Hyundai i30 N Tidak Tertarik Jadi Mobil FWD Tercepat di Nurburging

by  in Hyundai&International
Hyundai i30 N Tidak Tertarik Jadi Mobil FWD Tercepat di Nurburging
0  komentar

AutonetMagz.com – Nyaris semua pabrikan mobil menguji mobil tesnya di Nurburgring sebelum dapat dirilis ke publik, tentunya untuk menguji performa dan daya tahannya. Syukur-syukur dapat gelar bergengsi di Nurburgring, semisal Porsche 918 Spyder yang meraih waktu tercepat untuk mobil road-legal, yakni 6 menit 57 detik. FYI, bisa menuntaskan Nurburging dalam waktu 7 menitan saja sudah luar biasa lho, apalagi jika bisa di bawah itu.

Tapi mari turun sedikit ke kelas hot hatchback. Ada Honda Civic Type R yang pernah menjadi mobil FWD tercepat di Nurburgring dengan catatan waktu 7 menit 50 detik, dan kemudian gelar itu diambil alih lagi oleh VW Golf GTI Clubsport. Sementara Honda dan VW saling senggol bacok di Nurburgring, ada yang tetap mengerjakan urusannya sembari makan popcorn dan menikmati cangcimen dari asongan sembari menikmati persaingan Honda-VW, yakni Hyundai.

hyundai-rn30-concept-rear

Bukan rahasia lagi jika Hyundai i30 N tengah diracik sebagai awal mula karya divisi performa tinggi, Hyundai N. Sama-sama dibangun di Nurburgring, tapi mereka tidak tertarik memecahkan rekor mobil FWD tecepat di Nurburgring. Mereka akan asyik saja melihat pabrikan lain memperebutkan gelar itu, sementara Hyundai N hanya fokus untuk pengalaman berkendaranya, bukan performanya. Begitu kata CEO Hyundai UK, Tony Whitehorn kepada Autocar.

Itu harus jadi halo car kami. Merek kami sudah berubah dari merek terjangkau ke merek mainstream. Sekarang, yang kami butuhkan adalah menambahkan kepribadian di sini. Hyundai N adalah langkah yang cocok, dan kami rasa sekaranglah waktu yang tepat untuk mulai melancarkannya,” katanya. Konsep dari hot hatch Hyundai i30 N sudah di-preview via Hyundai RN30 Concept.

hyundai-rn30-concept-interior

Tampilan konsep Hyundai RN30 memang sangat merujuk kepada mobil reli, namun nanti ia akan mengusung mesin 2.000 cc 4 silinder turbo dengan tenaga kira-kira 260 hp, semuanya ke roda depan via transmisi manual 6 percepatan. Kecil? Iya, kalau dibandingkan dengan Honda Civic Type R atau VW Golf GTI, tapi Hyundai sendiri yang bilang performa bukan fokusnya. Jika jajaran model harus diperluas, bukan mustahil nanti ada Hyundai i30 N dengan tenaga lebih besar dan AWD. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: