Hyundai dan KIA Berinovasi Agar Mobil Listrik Bisa Wireless Charging Seperti Smartphone

by  in Berita&Hi-Tech&Hyundai
Hyundai dan KIA Berinovasi Agar Mobil Listrik Bisa Wireless Charging Seperti Smartphone
0  komentar
KIA-Soul-EV

AutonetMagz.com – Setelah menyimak tentang Camry Hybrid, Alphard dan BMW Seri 7 baru, fitur wireless charging untuk smartphone sudah menjadi daya tarik yang kuat untuk konsumennya. Tapi bisakah kita bayangkan kalau besok-besok tak hanya smartphone saja yang bisa diisi dayanya tanpa kabel, melainkan mobilnya sendiri juga bakal dapat wireless charging. Nah, itulah yang sedang digarap oleh Hyundai-KIA America Technical Center (HATCI).

Bekerja sama dengan Mojo Mobility, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang wireless technology, Hyundai dan KIA sudah mendapat dana untuk mengembangkan sistem wireless charging untuk mobil listrik. Ijin penelitian dan pengembangan juga sudah dikantongi dari Departemen Energi di Amerika Serikat.

Wallpaper Hyundai Santa Cruz concept 2015

Mojo Mobility memiliki keahlian dalam mengembangkan sistem pengisian nirkabel yang sangat efisien, karena mampu mentransfer daya tinggi tanpa perlu keselarasan posisi yang terlalu presisi antara pengisi daya dan kendaraan. Sebagai kelinci percobaan, KIA Soul akan dites dalam 3 tahapan tertentu di Michigan dan California.

Di tahap pertama, keduanya mengembangkan sistem transfer daya pengisian baterai nirkabel yang memiliki efisiensi lebih dari 85 persen dan mampu mentransfer lebih dari 10 kW untuk kendaraan dalam mode pengisian cepat. Sistem baru ini memungkinkan misalignment antara pemancar energi di tanah dan penerima energi pada kendaraan, yang berarti akan lebih mudah untuk sehari-hari digunakan.

KIA-GT4-Stinger-Concept

Tahap kedua mencakup integrasi sistem yang dioptimalkan untuk Soul EV dan demonstrasi operasi penuh pada catatan efisiensi 92 persen. Akhirnya, fase ketiga dan terakhir proyek akan memungkinkan Hyundai-KIA dan Mojo Mobility untuk mengumpulkan data tes praktek dengan menggunakan lima Kia Soul EV dan masing-masing unit wireless charger-nya. Tahap akhir akan menguji daya tahan, interoperabilitas, keamanan, dan kinerja sistem.

Baik Hyundai-KIA maupun Mojo Mobility belum bisa bilang kapan sistem canggih ini bisa dinikmati khalayak umum. Wah,kalau mobil listrik saja nanti bisa wireless charging, jangan-jangan beberapa tahun lagi perut juga bisa wireless charging kalau kelaparan, tidak perlu masukin makanan lewat mulut, tinggal pantengin aja sampai kenyang. Ah, sudahlah, bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Pajero Sport

    Wah itu Dcab Mazda ikutin desain atap dan samping mitsubishi GR concept

    • Hillarius Satrio

      Mazda? yakin Mazda?

      • Pajero Sport

        Habisny dari samping bagian depanny kyk mazda jadi saya sebut dcab mazda saja

        • Hillarius Satrio

          ngaco. itu Hyundai Santa Cruz

        • Dik

          Ada aqua?

  • deathstalker

    Yang tetap jadi masalah adalah waktu charging ga secepat colok langsung, biasanya orang yang buru2 bakal milih colok langsung daripada pake wireless charging, dan ketika plate wireless charging kena air atau hujan apakah berbahaya? Karena ini arus listriknya jauh lebih besar daripada di smartphone.

  • Jimmy

    Keren juga kalo bisa wireless charger perut. Hahaha
    ah sudah laaaa. Cuma mimpii

  • Fairaprima

    Mana nih indepth nya kia rio ama picanto platinum ?????

    Btw santa cruz ganteng juga