varian mesin V12 tersebut. Alasan utamanya lebih kepada konsumen dari segmen ini.

Ternyata, konsumen dari varian V12 untuk BMW 7 Series ini masih cukup tinggi, utamanya di pasar Amerika Serikat, China dan juga Timur Tengah. Sederhananya, varian V12 dari BMW 7 Series merupakan produk yang populer di negara – negara tersebut, dan membuat para konsumen berdompet tebal tidak segan untuk menebus varian yang lebih powerful dibandingkan dengan varian lainnya. Nah, dengan segera pensiunnya mesin V12 dari Mercy, maka jelas BMW M760Li xDrive bakal kehilangan kompetitor setaranya, apalagi pesaing lain seperti Audi sudah cukup lama memusiumkan mesin V12, pun begitu dengan Lexus.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: