Hasil Tes Tabrak Asean NCAP : KIA Morning dan Hyundai EON Gagal Total Dengan Bintang Nol!

Hasil Tes Tabrak Asean NCAP : KIA Morning dan Hyundai EON Gagal Total Dengan Bintang Nol!
0  komentar

AutonetMagz.com – Lembaga pengujian mobil-mobil baru Asean NCAP resmi merilis hasil tes mereka terhadap mobil-mobil baru dan yang tidak baru-baru amat. Di antaranya adalah Isuzu MU-X, KIA Morning, Suzuki Ertiga, Suzuki Ciaz, Nissan X-Trail dan Nissan Navara. Ekspektasinya, mobil murah dengan standar Asean yang tidak setinggi Eropa akan menghasilkan rating yang biasa, bahkan buruk, dan memang itu yang tercermin di hasil tes kali ini.

KIA Morning yang dites merupakan spek pasar Indonesia, dan ia tidak punya peranti keselamatan berupa airbag. Hasil tes tabrak perlindungan orang dewasa (AOP) hanya mendapat poin 1,48 dari maksimal 16 poin, dan itu buruk, sementara untuk perlindungan anak-anak (COP), sekitar 27% saja. Untuk itu, KIA Morning hanya berhak atas 0 bintang, alias sangat tidak aman. Memang sih, untuk nilai COP masih ada 1 bintang, tapi tetap saja mengenaskan.

hyundai eon asean ncap crash test

Setali tiga uang dengan Hyundai EON yang dites. Memakai spek pasar Filipina, Hyundai EON malah lebih parah lagi dari KIA Morning, benar-benar 0 poin untuk AOP dan 27% untuk COP. Maka dari itu, skor 0 bintang untuk AOP dan 1 bintang untuk COP adalah yang paling layak untuknya. FYI, ini bukan pertama kali mobil Hyundai dapat bintang 0, Hyundai Grand i10 rakitan India yang dites di Latin NCAP juga sama-sama bintang 0 jika tidak ada airbagnya.

nissan x-trail asean ncap crash test

Tadi sudah yang hasilnya jelek, sekarang beralih ke yang hasilnya baik. Duet Nissan X-Trail dan Navara berhak atas 4 bintang untuk keduanya, dengan poin AOP 15,1 untuk X-Trail dan 12,34 untuk Navara. Sedikit sayang, meski X-Trail juga bagus untuk poin COP dengan rating 72% dan dapat 4 bintang, Navara tidak sebagus itu, karena hanya dapat rating 37% sehingga hanya berhak atas 2 bintang saja untuk COP.

suzuki ertiga asean ncap crash test

Apa kabarnya duet Suzuki? Baik Ertiga dan Ciaz mendapatkan rating AOP yang cukup bagus dengan 12,39 poin untuk Ertiga dan 14,56 poin untuk Ciaz, dan keduanya dapat 4 bintang. Nah, untuk perlindungan anak, karena perlengkapannya bukan yang paling komplit juga, baik Ciaz dan Ertiga hanya berhak atas 37% dan 33& untuk rating COP, sehingga mau tidak mau hanya boleh dapat 2 bintang saja.

nissan navara asean ncap crash test

Sementara Isuzu MU-X, ratingnya sama baiknya dengan X-Trail. Untuk perlindungan orang dewasa, dia cukup oke dengan 11,87 poin dan berhak atas 4 bintang, tapi nilai perlindungan anaknya juga baik dengan rating 73%, sehingga berhak untuk diganjar 4 bintang juga dari Asean NCAP. Dengan demikian, hasil tes ketujuh mobil baru ini dipegang hasil terbaiknya oleh Nissan X-Trail dan Isuzu MU-X, tapi entah kenapa tidak ada foto tes tabrak Isuzu MU-X.

suzuki ciaz asean ncap crash test

Bersamaan dengan ini, pihak Asean NCAP yang akan terus menaikkan standar keselamatan mobil menaruh perhatian khusus untuk KIA Morning dan Hyundai EON sedang menggalakkan kampanya #NoZeroStarCars dari Global NCAP yang mengharamkan mobil dengan hasil uji bintang 0 untuk dijual dan wara-wiri di jalanan.”Mobil seperti itu (yang hasil tabraknya bintang 0) tidak boleh punya tempat di pasar Asean,” ucap Sekjen Asean NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim.

Apa opinimu mengenai hasil tes tabrak ketujuh mobil baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • hydrolancer

    begh kia morning udah harga nya g terlalu murah asean ncap nya 0 == percuma build quality bagus plat body tebel pas di tes 0 sama aja peti mati berjalan ==

    • D83

      Kalo udah punya mobilnya ya jalan pelan2 santai aja.. plus doa2 🙂

      • hydrolancer

        misal kita dah bawa pelan2 dan patuhi semua aturan lalu lintas terus ada truk atau lmpv seruntulan nabrak atau rem blong gimana? 🙂

        • D83

          Kalau sudah takdir mau gimana lagi mas 🙂

  • zul ari

    Plat body tebel ngak selamanya aman….kalah sama yang katanya mobil kaleng kerupuk tapi dapet bintang 4

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Kaleng krupuknya mungkin menyerap benturan serta ada side impact beamnya jg. Dan avanza dah punya isofix dan 3 point seatbelt dan headrest buat seluruh penumpang. Ertiga??? Hhhhmmm

      • Indra

        Si Avanza udah punya seatbelt reminder yg duduk di depan, dan itu masuk hitungan poin

      • rs

        Ertiga karena disunat abs-nya jadinya poinnya lebih rendah dari lmpv sekelasnya meski masih 4 bintang….avanza sama veloz salut juga deh safetynya….mau berani tambah fitur…

      • Johnny MacRea

        Cuman ada kelemahan juga bodi kaleng krupuk ini gan, salah satunya kabin mobil jadi kurang hening

    • hydrolancer

      padahal dulu ada yg bilang gini lho di salah 1 artikel otomotif
      Mobil ini memiliki fit & finish yang sangat baik dibandingkan dengan mobil-mobil dikelasnya sesuai dengan standar mobil global. Mulai dari interior hingga eksterior KIA Morning dibuat dengan standar CBU yang dapat diterima oleh standar dunia.
      ups :X

  • AE86

    Tapi kata sebagian orang build quality, SAFETY, value fo many dan fitur2 sama dg mobil eropa, bahkan mengalahin mobil2 japan,,,

    • farid

      Maksudnya duo citycar brand korea yg dites itukan?,memang build quality mobil korea itu bagus walau dikata plat bodynya lumayan tebal,tapi gak suka amat sama kelengkapan fiturnya yg minim,jadinya kaya gini nih…fitur safety disunat malah gagal crash test

      • Indra

        Mobil Korea disini kebanyakan disunat fiturnya walau harganya bisa lebih murah dibanding jepang jd bagaimanapun tetap kurang nendang di pasar otomotif sini

    • D83

      Memang salah satu menarik konsumen begitu bro, dipoles luar dalam, dikasih material lumayan sama fitur lebih. Dengan harga bersaing produk jepang gembar-gembor marketing lebih bagus. Kalau sampai fitur dilengkapi semua jadi mahal, yg mau beli mikir lagi mgkn.

  • bejo

    Bayangken mobil cayq caya yg mau keluar yg mirip datgo peles,hanya dapat bintang kejora mungkin

  • Always35

    Wah sayang, gegara fiturnya dicabutin semua, cuman modal bodi tebel malah gagal test jadinya…

    Mobil bagus tapi fiturnya malah dicabut sama aja bohong dong ?

  • Andy

    klo bgini sama aja plat tebel tpi safetynya minim -_-

  • nusantara nusantara

    beda negara beda fitur keselamatan, beda juga hasil bintangnya

    • solpatrol

      Apa mungkin krn beda assembly atau manufacturing plant, beda hasilnya meski brand dan tipe yg sama? Kyk mungkin plant suzuki india mengeksport bbrp tipe ke bbrp negara, yg sgt mungkin kualitas buatannya sama? Mungkin jg bbrp faktor yg turut menentukan: jenis baja yg dipake, kualitas bajanya, jg kualitas ‘jeroannya’? Maksudnya mungkin utk area pasar tertentu ada beberapa corner cutting pd kekuatan struktur etc demi mengejar keuntungan yg lbh besar?

      • jono sujono

        salah satu faktornya ya, karena rata2 buatan india kurang bagus standarnya… contoh aja swift buatan india jg bintang 0..

      • Indra

        Untuk perbedaan spek mah walau keluar dari satu pabrik tetap aja yg versi ekspor sm pasar domestik dibedain dari segi fitur (terutama safety) sama build qualitynya. Misalnya utk pasar sini ada 2 airbag ABS vsc dll, tapi versi luar bahkan ada semacam sensor kyk blindspot, Lane keeping, dll. Build qualitynya domestik jg kadang beda sama ekspor, misalnya cat, peredaman, bodi, dll.

  • Dual VVTI

    ngeriii, pintunya sampe njeblak ngebuka. Brand kOrea ternyata levelnya masih 11 12 ma mobi cina. agya aja dapet bintang 4 dengan harga lebih murah. udah gitu upgrade dual vvti lagi

    • Oki Ngew

      Sales banget komen lu.. kalo levelnya dinaikin jadi new fortuner vs santa fe yakin lu bilang mobil korea kaya mobil cina? Lagian sejak kapan agya ada dual vvti?

      • Adib Salehi Takhasomi

        Setuju. Kalau fortuner vs santa fe ibarat avanza vs inova (kata bang ridwan).
        Tidak selalu merk mobil terkenal menghasilkan mobil2 bagus, pun begitu dengan merk g terkenal, tidak semua mobil2nya kalah dengan merk mobil terkenal

        • Rafi M. P.

          Santa Fe sebenarnya bersaing dengan Nissan Murano karena kenyamanan

          • Adib Salehi Takhasomi

            Oh, berarti sudah di atasnya fortu ya dalam kenyamanan

      • pescarolo

        dua2nya masih belum dites sih.. bukan ga mungkin jg santa fe dpt skor jelek. agaknya PR banget buat brand korea benerin kualitas lipatan2 chassis nya

        • rs

          Kalau santa fe, saya yakin hasil crash test nya pasti bagus…tapi gak tahu kalau yang tipe sport (1 airbag )…

        • Oki Ngew

          Kalo yg versi US gw yakin hasil crash testnya bagus2. Kalo yg disini ya semoga aja

      • Dual VVTI

        oki ngew: mana hasil tes santa fe? sini jembrengin. Agya dual vvti launching di GIIAS, ga perlu kaget gitu.

    • Indra

      Agya hatchback pake dual VVT-i? Yg mesin 1.200 cc itu atau bareng sama 1.000 cc?

      • Dual VVTI

        yang 1200cc, launching di GIIAS bareng Calya. Kalau di Daihatsu namanya Ayla GT. #movingforward

  • rs

    Sedihnya di Indonesia beberapa mobil masih belum menggunakan airbag…..jadinya ya beginilah…..penasaran juga gimana kalau santa fe sport yg airbag nya 1 di crash test….beralih ke xtrail dan mu-x…salut juga buat mereka….dan nampaknya semua lmpv kalau crash test asean ncap 4 bintang semua ya….sama saran buat semua apm, sebaiknya harus menggunakan peranti keselamatan yang cukup buat mobil-mobil nya….

    • Indra

      The power of “ESC”… udah punya ESC berarti nambah poin jd 5 bintang versi Asean NCAP

      • rs

        Contohnya ya BR-V….pakai VSA langsung 5 bintang….

  • Insomnia

    Ada harga, ada rupa :v

  • Indra

    KIA morning yg spek Indonesia = CBU Korsel yg merupakan Picanto dispecdown abis abisan, sedangkan Hyundai EON spek Filipina = CBU India yg merupakan penggantinya Santro (Atoz) yg udah uzur.

    Morning yg CBU Korea dapet 0 bintang?? Pertanda harus kasih fitur safety macam airbag dan abs walau itu varian entry level

  • deathstalker

    ATPM lain ga perlu repot2 black campaign. Hihihi gud job duo korea berplat tebal..

    • hydrolancer

      haha plat tebal gitu lho yg penting kan mobil nya anti mainstream g ada yg nyamain di jalan :V
      harga atas LCGC ncap di bawah LCGC :X

    • D83

      Mungkin ini masukan buat para petrolhead/automotive enthusiast bahwa pelat tebal belum tentu lebih aman dari pelat tipis. Yg pasti bahwa pelat tebal hanya lebih nyaman kalau diketuk, daripada plat tipis

      • Johnny MacRea

        Bener juga gan

  • 206er

    Hm… awalnya sempet mau ambil Morning dengan pertimbangan bodyshell yang kokoh meski tanpa airbag tapi akhirnya ga jadi

    Tapi kalau dilihat dari pintu yang sampe kebuka lebar berarti cost cuttingnya bukan cuma di fitur, tapi juga di bagian lain yang ga kelihatan: engsel pintu, pengunci pintu, dudukan dashboard dll.

    Masalahnya sekarang, kenapa mobil yang dites rata2 varian yang punya airbag, padahal “Principally, ASEAN NCAP will select the most basic safety equipment version (variant) of any car available in ASEAN market” (dikutip dari web ASEAN NCAP)

    Kalau gitu, harusnya semua yang dites diambil dari varian paling rendah yang rata2 dijual tanpa airbag dong supaya fair, jadi Morning vs Ayla M vs Wagon R GA; atau Xenia D vs Ertiga GA

    Kapan ya pemerintah bisa mewajibkan ABS+EBD+Dual Airbag di semua mobil yang dijual di sini?

    • hydrolancer

      well itu kia morning memang cuma itu 1 1 nya varian yg ada di market sini g ada versi tertinggi terendah CMMIW :p dan dengan harga yg tidak murah terakhir saya lihat sudah 150jutaan OTR jakarta ,jadi kyknya bukan niat nyari2 tipe rendah karena memang cuma itu tipe yg ada dipasaran silahkan anda cek sendiri kalau tidak percaya 🙂

      • hydrolancer

        dan jenis mobil yg di tes NCAP bukan atas inisiatif NCAP sendiri tapi dari pihak produsen mobil yg bersangkutan jenis dan tipe mana saja yg mau di tes, biasa nya produsen kasih 2 tipe terbawah dan teratas jadi anda mau bilang g adil kalau pihak produsen sendiri memang cuma kasih tipe itu untuk di test mau bagaimana lagi?apalagi ini mobil kimchi memang cuma 1 tipe adanya :p

    • Indra

      Kalau mau varian basicnya bisa ambil ayla d dan Datsun GO d, biar makin fair jg, karena Ayla m = Agya e (varian terendah Agya)

  • Firman Pradana

    Kia morning di jual di angka 158 buat maticnya, terlalu mahal karena gak ada fitur safetynya. Pilihan laen ada yang lebih bagus dan lengkap seperty brio satya cvt atau celerio cvt…

    • Indra

      Morning ada varian matic? Bukannya cuma satu tipe manual only…

      • Firman Pradana

        Ada, itu yang di web resminya kia yang harga 150 jutaan , itu 1000 cc. Yang lebih mahalnya itu kia 1200 cc. Cuman nama morningnya di hapus jadi picanto saja. Btw, koment saya sebelumnya kok ga muncul yah ? apa karena pake Link ke web luar ?

        • Indra

          Mungkin karena nama morning kurang dikenal disini, langsung aja pake nama Picanto, dan peleknya udah pake Alloy seperti yg dites NCAP, lebih enak dipandang daripada kaleng. Kalau komennya ga muncul bisa klik urut dari yg terbaru, biasanya bakal muncul komennya.

  • Jefri Dwiantoro

    nahloh, kia picanto gimana nasibnya tuh? kan sama-sama ngga ada airbagnya? apalagi abs-ebd.

    • Indra

      Picanto yg sekarang (platinum) udah ada dual airbagnya

  • Adib Salehi Takhasomi

    Ngeri, saya newbee mau tanya, rata2 kecepatan saat nabrak pada test ncap berapa? Kok sampe rontok gitu

    • hydrolancer

      biasanya kalau dari depan 64 km/jam ,dari samping 50 km/jam, dari samping nabrak tiang 32 km/jam itu udah standar semua NCAP baik dari asean sampe euro NCAP CMMIW

      • Adib Salehi Takhasomi

        Tq infonya hydrolancer. Btw 64 km/jam kok bisa sampe rangka dan pintunya buka kaya gitu. Apa karena material besinya kurang kokoh ya.

        • hydrolancer

          ntah apa itu chassis atau body nya yg g bisa nahan strees dari benturan atau gimana sampai pintu nya kebuka -/(“,)/- saya juga g ngerti haha
          kalau material besi setahu saya mobil2 pabrikan korea plat bodi nya lebih tebal dari pabrikan jepang katanya

          • Reed Wanadi

            Bukan katanya sih bro, ane pengguna mobil jepang dan juga korea. Memang mobil korea lebih tebal. Coba aja di getok atau di tekan kalau berani.

            Tapi bisa jadi mobil ini juga tdk setebal tipe lainnya

  • Sporky

    Nggak pakai airbag otomatis nilainya zero, kalo yg versi Picanto 6 airbag dapat 4 bintang di ASEANCAP juga

  • Yuhdi Baihaqi

    Mobilio kapan test kayak gini..?

    • farid

      Mobilio dah dites tabrak oleh honda secara internal,jadi hasilnya gak dipublikasikan,tapi untuk test tabrak yg dilakukan aseanNCAP kayanya belum

    • hydrolancer

      coba liat hasil ncap BR-V mungkin bisa di jadiin referensi secara katanya kan BR-V mobilio di tinggin harusnya g jauh2 dari itu :X

  • Kasugano Sora

    Halo Astra Daihatsu? Gimana kabarnya GrenMek, Luksiyem yang kopongan? Siap dites ASEAN NCAP??
    Halo juga Astra Isuzu? Panther tua nan mahal mu itu siap dites juga?

    • Indra

      Kalau dites nanti nasibnya kayak maruti suzuki eeco di global NCAP kemarin, dapet 0 bintang ha-ha-ha lagipula granmax dan carry itu mobil barang, gak akan peduli dgn banyak fitur safety yg penting muat barang banyak, kalo APV sih sama aja tapi versi ekspor (yg minibus dan blindvan) dia punya airbag

      • Kasugano Sora

        Tapi GrenMek ada yg versi minibus lho, bisa ngangkut 8 orang, pokoknya selama mobil itu ngangkut manusia, entah cuma berdua atau se-RT ya harus ada fitur safety yg cukup.
        Misal: Pickup/Truk engkel ada ABS sama driver airbag
        Mobil MPV,van,SUV,citycar,sedan wajib Dual airbag,abs ebd ba as standard
        Lalu Truk besar sudah pasti wajib ABS, airbag bisa optional.

        Jangan kaget di Negeri JAV, Toyota dyna ada airbagnya, di Afrika Selatan GrenMek pickup ada airbag ama ABS.

        Daripada bikin LCGC mending regulasi safety Mobil indo diperbaiki dulu, lalu penghitungan ulang pajak, apus kartel.

        Untungnya ada ASEAN NCAP, ATPM gak bisa ngeles kaga ngasih airbag dengan alasan PLAT BODY TEBAL, ada crumple zone tapi Kalo setir ngehantem dada ya sakit bro

        • Indra

          Semua LCGC sekarang sudah punya airbag di semua tipe (walau ada yg hanya 1 airbag), kecuali Daihatsu yg cuma ada di varian tertinggi itupun harus nambah uang lg karena varian tertinggi yg non airbag masih ada.

          Memang kok kalau mobil rakitan sini kalau versi ekspor itu biasanya lebih bagus daripada yg domestik, salah satunya ya fitur safety, biasanya tambahnya lumayan loh, kayak granmax yg ekspor ke Jepang bermerek Toyota, udah ada dual airbag baik pick up dan minibusnya. Tapi ada jg kayak Suzuki super carry, CBU India ke Afrika Selatan yg bodinya sama kayak carry pick up, fitur safetynya cuma seatbelt dan headrest aja, gak ditambah ABS apalagi airbag. Dasbornya jg lebih trondol daripada yg sini.

          Setidaknya asean NCAP ini bermanfaat utk konsumen yg bisa dapet produk yg aman sesuai standar asean NCAP, dan ATPM bisa menjadikan hasil NCAP ini sebagai bahan promosi mereka, kecuali yg hasilnya jelek ya.

          • Kasugano Sora

            Nah iya tuh Astra Daihatsu ayla airbag masih tipe opsional, padahal udah ada lho uji tabrak ASEAN NCAP untuk Ayla yang tanpa airbag dan hasilnya bintang Nol.

            Suzuki carry tanpa idung sama L300 gak bisa bayangin kalo di uji tabrak, bisa-bisa bintangnya -5

    • ars m.k

      Yoi, panther tua yang semakin mahal itu udah saatnya buat dapet fitur2 kaya abs, ebd, esc dll. dan mesinnya udah bangkotan banget. 15taun lebih ga diganti.. dan 1 lagi, yang sebenernya ga penting banget tapi bikin kesel, kasih head unit double din. Hehe

  • Bagus

    Honda mobilio ga d test asean ncap yaa

    • Amnesia

      Mungkin lupa

  • Putra

    Banyak yang komen soal plat bodi yaa..
    Tapi emang bener, gak semua makanan yang warnanya merah itu pedes.
    Dengan segala perhitungan si engineer, plat bodi diciptakan sedemikian rupa untuk menyerap dan meredam benturan meskipun tipis atau kaleng atau apalah itu.
    Sama kaya carbon yang dipake bi em 7series baru, yang lebih ringan tapi lebih kuat.
    Jadi jangan asal jumawa dulu punya bodi plat tebel kalo ternyata yang plat kaleng bisa lebih baik.

    • hydrolancer

      soal ada yg ngereview dikit2 teken2 body mobil bilang plat bodi tebel ini itu bilang mobil kaleng fit&finish jelek secara g langsung udah sugesti ke orang klo plat bodi tipis = g aman ,tapi NCAP membuktikan ini mobil kroya yg di agung2an plat bodi sama build quality malah kalah keamanan nya dibanding LCGCLMPV yg dibilang kaleng padahal beda harga mobilnya bisa belasan sampe puluhan juta :X

      • Sporky

        Plat bodi tipis nggak tenang kalo macet2 deket motor, didorong sama tukang parkir, diparkir dekat area bemain anak2 kecil… Makanya kalo saya tetap pilih yg plat bodinya lebih tebal. jangan cuma gara2 morning tanpa airbag dapat zero lalu kasih kesimpulan yg sama buat semuanya.

        • hydrolancer

          lah saya bicara atas data bukan perasaan :p kalau mau lebih tenang beli tank atau panser anoa plat nya jauh lebih tebel :p

          • hydrolancer

            lagian saya cuma bandingkan morning sama harga yg deket2 kompetitornya 🙂
            zaman makin maju g mungkin masih bergantung sama ketebalan bodi apalagi iron ore ini barang tambang lamban laun juga pasti habis kecuali mau hasil recycle dari lebur mobil bekas
            sekarang ada yg namanya abs,ebd,side airbag,vsc,auto brake dsb
            itu supercar yg plat nya alumunium atau carbon fiber yg lebih tipis dari plat besi mau bilang itu g aman?

          • Reed Wanadi

            Carbon Fiber itu material yg sangat kuat masbro, bukan tandingan besi. Coba aja di aduin carbon fiber dengan besi, pasti menang carbon fiber. Nah ini malah bilang aluminium. Hati2 bro, yg bener aluminium alloy, material yg sekelas dengN carbon (di bawahnya sih) yang buat bikin pesawat terbang. Walau ringan tapi kuat.

            Nah kalau besi ketemu besi tetap pemenangnya yg paling tebal.

            Yg membuat score buruk bukan di besinya, tapi di fitur savety-nya

          • Sporky

            Begitu aja emosi pakai bawa2 tank.. morning yg 6 airbag alias picanto dapat 4 bintang di aseancap, mobil yg safetynya kopongan udah pasti dapet zero rating di crash test manapun nggak peduli tipis atau tebal krn masih ada faktor lain spt design struktur rangka bodinya utk penilaian ratingnya. Beda institusi crash test kadang juga beda metode, tapi pendapat saya pribadi kalo di indo saya tetap lebih pilih yg platnya lebih tebal krn faktor yg membuat saya lebih tenang di atas. Kalo anda lebih pilih yg plat bodi lebih tipis yg gampang lecek krn alasan tertentu spt lebih hemat bbm ya itu hak anda.

        • Spiderjak

          Kalau mau tenang di serempet motor atau baret segala macem kan ada asuransi, kalo ada masalah tinggal claim.. daripada fitur safety di sunat eh waktu crash beneran malah nyawa melayang.

    • njk888 nik

      Setidaknya plat body di tekan dari samping adalah BUKTI PERMULAAN kekuatan body mobilnya. Nggak percaya ? Coba aja tekan samping pintu misalnya BMW X1 yang 600 jutaan itu banding ama fortuner yang toh udah nggak beda jauh harganya udah 500 juta. Beda JAUH…

      Malah Hyundai Tucson aja lebih mirip BMW X1 saat di tekan dari samping. Keras. Tebal. Kalau fortuner misalnya ? Coba aja sendiri. Bandingkan sendiri.

      Jika body sampingnya aja gampang di tekan sampai masuk, jangan harap lagi apa yang di dalamnya….Jangan bilang Hyundai, coba aja banding HRV atau Mobilio vs avanza atau sienta. Coba….

  • Rockmeo

    Coba donk lebih dijabarin artikel ttg penilIan asean ncap biar kita agak paham juga dlm membeli mobil nanti ny

  • Denbi

    Namanya juga morning mobil dibuat biar orang yang modal kurang bisa menikmati mobil enak, btw morning masih lebih enak dari innova (hasil coba sendiri), urusan safety juga ini namanya morning bukan picanto kan lain cerita

  • Lewat

    Mungkin body tebel tpi tulang krangka tipis.. Ga ada tulang malah.. Bikin mobil jalan.a berat aja jadi.a..

  • RODRICK

    The Hyundai Eon airbags feature is available in Sportz variants. Hyundai Eon airbags is not available in variants like Era ,D-Lite ,D-Lite (O) ,Magna ,Magna (O) ,D-Lite + LPG ,ERA + LPG ,Magna + LPG ,D-Lite + ,Magna + ,ERA + ,1.0 Magna+ ,Magna+(O) < ini gw abis baca beritanya di gaadidotcom. disitu bukannya emang udah dicantumin ama hyundai kalau ada beberapa varian yg ga pake airbag yes? ada yg lebih paham? menurut gw sih murah ngarep fitur komplit mah naik uber aja :v

  • njk888 nik

    ASEAN NCAP Malingsia punya kan ? Tidak kredibel. Tuh kasus perdana menterinya korupsi gila, eh jaksa agungnya aja bisa di bungkam tuh. Lebih parah kali banding Indonesia. Pula namanya mobil udah segment murah, dan jika versi paling low yang tanpa airbag yang di uji, ya mau harap apa ?

    Tuh agya ayla, yakin rangka mereka tebal dan kuat ? Bisa lolos uji tabrak EuroNCAP ???