Hyundai dan KIA Gandeng Rimac Demi Mobil Sport Listrik Baru

by  in Hyundai&International&Kia
Hyundai dan KIA Gandeng Rimac Demi Mobil Sport Listrik Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski mobil Rimac Concept One pernah dihancurkan Richard Hammond, nampaknya Rimac malah kebanjiran rejeki setelahnya. Banyak merek-merek mobil terkenal seperti Koenigsegg dan Aston Martin minta bantuan Rimac untuk berbagi teknologi baterai, bahkan Pininfarina Battista bertenaga 1.900 hp saja pakai teknologi Rimac. Porsche pun berani untuk membeli sebagian saham Rimac untuk menolong pengembangan mobil listrik.

Rejeki terbaru Rimac datang dari Korea Selatan, yakni dari Hyundai dan KIA. Hyundai telah berinvestasi sebesar 64 juta Euro (1,03 Triliun Rupiah) di Rimac, sementara KIA menanam 16 juta Euro (258,4 M Rupiah) agar Rimac mau membantu Hyundai, KIA dan Genesis membuat dan menyempurnakan mobil sport bertenaga listrik baru. Satu yang bisa diterka adalah mobil sport bermesin tengah dari Hyundai N yang akan muncul versi konsep dan versi fuel cell-nya.

Rimac adalah perusahaan inovatif dengan kemampuan luar biasa dalam mobil listrik performa tinggi,” kata Wakil Ketua Eksekutif Hyundai Motor Group, Euisun Chung. “Akar startup dan pengalaman kolaborasi dengan pembuat mobil dengan kecakapan teknologi yang berlimpah menjadikan Rimac mitra yang ideal bagi kami. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan Rimac dalam perjalanan menuju mobilitas yang bersih.

Mate Rimac, Pendiri dan CEO Rimac berkata,“Kami sangat terkesan dengan visi Hyundai Motor Group serta inisiatif yang cepat dan tegas. Kami percaya kemitraan teknologi ini akan menciptakan nilai maksimal bagi perusahaan kami dan pelanggan mereka. Rimac masih muda dan relatif kecil, tetapi tumbuh sangat cepat. Kami melihat investor dan mitra teknologi yang kuat di Hyundai Motor Group dan percaya kolaborasi ini akan memajukan posisi kami sebagai pemasok komponen listrik kelas satu ke industri.”

Hyundai sendiri memang punya niat membuat mobil sport bermesin tengah, tapi ternyata mobil itu bakal menggunakan sedikit teknologi listrik. Wajar jadinya jika Hyundai minta bantuan Rimac, dan Hyundai sendiri pernah memamerkan konsep mobil sport mid engine via mobil konsep Hyundai RM15 bermesin 2.000 cc turbo 296 hp dan 382 Nm. Lari 0-100 cukup 4,7 detik, tapi sayang mobil ini tidak diproduksi massal hingga kini. Semoga Rimac bisa membantu mewujudkannya.

Read Prev:
Read Next: