Hyundai i30 Fastback N Line, Sporti Yang Jinak

by  in Hyundai&Mobil Baru
Hyundai i30 Fastback N Line, Sporti Yang Jinak
0  komentar

Autonetmagz.com – Masih ingat dong dengan sedan coupé kepunyaan Hyundai ini? Belum lama kami buatkan artikel mengenai versi beringas N Performance-nya, sudah muncul lagi varian terbaru dari i30 Fastback. Inilah Hyundai i30 Fastback N Line, 4 door coupé yang terlihat sporti namun masih dapat dijinakkan. ‘Memang apa bedanya varian  N Line dengan N Performance milik Hyundai?’ Bagi yang sudah mengetahui perbedaan dari nomenklatur sub brand asal Korea Selatan ini, anda pasti sudah tahu perbedaan mendasarnya. Namun yang belum mengetahui jawabannya, mari kami jelaskan pada hal mendasarnya terlebih dahulu.

Pada artikel kami yang membahas i30 N Fastback kemarin, di situ jelas bahwa perbedaan terhadap versi standarnya cukup signifikan. Dari mulai eksterior yang lebih gahar, interior yang jauh lebih sporti, hingga perbedaan output mesin yang cukup signifikan membuat i30 N Fastback mendapatkan gelar i30 paling beringas. Namun muncul varian N Line dari si Fastback ini yang sama-sama memiliki sub brand ‘N’ tetapi kata di belakang huruf itu yang membuatnya berbeda. Terlihat beringas, namun sebenarnya masih menyimpan ‘hati’ yang tidak liar.

Memang apa saja sih yang berubah dari versi standar i30 Fastback pada N Line ini dan perbedaannya dengan i30 N Fastback? Pertama-tama kita bahas bagian eksteriornya. Pada fascia depan, i30 Fastback N Line memiliki rupa bemper yang persis dengan i30 N Fastback. Namun kurangnya variasi warna membuat kesan sportinya jauh lebih mild. Pindah ke bagian sampingnya dan yup, masih persis sama dengan ubahan i30 N Fastback. Namun kembali lagi, karena permainan warna pada velgnya yang kurang diaplikasikan membuat tingkat kegalakkan penampilannya menurun. Perbedaan hanya ada pada penambahan emblem N Line yang malah tidak ada pada varian kakaknya. Untuk bagian buritan, perbedaan yang sedikit namun cukup berpengaruh juga terlihat menegaskan bahwa ini adalah varian di bawah N Performance. Minus ducktail dan tidak memiliki dual muffler? Cukup untuk menyebutnya sebuah mobil Fastback yang sporti namun tidaklah liar.

Lalu pindah ke bagian interiornya, yang ternyata juga hampir mirip dengan versi i30 N Fastback. Kurangnya bagian-bagian detail seperti aksen merah pada frame kisi-kisi ac dan juga stitching pada bagian kursi malah membuat kesan mobil ini masih berupa versi standarnya. Tombol mode berkendara  khas N Performance pada bagian setir juga tidak hadir dalam varian N Line ini. Untung ada embos logo sub brand ‘N’ di kursi depannya, kalau tidak mungkin rasanya tidak akan jauh berbeda dengan versi standar.

Menilik mesinnya, yang ternyata memiliki konfigurasi sama dengan mesin standarnya yaitu 1.0 T-GDI dan 1.4 T-GDI. Memang pada i30 N Line kali ini hanya tersedia dua pilihan mesin saja, sayang tidak ada versi 1.6 CRDi nihOutput yang dikeluarkan juga masih sama loh, untuk mesin 1.0 memiliki 118 hp dengan torsi 171 Nm, dan 1.4 punya tenaga 138 hp dan torsi 242 Nm. ‘Tak ada perubahan performa dong jadi hanya kosmetik saja,’ eits tunggu dulu gan. Peningkatan pada bagian suspensi, respon mesin, suara knalpot, dan pemakaian ban standarnya menjadi Michelin Pilot Sport 4 membuat mobil ini masih memiliki N feeling-nya tersendiri. Penggunaan velg 18-inci dan 17-inci pada varian mesin terkecilnya juga menjadi poin yang membedakan dengan varian standar.

Itulah beberapa ubahan yang terjadi pada i30 Fastback yang diberikan sentuhan divisi ‘N’ Hyundai. Masih bisa dibilang nanggung atau sudah cukup menurut kalian? Satu hal yang pasti, kalau mau benar-benar merasakan i30 Fastback sub brand performance Hyundai, lirik yang ada huruf N di tengahnya ya jangan ada gelar N Line di belakangnya.

Read Prev:
Read Next: