Honda Jazz UK Segera Dapat Mesin 1.000 cc Turbo 127 Horsepower

by  in  Honda & International
Honda Jazz UK Segera Dapat Mesin 1.000 cc Turbo 127 Horsepower
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau di Eropa, Honda Jazz tidak pakai mesin L15 yang sama dengan Honda Mobilio, BR-V, HR-V dan City, melainkan pakai mesin lain yang lebih disesuaikan. Di UK misalnya, di mana Honda Jazz hanya dapat mesin 1.300 cc 4 silinder i-VTEC bertenaga 101 hp, bukan 1.500 cc 118 PS seperti Honda Jazz Indonesia, dengan pilihan transmisi manual atau CVT. Sama seperti rival Jepangnya, yakni Toyota Yaris dan Suzuki Swift, Honda Jazz tidak begitu spesial soal mesin.

Secara penjualan pun, Honda Jazz susah merangsek ke posisi di mana Renault Clio, VW Polo dan Ford Fiesta menjadi 3 hatchback terlaris di Eropa tahun 2015 lalu. Untuk itu, Honda UK mengambil inisiatif duluan dan menyatakan siap memasang mesin 1.000 cc  silinder VTEC Turbo ke dalam ruang mesin Honda Jazz. Bukan mesin baru, karena mesin ini adalah pinjaman dari Honda Civic, dengan tenaga 127 hp dan torsi 200 Nm. Wah, ini nih.

mesin-honda-civic-2016

Kalau di Honda Civic mesin itu menghasilkan performa yang pas, harusnya saat dipasang di Honda Jazz yang lebih kecil dan ringan, mesin ini bisa lebih potensial. “Dengan semua mesin kami, kami sedang mempelajari di mana kita dapat mengembangkan mereka. Pelanggan akan menyukainya, jadi saya pikir itu akan menjadi sesuatu akan kita pakai suatu saat. Anda sudah lihat Honda Jazz punya apa saja, tapi anda tak tahu apa yang sedang kami siapkan,” kata eksekutif Honda UK, Phil Webb kepada AutoExpress.

Selain untuk melawan Ford Fiesta Ecoboost dan VW Polo TSI, langkah ini diambil karena,”Profil usia konsumen Jazz sekarang sedan menurun, jadi ada kesempatan buat kami. Kami sebenarnya belum kepikiran untuk membuat Honda Jazz yang jauh lebih sporty, tapi kami selalu berpikir apa yang bisa kami perbuat untuk menarik konsumen muda ke produk kami,” tambahnya. FYI, image Honda Jazz di Indonesia dan di UK beda jauh. Di sini, Honda Jazz adalah mobil anak muda, sementara di UK, Honda Jazz adalah mobil orang lansia atau jompo.

honda hrv rs

Honda UK bilang, mereka akan mengusahakan agar mesin 1.000 cc 3 silinder VTEC Turbo dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan pada Honda Jazz, bukan CVT. Bagus deh, dan karena Honda HR-V juga satu basis dengan Honda Jazz, bukan mustahil kalau Honda HR-V akan pakai mesin itu juga. Indonesia? Hm, sepertinya masih long way to go buat Honda Jazz standar pakai mesin 1.000 cc turbo, tapi kita tunggu saja. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: