Teaser Renault Alpine A120, Akan Menampakkan Diri 16 Februari

Teaser Renault Alpine A120, Akan Menampakkan Diri 16 Februari
0  komentar
teaser-renault-alpine-a120

AutonetMagz.com – Mungkin kalau saya tidak terlalu gandrung dengan game Colin Mcrae dan game Dirt yang menjadi penerusnya, Alpine akan terdengar asing di telinga saya. Yup Alpine adalah sebuah sportscar legendaris kebanggaan Perancis dengan track record rally yang panjang. Namun tidak hanya prestasi rally saja yang besar, daya tarik dari segi desainnya yang begitu sleek membuat saya terhipnotis.

Pada tahun 1973, Renault akhirnya membeli perusahaan produsen sportscar ini, Renault pun berkali-kali meningkatkan kemampuan Alpine dan memberikan pengganti Alpine di tahun 1980. Model ini bernama Alpine A310 atau biasa disebut Alpine GTA, secara desain juga cantik walau magnetnya tidak sekuat Alpine A110, dengan konfigurasi mesin V6 di belakang dan model fastback. Sayang penjualannya tidak terlalu sukses dan akhirnya Alpine bertransformasi menjadi RenaultSport yang kita kenal sekarang.

Alpine-Celebration-Concept-side

Kini Renault mencoba mengangkat kembali memori tentang Renault Alpine A110 yang cukup membanggakan, model ini disebutkan bernama Alpine A120 dengan model desain retro ala Alpine A110. Renault sendiri sudah memberikan teaser bergambarkan pegunungan Alpine melalui Twitter untuk memperkenalkan kembali Alpine pada publik. Model ini akan dirilis tanggal 16 Februari bertepatan dengan debut Geneva Motor Show.

Model Alpine A120 diyakini akan mirip dengan Alpine Celebration Concept yang pernah diperlihatkan tahun kemarin. Versi produksinya pun pernah bocor dan sempat kita ulas sedikit. Menariknya adalah sportscar ini menggunakan jantung mekanis 1.8-liter turbocharger 4-silinder yang berbasis mesin Renault Clio RS. Estimasi tenaga yang diraih adalah 300 hp dan ditransfer ke roda belakang dengan transmisi dual clutch 7-speed.

Alpine-Celebration-patent-images-design-front

Model ini menggunakan alumunium sebagai rangka bodinya sehingga bobot dari Alpine A120 bisa sangat ringan dengan angka 1.100 kg. Dengan modal mesin seperti ini dan bobot seringan ini, Alpine harus bersiap menghadapi rivalnya berupa Alfa Romeo 4C dan Porsche 718 Cayman. Secara tampilan nampaknya Alpine akan menjanjikan, memang sepertinya sekarang waktu yang tepat untuk mengenang masa kejayaan merk-merk jadul. Bagaimana menurutmu? Sampaikan corat-coretmu di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    jadi ini hachiroku dari perancis, gitu? perasaan cuma ganteng kalau dicat warna biru alpine aja, warna putih nggak cocok, deh.

    • hm, alpine sih levelnya lebih tinggi dari hachiroku, heritagenya lebih berat plus levelnya di kelas alfa 4c dan cayman. sedangkan hachiroku di level bawahnya lagi yang sekelas miata dan pug rcz hehe…

      alpine warna putih itu cuma gambar paten yang bocor kok, memang spyshot selalu gak bagus hehe…

      • Aryo Wicaksono

        Memang dari segi sejarah lebih berbobot sih, cuma mesin alpine rata-rata di tengah, yang mesin depan jarang atau jangan jangan ini yang pertama.