Wholesales LMPV Juli 2018 : Mitsubishi Xpander Kembali Ke Tahta!

by  in Berita&Daihatsu&Honda
Wholesales LMPV Juli 2018 : Mitsubishi Xpander Kembali Ke Tahta!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti biasanya, segmen LMPV selalu menjadi segmen yang paling asyik untuk dicermati setiap bulannya, karena selain punya banyak pesaing di dalamnya segmen ini juga menjadi segmen yang bisa dikatakan sebagai sebuah volume maker untuk otomotif di tanah air. Nah, lalu bagaimana drama yang terjadi di capaian wholesales segmen LMPV di bulan Juli 2018 kemarin? Yuk kita bahas satu per satu.

Oke, kita akan bicara mengenai persaingan paling sengit di segmen LMPV ini, yaitu antara Mitsubishi Xpander dan juga Toyota Avanza. Sebelumnya, Mitsubishi Xpander sempat dibuat mengalah dengan Toyota Avanza pada bulan Juni 2018 silam karena menurut pihak MMKSI adanya libur lebaran membuat pasokan dari Mitsubishi Xpander tersendat dan akhirnya kalah (lagi) dari Toyota Avanza. Mengacu pada data wholesales Gaikindo pada bulan Juni 2018 silam, pihak Toyota bisa cukup tersenyum dengan capaian Toyota Avanza yang ada di angka 4.648 unit. Sedangkan untuk Mitsubishi Xpander sendiri nangkring di posisi kedua dengan angka 3.278 unit. Capaian ini sendiri merupakan sebuah hal positif untuk Toyota Avanza, apalagi jikalau kita bandingkan dengan para pesingnya yang lebih ‘muda’ secara desain dan kelengkapan, mobil ini masih bisa menunjukkan capaian yang tinggi.

Nah, namun itu bulan Juni 2018, bagaimana dengan bulan Juli 2018 alias pasca sebulan dari capaian tersebut? Apakah Toyota Avanza masih berada di posisi pucuk? Nyatanya tidak. Yap, Mitsubishi Xpander kembali perkasa dengan capaian wholesales di angka 7.570 unit sepanjang bulan tersebut. Sedangkan Toyota Avanza? Masih ada di posisi kedua dengan capaian 6.766 unit sepanjang bulan. Oiya, agak sedikit keluar dari topik yang kami angkat di judul, sejatinya pihak Toyota bisa mengejar ketertinggalan wholesales mereka dengan pihak Mitsubishi, yaitu dengan menempatkan All New Toyota Rush sedikit di bawah Mitsubishi Xpander dengan capaian 7.365 unit sepanjang bulan Juli 2018. Namun patut diperhatikan bahwa All New Toyota Rush berada di segmen LSUV yang mana tak satu segmen dengan Mitsubishi Xpander.

 

Di urutan berikutnya secara mengejutkan diisi oleh Honda Mobilio dengan wholesales mencapai 3.388 unit sepanjang bulan Juli yang membuat All New Suzuki Ertiga harus merosot dua tingkat ke posisi lima dengan capaian cuma 2.248 unit saja, sedangkan di posisi empat adalah Daihatsu Xenia dengan capaian 2.897 unit. Cuma? Yap, kami mengatakan capaian LMPV Suzuki tersebut adalah ‘Cuma Segitu’ karena mengingat status dari All New Suzuki Ertiga adalah produk yang paling fresh saat ini. Mobil ini juga hadir dengan sejumlah hal yang membuatnya lebih refine walaupun memang juga ada sunatan di beberapa bagian yang membuat beberapa calon pembelinya berpikir ulang. Padahal, All New Suzuki Ertiga sendiri dijual dengan kondisi ready stock yang seharusnya bisa menjadi sebuah nilai tambah diibandingkan dengan LMPV yang berada di posisi pucuk. Pun begitu dengan hasil kasak kusuk dengan tenaga penjual yang sudah memberikan diskon hingga angka 20 juta lebih sedangkan rivalnya di pucuk belum.

Namun memang di segmen ini kita tak bisa memprediksi dengan pasti apakah produk baru akan selalu laku, toh Toyota Avanza yang merupakan salah satu produk yang paling berumur pun masih bisa nangkring di posisi dua. Oke, berikutnya adalah Wuling dengan jagoannya yaitu Wuling Confero yang berada di posisi enam dengan 743 unit dan posisi ekor ditempati oleh Nissan Grand Livina dengan capaian tragis, cuma 73 unit saja. Nah, memang untuk data wholesales sendiri adalah data distribusi ke diler, sehingga memang tak bisa dijadikan patokan pasti mengenai penjualan dari tiap LMPV. Namun secara teori, logikanya jikalau permintaan tinggi, maka distribusi pun juga tinggi. Oleh karenanya, kita lihat saja bagaimana sepak terjang LMPV di bulan Agustus 2018 ini, mengingat bulan ini ada GIIAS 2018 di ICE BSD, dan semua LMPV yang kami sebutkan diatas pun ambil bagian. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: