Honda Type R 2022 Keukeuh Pertahankan Girboks Manual

Honda Type R 2022 Keukeuh Pertahankan Girboks Manual
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin, Honda Prospect Motor resmi memperkenalkan Civic Type R 2021 yang berubah sedikit dibandingkan versi kemarin. Masih pakai mesin 2.000 cc turbo bertenaga 300 hp lebih, Honda Civic Type R jadi satu dari sedikit mobil performa tinggi di pasaran yang masih mengandalkan transmisi manual. Sebagian besar mobil kencang sudah beralih ke transmisi otomatis karena pindah giginya lebih cepat, halus dan efisien.

Patut diingat bahwa Honda Civic Turbo berkode FC dan FK sekarang sudah tidak diproduksi lagi, sebab di Amerika sudah meluncur Honda Civic Turbo generasi ke-11. Mobil yang menjadi rival Toyota Corolla ini tetap mengandalkan mesin 1.500 cc turbo dan transmisi CVT. Nah, mengingat Civic baru sudah muncul, tentu tak aneh jika kita penasaran bagaimana nasib Honda Civic Type R generasi baru. Apa akan ada perubahan besar?

Transmisi Manual Tetap Bertahan

Perwakilan Humas Honda Amerika, Carl Pulley angkat suara soal kelanjutan Civic Type R dalam sebuah video. Sebelum masuk ke intinya, ingat dulu kalau Honda punya 2 versi Civic kencang di Amerika. Versi pertama dikenal sebagai Civic SI (Sport Injected), ini versi yang agak kencang. Nah, versi kedua jelas adalah Civic Type R yang lebih kencang. Keduanya menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

Pada wawancara dalam video, Carl Pulley mengonfirmasi kalau Honda Civic SI dan Civic Type R generasi baru akan tetap mempertahankan transmisi manual 6 percepatan. Alasan mempertahankan penggunaan transmisi manual belum diketahui seutuhnya, mungkin memang karena tradisi dan rasa berkendara, karena hari ini sedikit sekali mobil kencang yang menawarkan sensasi pindah gigi sendiri dengan kombinasi aksi tangan kiri dan kaki kiri.

Civic Beda Sendiri

Seperti yang sudah dibilang di awal, tidak banyak mobil kencang yang masih pakai transmisi manual. Kami pun yakin Honda akan tetap pakai transmisi lama dengan sedikit oprekan baru, bukan transmisi baru dari nol. Bukan apa-apa, membuat transmisi baru dari awal untuk mobil performa tinggi yang tidak banyak pembelinya akan terasa tidak masuk akal dari segi bisnis. Belum kalau mengingat bahwa Honda ingin menguatkan teknologi elektrifikasi.

Lihat juga mobil-mobil Honda yang lainnya, biasanya mobil Honda yang pakai transmisi otomatis pasti jenisnya CVT. Contohnya gampang kok, Civic Turbo, CR-V Turbo, City RS, Accord Turbo, semuanya CVT. Ya kali mobil kencang seperti Type R pakai CVT, mau seperti apa sensasinya? Sementara itu mobil kencang lain memilih transisi torque converter atau kopling ganda sekalian. Apa opinimu soal keteguhan Honda mempertahankan transmisi manual? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: