Hyundai Baru Ini Canggih di Luar, Mewah di Dalam!

Hyundai Baru Ini Canggih di Luar, Mewah di Dalam!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika diminta menyebutkan mobil keluarga dari merek Korea, ada beberapa model seperti KIA Carnival, KIA Grand Sedona, Hyundai Trajet dan Hyundai H-1. Seiring dengan perubahan besar yang terjadi di dunia otomotif, merek Korea memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan kembali diri mereka sebagai pihak yang akan mewujudkan masa depan, mulai dari teknologi mobil listrik dan telekomunikasi antar kendaraan.

Selain dari teknologi, penampilan produk juga penting karena bisa merepresentasikan apa arah desain merek tersebut. Nah, melalui mobil baru Hyundai Staria, Hyundai ingin memperlihatkan kalau departemen desain mereka bisa membuat mobil keluarga yang biasanya bentuknya selalu itu-itu saja jadi lebih keren dan berkesan kalau dilihat, bahkan tidak kalah dengan SUV atau sedan. Seperti apa sih Hyundai Staria baru ini?

Bentuk Futuristik

Sebenarnya bentuk dasar Hyundai Staria ini sederhana saja, kotak. Pintarnya, ada elemen-elemen desain yang membuatnya terlihat futuristik namun relatif simpel, tidak neko-neko. Sebut saja hidung yang landai dari ujung depan mobil hingga kaca depan, macam Daihatsu Zebra atau Espass. Ia juga punya lampu LED yang lebar di depan, sementara lampu utamanya ada di bawah dan menyatu dengan grilnya yang kotak dan lebar.

Jendela samping Hyundai Staria memiliki dimensi yang lebih besar daripada mobil kebanyakan. Selain memberikan identitas, ini juga memberikan kesan lega yang lebih paripurna kepada siapa pun yang menjadi penumpang Staria. Hyundai juga memberikan desain pelek unik untuk Staria, dan tentu saja MPV sebesar ini tak akan lengkap tanpa pintu geser otomatis. Sedikit info, Hyundai sebenarnya menyebut Staria ini sebagai Purpose Built Vehicle (PBV). Terseraaah…

Bagian belakang Hyundai Staria sangat rata, dan lagi-lagi ia punya kaca jendela yang besar di kaca belakang. Lampu belakang Staria tinggi dan tegak, terlebih ia memakai desain “Paremetric Pixel” yang serupa dengan mobil listrik terbaru Hyundai, yakni Ioniq 5. Pada varian Staria Premium, eksteriornya diperindah dengan imbuhan brass chrome pada bagian-bagian kecil seperti logo, emblem dan bezel lampu depan.

Interior Mewah dan Super Lega

Dibandingkan dengan MPV Hyundai H-1 misalnya, interior Hyundai Staria benar-benar jauh dari kesan standar. Coba saja simak instrumen dengan layar besar 10,25 inci, layar sentuh tengah yang besar dan tombol transmisi yang mirip dengan Palisade atau Santa Fe facelift. Panel AC juga model sentuh dan bukan tekan, setir juga memakai common parts dengan Hyundai lain seperti Elantra, namun tetap terlihat mewah dan elegan.

Hyundai Staria tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas, mulai dari 2 orang hingga 11 orang. Seperti beberapa mobil mewah, Hyundai memberikan Staria penerangan interior berupa lampu kabin yang bisa dipilih hingga 64 warna berbeda. Dibuat dari bahan kulit dan material empuk lain, Staria ditawarkan dalam pilihan warna kabin dari kombinasi coklat-abu-abu, abu-abu gelap-abu-abu terang, hitam, hitam-biru atau hitam-gading.

Pada tipe Staria Premium dengan 7 tempat duduk dengan formasi 2-2-3, jok tengah bisa benar-benar rebah ala jok Ottoman di sedan pejabat. Semua pergerakan maju-mundur dan rebah-tegaknya sudah elektrik, dan Hyundai menyebut jok ini sebagai “Premium Relaxation Seats”. Selain 7 tempat duduk, ada juga versi 9 tempat duduk dengan formasi 2-2-2-3 di mana jok baris keduanya bisa berputar menghadap depan atau belakang sesuai kebutuhan.

Mesin Diesel atau Bensin

Hyundai Staria akan ditawarkan dalam 2 pilihan mesin. Pilihan pertama adalah mesin 2.200 cc 4 silinder turbo diesel dengan VGT yang populer di Indonesia. Mesin ini menghasilkan 174 hp dan 431 Nm, dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 8 percepatan. Pilihan mesin lain adalah mesin bensin 3.500 cc MPI dengan 268 hp dan 331 Nm, dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Hyundai akan segera menjual Staria pada semester kedua tahun 2021 di beberapa negara di Asia dan Australia. Ke depannya, Hyundai akan memperkenalkan varian lain dari Staria untuk memenuhi macam-macam kebutuhan seperti mobil camping, mobil ambulans atau mobil limosin untuk menjemput konsumen berkantong tebal, bahkan Staria yang lebih ramah lingkungan sedang mereka garap. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: