7 Kelengkapan Penting Yang Harus Dimiliki Mobil Masa Kini

by  in Advertorial&Serba 7&Tips
7 Kelengkapan Penting Yang Harus Dimiliki Mobil Masa Kini
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Tahun 2017 ini kita banyak sekali dihadapkan pada kejadian – kejadian yang bisa dikatakan tak enak didengar terkait dengan urusan berkendara. Mulai maraknya pencurian kendaraan bermotor, hingga penjambretan bersenjata api dan juga kasus kriminal lain di sana sini. Tentunya hal – hal tersebut sebisa mungkin jangan sampai menghampiri kita sebagai pengguna kendaraan bermotor.

Nah, dengan adanya kondisi – kondisi tersebut, sebenarnya ada kok hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi dan juga memagari diri kita dan juga keluarga yang kita bawa dalam kendaraan. Sebuah mobil di tahun 2017 ini seharusnya memiliki sejumlah kelengkapan standar yang menurut kami haram hukumnya jika tak disediakan oleh para pabrikan, atau sang pemilik kendaraan tersebut. Mengapa? Karena saat ini kebutuhan mobilitas yang tinggi pun menuntut mobil menjadi salah satu tempat singgah sementara di tengah kemacetan perkotaan.

Dan tentu selayaknyalah kita melengkapi mobil kita dengan kelengkapan – kelengkapan yang mampu menjaga kita dari mara bahaya yang siap mengintai kita di perjalanan. Redaksi AutonetMagz telah menghimpun 7 Kelengkapan Penting yang harus dimiliki mobil masa kini, dan berikut adalah kelengkapan – kelengkapan tersebut.

1. Airbags

Ya, airbags adalah sebuah kelengkapan yang wajib bagi sebuah mobil, dan kalau anda memiliki mobil tanpa airbags, mungkin anda harus mulai berpikir untuk melegonya dan menggantinya dengan produk yang sudah memiliki kantong udara ini. Seberapa penting sih airbags? Sangat penting tentunya, jika terjadi sebuah tabrakan dengan kendaraan di depan atau samping anda, airbagslah yang berperan aktif melindungi bagian tubuh anda dari dashboard dan bagian mobil lainnya. Mobil – mobil standar saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan dual airbags, dan hal tersebut tentu adalah standar minimal, karena dua kantung udara tersebut hanya akan melindungi bagian anda di bagian depan saja. Mobil dengan empat atau enam airbags adalah mobil yang ideal dimana hampir semua sisi dari pengendara akan dilindungi oleh airbags.

2. Antilock Braking System (ABS)

Komponen ini sebenarnya sudah jamak sekali dikenal oleh para pemilik kendaraan, namun mungkin tak semuanya tahu apa kegunaaan utama dan efek dari Antilock Braking System (ABS). Sistem ABS sendiri merupakan sistem yang mencegah terjadinya penguncian ban akibat adanya pengereman. Mobil – mobil tanpa ABS tentu akan mengunci rodanya saat terjadi pengereman, sehingga pengemudi hanya akan memperlambat laju kendaraan tanpa bisa menghindari obyek yang membuatnya melakukan pengereman. Sedangkan di sisi lain, jika sebuah mobil memiliki ABS, maka disaat bersamaan dengan pengereman, pengendara masih mampu membelokkan ban mobil sehingga bisa menghindari obyek di depan mobil.

3. Jok ISOFIX

Beberapa tahun belakangan ini jok dengan sambungan ISOFIX mulai menjadi tren dan dikenal oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang memiliki anak kecil dan ingin membeli mobil. Jok dengan sambungan ISOFIX sendiri merupakan sebuah kelengkapan yang cukup penting, dimana jok bersambungan ISOFIX sudah memiliki standar khusus sehingga aman jika disambungkan dengan child seat. Penggunaan jok dengan ISOFIX sendiri akan meminimalkan lepasnya child seat dari sambungan jika keadaan terburuk seperti tabrakan terjadi.

4. Asuransi Kendaraan Bermotor

Beberapa pihak menganggap sebuah asuransi kendaraan bermotor itu membuang – buang uang, namun jelas hal tersebut adalah sebuah kesalahan. Asuransi Kendaraan bermotor adalah salah satu perlindungan yang akan menjamin kendaraan anda ditanggung kerusakan ataupun kehilangannya berdasarkan jenis asuransi yang anda ambil. Secara umum, Asuransi Kendaraan bermotor adalah jaminan yang akan membuat anda merasa tenang jika seumpama hal terburuk terjadi. Pemilihan pihak penyedia Asuransi cukup berpengaruh pada kinerja Asuransi itu sendiri, sehingga lebih baik anda memilih penyedia Asuransi yang memiliki kapabilitas yang baik serta tentunya mudah untuk dijangkau. Salah satu pihak penyedia Asuransi yang mudah dijangkau adalah AXA Mandiri yang kini menyediakan fasilitas online untuk pembelian Asuransi dan memiliki aplikasi untuk pengajuan klaim.. Dengan begitu, Anda memiliki kemudahan untuk memberli asuransi dan mengaksesnya dimanapun anda berada.

5. Kotak P3K

Mungkin sebagian dari anda berpikir, untuk apa membawa kotak P3K di dalam mobil? Toh tak diperlukan setiap hari? Mungkin pendapat anda benar, namun jika diperlukan, kotak P3K akan sangat berguna. Terlebih pada kondisi – kondisi darurat dimana terjadi tabrakan ataupun anda terluka, maka kotak P3K yang anda posisikan di dalam mobil bisa dengan mudah diakses. Perlengkapan – perlengkapan medis dan obat standar macam obat merah dan juga plester dan antiseptik tentunya menjadi sebuah penolong yang diperlukan pada saat diperlukan.

6. Dashcam

Beberapa pihak mungkin mengira bahwa dashcam adalah alat yang sepertinya tak perlu – perlu amat di dalam sebuah kendaraan, ya setidaknya di Indonesia ini. Namun hal ini tak sepenuhnya benar, karena dashcam memiliki sebuah kegunaan tersendiri. Dashcam atau kamera yang diletakkan di dashboard mobil akan bisa merekam kejadian – kejadian yang terjadi selama kita berkendara. Pada saat dibutuhkan, dashcam akan mampu merekam kejadian – kejadian yang akan menjadi bukti otentik, seperti tabrakan ataupun curanmor. Secara singkat, dashcam bisa menjadi CCTV-nya mobil, sehingga kemanapun mobil melaju, dashcam akan merekam.

7. SmartKey

Ya, mungkin banyak dari anda yang sudah tahu apa kegunaan kunci ini, smartkey memiliki keunggulan dalam hal akses ke dalam mobil, anda tak perlu membuka mobil dengan anak kunci, dan hanya perlu menyimpannya di kantong anda. Hal ini tentunya cukup berguna, dimana kebanyakan smartkey sudah dilengkapi pula dengan immobilizer yang tentunya akan membuat para maling curanmor akan geleng – geleng kepala dan berpikir berkali – kali untuk membobolnya. Kehadiran smartkey sendiri selain menjaga kendaraan anda supaya susah dibobol juga memberikan kenyamanan dan juga gaya tersendiri.

Itulah ketujuh kelengkapan yang harusnya dimiliki mobil – mobil masa kini, ya setidaknya di 2017 ini. Tentunya yang terutama, anda tetap perlu berdoa dulu kepada Sang Maha Kuasa supaya melindungi kita semua saat berkendara dan selamat sampai tujuan. Diluar itu, faktor fisik dan mental pengemudi pun perlu kita perhatikan. Sekian beberapa hal yang bisa Redaksi AutonetMagz bagikan, semoga selalu selamat dalam perjalanan, karena Keluarga anda menanti di Rumah.

Read Prev:
Read Next: