Mazda Patenkan Logo Ini, Indikasi Model Baru?

Mazda Patenkan Logo Ini, Indikasi Model Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pergerakan Mazda belakangan ini umumnya terkonsentrasi pada bagian fundamental dari sebuah mobil. Sebut saja sasis baru untuk mobil hybrid, plug in hybrid dan mobil listrik baru Mazda. Belum lagi perancangan mesin 6 silinder baru yang konon akan dipasang di Mazda 6 baru dan Mazda CX-5 baru. Bagaimana dengan mesin rotari? Mesin itu jadi dibuat, tapi hanya sebagai mesin range extender untuk mobil listrik Mazda MX-30.

Meski Mazda sudah berinvestasi besar-besaran di bagian penelitian dan pengembangan, Mazda nampaknya belum pusing-pusing amat soal branding. Terlepas niat mereka menjadi produsen mobil mewah, Mazda belum memperkenalkan varian khusus atau divisi spesifik untuk meningkatkan awareness konsumen lebih jauh. Akan tetapi, dengan logo baru yang dipatenkan Mazda, mungkin brand Mazda akan jadi lebih terpandang daripada yang sekarang.

Logo R Mazda Mirip Mesin Rotari

Mazda belum lama ini mendaftarkan paten sebuah logo di Jepang. Logo ini didaftarkan tanggal 3 Juni 2021 dan masuk kategori merek dagang. Logo yang ramai diperbincangkan di New Nissan Z Forum (Ya, forum Nissan membicarakan soal Mazda) ini membentuk sebuah huruf “R” dalam satu lingkaran dengan 3 warna utama : Abu-abu, putih dan merah. Sayangnya, tidak ada penjelasan lebih lanjut terhadap makna logo ini, tapi mari kita gali saja semua kemungkinannya.

Pertama-tama, biasanya mobil yang pakai imbuhan “R” mengacu pada performa tinggi. Ambil contoh Honda Type R, Mercedes-AMG GT R atau McLaren 620R. Mungkin Mazda ingin bikin mobil kencang lagi, tapi ada hal lain yang patut diperhatikan. Perhatikan desain logo yang cenderung bulat, punya segitiga dengan warna merah dan ada huruf “R” di dalamnya. Coba, apa yang punya lingkaran di sisi luar, segitiga di sisi dalam, mengandung huruf “R” dan identik dengan Mazda? Mesin rotari.

Mazda Juga Punya Model Spirit R

Namun seperti yang disampaikan di awal, tidak ada informasi lanjutan soal logo ini. Semua itu hanya prediksi atau cocoklogi belaka, tapi sudah jelas kalau yang mendaftarkan logo ini adalah Mazda. Belum tentu mobil baru bermesin rotari, karena mesin rotari Mazda sedang diriset untuk genset mobil listriknya. Mungkin logo “R” ini untuk divisi performa tinggi baru Mazda, mengingat sampai saat ini Mazdaspeed sudah lama tidak aktif.

Meski divisi performa tinggi Mazda adalah Mazdaspeed, sebenarnya Mazda tidak asing-asing amat dengan huruf “R” di mobil kencangnya. Ingatlah mobil-mobil seperti Mazda RX-7 Spirit R atau Mazda RX-8 Spirit R yang jadi edisi penutup masing-masing model. Selepas peninggalan Mazda RX-8 Spirit R, Mazda tidak pernah lagi pakai model dengan embel-embel “R”. Apa kita akan melihat kelahiran kembali Mazda Spirit R? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio