Honda Civic 1.500 cc VTEC Turbo Bakal Lebih Tinggi Kastanya Daripada 2.000 cc VTEC Non-Turbo

Honda Civic 1.500 cc VTEC Turbo Bakal Lebih Tinggi Kastanya Daripada 2.000 cc VTEC Non-Turbo
0  komentar
Honda-Civic-Concept

AutonetMagz.com – Sudah wajar kalau di Indonesia kita mendapat mobil yang lebih mahal dengan kapasitas mesin yang lebih besar, tapi mulai besok sepertinya pola pikir seperti itu harus sedikit digeser. Nanti, kalau Civic baru sudah keluar, anda jangan kaget kalau harga Civic yang 1.500 cc turbo bakal lebih mahal daripada yang 2.000 cc tanpa turbo, apalagi sampai protes seperti : “Apaan nih, harga mahal kok cc-nya cuma 1.500?” Rasanya ingin sekali memberikan kultum (kuliah tujuh millenium) pada orang yang ngotot dengan argumen seperti itu.

Honda baru saja mengabari kalau untuk Civic generasi baru akan diperkaya dengan 2 pilihan mesin, yakni 1.500 cc VTEC Turbo dan 2.000 cc VTEC non-turbo. Merek berlogo H ini juga menyampaikan kalau yang 2.000 cc akan jadi mesin untuk varian base alias dasar, sementara yang 1.500 cc turbo akan ditempatkan di kasta yang lebih tinggi dengan fitur yang lebih lengkap.

Honda_Civic_2014_facelift_tampak_belakang

Sebagai referensi, mesin Civic 2.000 cc sekarang menghasilkan 155 PS dan 190 Nm, dan itu sudah output yang hampir maksimum untuk sebuah mesin 2.000 cc biasa yang tujuannya untuk penggunaan harian. Jika masih mengedepankan efisiensi BBM dan daily use, kami tak akan mengharapkan peningkatan signifikan pada mesin 2.000 cc pada Civic baru. Naik 3 hp dan 3 Nm saja menurut kami sudah bagus.

Yang menarik justru versi 1.500 cc turbonya. Mesin VTEC turbo yang sama dengan Honda Jade RS dan StepWGN baru ini diklaim bisa menghasilkan 150 PS dan 260 Nm. Jelas sekali, yang dijual oleh mesin turbo ini adalah torsinya yang jauh lebih besar daripada versi 2.000 cc, jadi akselerasi bakal lebih baik dan (harapannya) bisa memperirit konsumsi BBM. Transmisi CVT dan manual 6 percepatan adalah pilihan bagi calon pemilik Civic baru nanti.

Honda-Civic-Hatchback-Concept-belakang

Bagaimana menurut anda, para konsumen di Indonesia? Nanti kalau Civic baru sudah dijual di Indonesia, mungkin varian termahal bukanlah varian dengan mesin terbesar, melainkan varian dengan mesin tercanggih, seperti layaknya Ford Fiesta 1.000 cc EcoBoost yang dibanderol paling mahal dibanding Fiesta lain karena kecanggihan teknologi mesinnya, bukan karena ukuran mesinnya.

Mana yang bakal kamu pilih, Civic 1.500 cc VTEC Turbo atau 2.000 cc VTEC Non-Turbo? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: