Hyundai i30 Fastback Hadir, Nostalgia Fastback Korea

by  in Hyundai&International
Hyundai i30 Fastback Hadir, Nostalgia Fastback Korea
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru kali ini Hyundai kedapatan memiliki varian fastback, padahal jarang kontestan Korea mau terjun ke kategori yang “abu-abu” ini. Terakhir, kalau ingat di sekitar tahun 2008-an (CMIIW), kita kedatangan Hyundai Grand Avega, sedan berpintu hatchback. Kali ini i30 alias Elantra yang mendapatkan desain dengan atap yang landai dan pilar C yang cukup tebal. Dengan konfigurasi 5 pintu, apa saja kelengkapan dari i30 Fastback ini? 

Menyusul varian yang telah ada sebelumnya, yakni hatchback 5 pintu dan Tourer, i30 Fastback ini bukanlah sekedar copycat dari kedua varian sebelumnya. Hyundai mengurangi tinggi bonnet-nya dan air intake berbentuk horizontal turut disematkan di bagian bawah. Hyundai meyakini kalau versi fastback ini harus jadi sporty.

Selanjutnya, DRL turut serta ditemani dengan lampu utama, dihiasi bezel berwarna hitam. Pembeda dengan i30 berbentuk 5-door hatchback adalah atapnya yang lebih rendah 2,5 cm dan hal ini berdampak pada aerodinamika yang turut membaik. Opsi yang diberikan di Eropa nantinya adalah 12 pilihan warna eksterior dan 3 warna interior.

Lalu Hyundai diam – diam juga membuat suspensi mobil ini lebih kaku 15% dan lebih driver oriented. Fitur – fitur keselamatan yang diusungnya juga lumayan, mulai dari Autonomous Emergency Braking, Driver Attention Alert, High Beam Assist dan Lane Keeping Assist, Advanced Smart Cruise Control, Rear-Cross Traffic Alert dan Speed Limit Information Function.

Untuk mesinnya, i30 menggunakan 2 pilihan mesin bensin ber-turbocharged 1.4 T-GDI 4 silinder bertenaga 140 PS dan 1.0 T-GDI 3 silinder bertenaga 120 PS. Pilihan transmisi adalah 6 percepatan manual dan 7 percepatan automatic yang dilengkapi kopling ganda.

Ke depannya, Hyundai juga akan melengkapi i30 dengan mesin 1.600 cc diesel plus turbocharger bertenaga 110 PS maupun 136 PS. Tenaga kecil? Tenang, mesin diesel kan jagonya di torsinya yang 300 Nm, bukan tenaga. Mobil ini nantinya akan dijual di Eropa pada akhir 2017, kira – kira kapan ya mobil ini masuk Indonesia? Apakah akan menjadi saingan berat untuk Civic Turbo?

Read Prev:
Read Next: