Hasil Tes Tabrak Asean NCAP : KIA Morning dan Hyundai EON Gagal Total Dengan Bintang Nol!

Hasil Tes Tabrak Asean NCAP : KIA Morning dan Hyundai EON Gagal Total Dengan Bintang Nol!
0  komentar

AutonetMagz.com – Lembaga pengujian mobil-mobil baru Asean NCAP resmi merilis hasil tes mereka terhadap mobil-mobil baru dan yang tidak baru-baru amat. Di antaranya adalah Isuzu MU-X, KIA Morning, Suzuki Ertiga, Suzuki Ciaz, Nissan X-Trail dan Nissan Navara. Ekspektasinya, mobil murah dengan standar Asean yang tidak setinggi Eropa akan menghasilkan rating yang biasa, bahkan buruk, dan memang itu yang tercermin di hasil tes kali ini.

KIA Morning yang dites merupakan spek pasar Indonesia, dan ia tidak punya peranti keselamatan berupa airbag. Hasil tes tabrak perlindungan orang dewasa (AOP) hanya mendapat poin 1,48 dari maksimal 16 poin, dan itu buruk, sementara untuk perlindungan anak-anak (COP), sekitar 27% saja. Untuk itu, KIA Morning hanya berhak atas 0 bintang, alias sangat tidak aman. Memang sih, untuk nilai COP masih ada 1 bintang, tapi tetap saja mengenaskan.

hyundai eon asean ncap crash test

Setali tiga uang dengan Hyundai EON yang dites. Memakai spek pasar Filipina, Hyundai EON malah lebih parah lagi dari KIA Morning, benar-benar 0 poin untuk AOP dan 27% untuk COP. Maka dari itu, skor 0 bintang untuk AOP dan 1 bintang untuk COP adalah yang paling layak untuknya. FYI, ini bukan pertama kali mobil Hyundai dapat bintang 0, Hyundai Grand i10 rakitan India yang dites di Latin NCAP juga sama-sama bintang 0 jika tidak ada airbagnya.

nissan x-trail asean ncap crash test

Tadi sudah yang hasilnya jelek, sekarang beralih ke yang hasilnya baik. Duet Nissan X-Trail dan Navara berhak atas 4 bintang untuk keduanya, dengan poin AOP 15,1 untuk X-Trail dan 12,34 untuk Navara. Sedikit sayang, meski X-Trail juga bagus untuk poin COP dengan rating 72% dan dapat 4 bintang, Navara tidak sebagus itu, karena hanya dapat rating 37% sehingga hanya berhak atas 2 bintang saja untuk COP.

suzuki ertiga asean ncap crash test

Apa kabarnya duet Suzuki? Baik Ertiga dan Ciaz mendapatkan rating AOP yang cukup bagus dengan 12,39 poin untuk Ertiga dan 14,56 poin untuk Ciaz, dan keduanya dapat 4 bintang. Nah, untuk perlindungan anak, karena perlengkapannya bukan yang paling komplit juga, baik Ciaz dan Ertiga hanya berhak atas 37% dan 33& untuk rating COP, sehingga mau tidak mau hanya boleh dapat 2 bintang saja.

nissan navara asean ncap crash test

Sementara Isuzu MU-X, ratingnya sama baiknya dengan X-Trail. Untuk perlindungan orang dewasa, dia cukup oke dengan 11,87 poin dan berhak atas 4 bintang, tapi nilai perlindungan anaknya juga baik dengan rating 73%, sehingga berhak untuk diganjar 4 bintang juga dari Asean NCAP. Dengan demikian, hasil tes ketujuh mobil baru ini dipegang hasil terbaiknya oleh Nissan X-Trail dan Isuzu MU-X, tapi entah kenapa tidak ada foto tes tabrak Isuzu MU-X.

suzuki ciaz asean ncap crash test

Bersamaan dengan ini, pihak Asean NCAP yang akan terus menaikkan standar keselamatan mobil menaruh perhatian khusus untuk KIA Morning dan Hyundai EON sedang menggalakkan kampanya #NoZeroStarCars dari Global NCAP yang mengharamkan mobil dengan hasil uji bintang 0 untuk dijual dan wara-wiri di jalanan.”Mobil seperti itu (yang hasil tabraknya bintang 0) tidak boleh punya tempat di pasar Asean,” ucap Sekjen Asean NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim.

Apa opinimu mengenai hasil tes tabrak ketujuh mobil baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: