Hyundai Elantra Sport Berniat Saingi Honda Civic Si Dengan Mesin 1.6 L Turbo

Hyundai Elantra Sport Berniat Saingi Honda Civic Si Dengan Mesin 1.6 L Turbo
0  komentar
Hyundai-Elantra-tahun-2015

AutonetMagz.com – Honda Civic Si adalah Civic yang dibuat lebih sport dari sisi tampilan, interior, mesin dan kaki-kaki yang dibuat khusus untuk pasar Amerika Serikat dan sekitarnya, karena di sana tidak ada yang namanya Civic Type R. Jangankan Civic Type R, NSX-R, Accord Euro R dan Integra Type R saja mereka tidak dapat. Selama ini, Civic Si mendapat perlawanan dari VW Jetta GLI dan Ford Focus ST, tapi sepertinya besok ia akan kedatangan rival baru.

Rival ini berasal dari merek negara tetangga, Hyundai. Untuk bersaing dengan Civic biasa, mereka punya Elantra dengan mesin 2.000 cc 4 silinder tanpa turbo bertenaga 147 hp, tapi untuk menyaingi Civic Si, mereka sekarang tidak punya apa-apa. Maka dari itu, Hyundai mau lebih serius dengan meracik Elantra Sport. Sportnya sendiri bukan sport tipu atau Rada Sporty, melainkan sporty sungguhan karena nyaris semua sektor dapat ubahan.

Mesin New Hyundai Elantra Facelift
Soal penampilan eksterior dan interior, jelas harus lebih sporty biar tidak kalah keren dibandingkan dengan Civic Si, tapi bagaimana dengan mesinnya? Well, Hyundai diprediksi akan memasang mesin 1.600 cc 4 silinder turbo bertenaga 200 hp, alias mirip dengan KIA Pro Cee’d GT di Eropa. Selain mesin, suspensi akan dibuat sedemikian rupa supaya pengendalian Elantra Sport tidak malu-maluin kala diajak bermanuver.
Pilihan transmisinya tak kalah menarik.

Menurut Leftlanenews, bakal ditawarkan versi kopling ganda atau manual 6 percepatan. Selain versi sedannya, versi hatchback dari Elantra Sport pun bukan hal yang mustahil, tapi Hyundai mau lihat dulu bagaimana hasilnya jika merilis Elantra Sport sedan di pasar Amerika Serikat. Baru kalau hasilnya menjanjikan, versi hatchback menyusul. Sekiranya sudah muncul, ia akan berhadapan dengan Ford Focus ST dulu.

hyundai-elantra-gt-belakang
Beberapa laporan menyebutkan, debut perdana dari Elantra Sport akan diagendakan pada gelaran SEMA 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat, tepatnya pada tanggal 1 November 2016. Tidak mudah melawan Honda Civic Si, tapi melihat perkembangan Hyundai global sekarang, rasanya Honda harus menganggap mereka sebagai lawan yang sepadan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: