Honda WR-V Muncul Untuk Negeri Samba

Honda WR-V Muncul Untuk Negeri Samba
0  komentar

AutonetMagz.com – Jangan keburu berpikir kalau Honda WR-V ini adalah racikan Honda Indonesia sebagai jawaban atas dirilisnya Toyota Yaris Heykers. Jelas bukan, soalnya Honda WR-V alias Jazz versi crossover ini diluncurkan oleh Honda di Brazil, dan sampai saat ini masih eksklusif untuk pasar sana saja. Setali tiga uang dengan Toyota Indonesia yang belum berpikir untuk mengekspor Toyota Yaris Heykers untuk dijual di luar Indonesia.

Resep antara Honda WR-V dengan Toyota Yaris Heykers tergolong sebelas-dua belas : Ambil hatchback standarnya lalu permak dengan gaya crossover. Bedanya, Honda punya waktu untuk menedesain ulang muka dan buritan WR-V supaya tidak disangka Jazz (padahal memang Jazz), sementara Yaris Heykers mengambil langkah lain dengan aksesoris crossover, mesin baru, transmisi baru dan kaki-kaki baru.

honda-wr-v-front

Dugaan kami akan kepanjangan singkatan Honda WR-V yakni “Wild Runabout Vehicle” rupanya sedikit meleset. Ternyata WR-V adalah singkatan dari “Winsome Runabout Vehicle”, dan didesain oleh departemen R&D Honda Brazil. Mukanya sekilas mengingatkan akan mobil Honda lain macam BR-V atau HR-V mungkin, masih tetap dengan paham solid wing face. Ia belum punya projector lens dan lampunya halogen, tapi LED DRL sudah standar.

Nyaris sekujur badan Honda WR-V dibubuhi aksesoris crossover yang tepat, macam skid plate, roof rail, over fender, body kit anyar, dan pintu bagasi didesain ulang dengan tempat plat nomor pindah ke bagian bawah. Peleknya 16 inci dan desainnya lain daripada Honda Jazz RS, namun Honda bilang ground clearance-nya lebih tinggi dibanding Jazz. Sayang, tempelan lampu tambahan di pintu bagasi agak sedikit mengganggu, meski kami akui keseluruhan tampilannya memang jadi lebih gagah.

honda-wr-v-rear

Mesin? Nah, ini yang masih belum diungkap resmi oleh Honda Brazil. Namun jika menggunakan nalar, kemungkinan terbesar adalah mesin 1.500 cc Fuel-Flex dari Honda Jazz atau mesin 1.800 cc dari Honda HR-V, dengan opsi transmisi manual atau CVT. Penjualan baru dimulai pada tahun 2017, dan apakah menurutmu Honda WR-V ini yay? Atau malah nay? Sampaikan di kolom komrntar!

Read Prev:
Read Next: