Hyundai Custo : MPV Bongsor Baru Bernuansa SUV

Hyundai Custo : MPV Bongsor Baru Bernuansa SUV
0  komentar

Autonetmagz.com –Teaser MPV Hyundai Custo telah dirilis di akun media sosial resmi Weibo, menyusul bocornya eksterior MPV baru ini dalam dokumen untuk kementerian industri dan teknologi informasi di China. Dan produk baru tersebut telah disetujui untuk dijual di China. Hyundai Custo dirancang untuk mengakomodasi tata letak enam atau tujuh tempat duduk, Custo berbagi bahasa desain dari Tucson terbaru, dengan tampilan “Parametric Dynamics” di grilnya. Gambar teaser resmi mengungkapkan bahwa gril dari Custo akan memiliki daytime runninglights yang terintegrasi ke dalamnya, meskipun MPV menampilkan bagian headlamp yang lebih berbeda dari Tucson.

Mengenai Desainnya Sendiri…

Dilihat dari profil, karena ia berbentuk MPV, bukan berarti ia tidak ada banyak ruang gerak karena desain yang menyimpang. Bentuk desain MPV biasanya yang dianggap menyediakan ruang interior sebanyak mungkin, Hyundai Custo berhasil mengurangi sisi pelat yang khas dengan penempatan yang baik. Dengan garis lipatan yang tajam untuk tampilan yang lebih Sleek. Prinsip desainnya mirip Mitsubishi Delica – yang mana merupakan MPV dengan Ground clerance tinggi. Sementara bila kita lihat dari samping, siluetnya mirip Honda Odyssey.

Tidak terlihat melalui foto teaser di sini tetapi terungkap dalam dokumen resmi sebelumnya. Terdapat skid plate di tepi bawah depan bumper depan, bersama dengan lapisan hitam di sekitar overfender serta di sekitar tepi bawah bumper depan dan belakang, juga side moulding pintu. Hyundai Custo sebelumnya juga telah mengungkapkan fitur pintu geser elektrik untuk kenyamanan. Sementara peleknya ditawarkan dalam dua desain. Di sini, bagian belakang MPV tampak memakai panel tengah sewarna bodi, yang merupakan salah satu dari dua pilihan yang terungkap dalam dokumen resmi selain opsi panel hitam.

Lampu belakang berbentuk huruf ‘C’, membentuk susunan yang agak mirip dengan Hyundai Sonata, tetapi dibuat terbalik. CarNewsChina melaporkan bahwa Hyundai Custo memiliki panjang 4.950 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.734 mm dengan jarak sumbu roda 3.055 mm. Sebagai perbandingan, Hyundai Staria berukuran panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 3.273 mm. Memang Hyundai Staria jauh lebih besar karena dirancang untuk menampung 11 orang didalamnya.

Pilihan Mesin

Sementara mengenai pilihan mesin, MPV yang katanya dikhususkan untuk pasar China ini akan ditawarkan dengan mesin empat silinder 1.6 liter turbocharged yang menghasilkan 170 hp, dan mesin 2.0 liter turbocharged yang menghasilkan 236 hp. Sepertinya menarik apabila Hyundai Custo juga dipasarkan di negara lain – tidak hanya terbatas untuk pasar China saja. Karena pemain di kelas ini cukup banyak seperti trio Toyota Voxy-Esquire-Noah, Nissan Serena, atau Honda StepWgn. Apalagi penjualan MPV di Indonesia cukup moncer, sepertinya cocok apabila Hyundai Indonesia memboyong Hyundai Custo ini. Bagaimana Menurut kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: