Hyundai Elantra 2019 : Membaik Di Segala Sisi, Kecuali Wajah Depan!

by  in Berita&Hyundai&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Hyundai Elantra memang menjadi salah satu produk Hyundai yang asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena memang saat ini Elantra tidak dimasukkan oleh pihak Hyundai Indonesia ke tanah air. Namun nama besar Hyundai Elantra sendiri sejatinya sudah cukup dekat dengan masyarakat Nusantara, apalagi di pertengahan tahun 90-an. Ingat ada mobil bernama Bimantara Nenggala di tahun 96 atau 97? Yap, mobil itu adalah hasil rebadge dari Hyundai Elantra yang kala itu dijual di Indonesia. Dan pasca tahun 2000-an, kedua mobil tersebut (Bimantara Cakra dan Bimantara Nenggala) menghilang dari peredaran. Nah, bagaimana kabar Hyundai Elantra saat ini? Ternyata model terbarunya baru saja muncul, sob. Yuk kita bahas.

Melihat bentuk luar dari Hyundai Elantra 2019, kami langsung teringat akan dua mobil. Pertama adalah Lexus LFA dan yang kedua adalah Daihatsu Ayla 1.200cc. Lho? Apa hubungannya? Oke, kita bahas mengenai wajah depan dari Hyundai Elantra 2019 ini dulu. Yang paling mencolok mata dari bentuk depan Hyundai Elantra 2019 adalah lampu depannya. Lampu depannya ini bak lampu Lexus LFA yang dibuat makin pipih, ataupun lampu Daihatsu Ayla 1.200cc yang dibuat sipit dan tanpa lampu sein. Yap, lampu depannya ini lancip, berbentuk segituga, dan malah bentuk housing dari lampu yang entah adalah lampu sein ataupun lampu kabut di sisi bumper juga mengigatkan kami pada bentuk bumper Lexus LFA yang juga memiliki aksen berbentuk segitiga di sisi terluar dari bumper depannya. Sebenarnya desain keseluruhan di sisi depan tak bisa dikatakan jelek, hanya saja terasa kurang Hyundai dengan bentuk lampu tersebut.

Di sisi samping, tarikan garis body dan garis jendelannya masih sama saja dengan versi 2017, hanya saja ada velg baru yang disematkan oleh pihak Hyundai. Velg ini sudah dualtone dengan bentuk yang menurut kami rumit. Pindah ke sisi belakang, nah, di bagian inilah pihak Hyundai kami acungi dua jempol karena perubahan desainnya benar – benar memuat mobil ini ganteng maksimal. Yap, lampu belakangnya kini dibuat lebih lancip, senada dengan sisi depan, namun dengan LED bar yang membuatnya futuristis dan terasa menyatu dengan buritannya yang memiliki bentuk ala ducktail. Bandingkan dengan lampu belakang versi lawas yang menurut kami malah mirip dengan bentuk lampu belakang Suzuki Ciaz dan Honda City. Sedangkan bumper belakangnya tergolong minimalis dengan lekukan untuk plat nomor dan juga reflektor yang bentuknya bersiku dan senada dengan lampu belakangnya.

Masuk ke sisi dalam, sebenarnya layout dari interior milik Hyundai Elantra 2019 ini masih sama dengan versi 2017, hanya saja ada beberapa improvement dan perbedaan. Contonhnya, Kisi AC kini tak dibiarkan berbentuk konvensional dengan bilah horisontal biasa, namun diberikan beberapa aksen berwarna silver. Selain itu, tombol – tombol pengaturan AC di sisi tengah didesain ulang dengan bentuk yang lebih sporty dan kekinian. Setir juga diganti dengan bentuk yang lebih sporty dan elegan plus adanya perubahan pada desain dial di panel instrumennya. Untuk fitur, Hyundai Elantra 2019 akan mengusung fitur seperti Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keep Assist, Driver Attention Alert sebagai standar. Untuk fitur opsional, ada juga Forward Collision-Avoidance Assist with Pedestrian Detection, Safe Exit Assist, dan Lane Change Assist and Blind-Spot Collision Warning with Rear Cross-Traffic Alert. Untuk mesin, Hyundai Elantra 2019 akan mengandalkan beberapa opsi mesin di Amerika Serikat.

Opsi pertama adalah mesin 2.000cc Atkinson Cycle yang bertenaga 149 PS yang akan ada di trim SE, SEL, dan Limited. Sedangkan mesin kedua adalah mesin 1.400cc bertenaga 130 PS yang akan ada di trim Elantra Eco. Mesin tersebut akan menggunakan transmisi otomatis dual clutch dengan 7 percepatan. Dan opsi mesin ketiga adalah mesin 1.600cc yang juga ditawarkan dengan transmisi otomatis yang sama dan transmisi manual 6 percepatan yang akan hadir di trim Elantra Sport. Mobil ini akan mulai dijual di Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini, jadi, bagaimana menurut kalian mobil ini? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: