Hyundai Group Resmi Patenkan Pilar A Anti Blind Spot

by  in Hi-Tech&Hyundai
Hyundai Group Resmi Patenkan Pilar A Anti Blind Spot
0  komentar

Autonetmagz.com – Bagi kalian yang sering sekali berkendara dengan mobil, pasti pernah merasakan sebuah gangguan yang dapat membahayakan keselamatan kita maupun orang lain. Gangguan tersebut biasa kita namakan sebagai blind spotYup, ini adalah salah satu musuh terbesar bagi para pengendara mobil maupun orang-orang di sekitar kita. Penglihatan adalah aspek terpenting dalam berkendara, jika terhalang sesuatu sekecil apapun, hal itu berpotensi untuk mengancam keselamatan kita.

Terlebih dengan banyaknya pilar dan spion yang kurang luas jangkauan penglihatannya, membuat para pengendara mobil sering terkena blind spot. Tak jarang di Jakarta bahkan dunia saja, kita sering melihat insiden di mana saat ada mobil berbelok, pengendaranya tidak melihat ada objek yang terkena blind spot hingga tabrakan pun tak dapat dihindari. Ini membuktikan kalau blind spot adalah pengancam keselamatan kita dan orang-orang di sekitar mobil kita.

Salah satu dari penyebab terbesar adanya blind spot adalah pilar-pilar yang ada pada mobil anda. Dalam kasus ini, pilar A yang berada di sisi depan kanan dan kiri pandangan anda adalah penyumbang besarnya tingkat blind spot sebuah mobil. Bahkan masih banyak model mobil di Indonesia yang pilar A-nya sangat besar sehingga tingkat blind spot semakin tinggi. Jujur, apakah anda pernah terlibat atau nyaris terjebak insiden karena blind spot dari pilar A tersebut? Kalau terjebak nostalgia itu urusan yang lain. Namun kini, pabrikan asal Korea Selatan telah resmi mematenkan teknologi yang mengatasi permasalahan tersebut.

Bukan, bukan buat yang terjebak nostalgia, tapi ini teknologi untuk mengatasi blind spot pada pilar A. Adalah Hyundai dan Kia, manufaktur mobil yang menciptakan teknologi ‘Pillar A Display System.‘ Sesuai dengan namanya, teknologi ini memungkinkan anda untuk melihat objek apa yang terdapat di balik pilar A yang menghalangi tersebut. Oke memang Kia dan Hyundai bukanlah manufaktur roda empat pertama yang mematenkan teknologi ini, sebelumnya ada Jaguar, Land Rover, dan Toyota. Namun ini adalah langkah besar bagi dunia otomotif asal negeri ginseng tersebut, tak ada salahnya jika mereka ‘telat’ mengeluarkan fitur ini. Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Dengan menggunakan alat untuk memindai objek yang ada di blind spot pilar A luar, sistem akan memproses apa yang ditangkap oleh alat tersebut dan selanjutnya ditampilkan pada semacam layar interior pilar A mobil besutan grup Hyundai Motor Company (HMC). Cara kerjanya masih persis dengan Toyota maupun Jaguar dan Land Rover. Mungkin akan dikembangkan lagi kedepannya? Oh iya, Pillar A Display System ini juga dapat di atur sesuai dengan posisi mata pengemudi dan juga alat pemindainya memiliki pengaturan fokus. Jadi, say bye to another blind spot!

Sebenarnya, pihak HMC telah mengajukan paten teknologi ini pada 17 Oktober tahun lalu, namun pada 11 Oktober tahun ini United States Copyright Office menerbitkan paten tersebut. Jadi secara tidak resmi, sebenarnya HMC telah menyelesaikan pengembangan anti blind spot pilar A tersebut pada 2017. Sayangnya memang baru setahun kemudia patennya diresmikan.

Jadi bagaimana menurutmu paten terbaru dari Hyundai dan Kia yang tergabung dalam satu grup ini? Kirimkan pendapat kalian mengenai hal tersebut pada kolom Disqus yang terdapat di bawah. Kami berharap teknologi ini bisa dimasukkan ke dalam mobil produksi dan dipasarkan di Tanah Air kita secepat mungkin.

Read Prev:
Read Next: