Honda City Hatchback Gantikan Jazz di Ajang Balap Nasional???

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Honda City Hatchback Gantikan Jazz di Ajang Balap Nasional???
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa Honda Indonesia telah mengetok palu yang cukup mengecewakan bagi pecinta Honda Jazz di Indonesia. Honda Jazz harus mengakhiri eksistensinya selama 18 tahun di Indonesia dan digantikan oleh nama lama berbentuk baru yaitu Honda City, tapi hatchback. Nah, dengan berubahnya jagoan Honda di segmen sub compact hatchback, maka besar kemungkinan juga akan terjadi perubahan di dunia balap nasional. Seperti yang kita ketahui bersama, nama Honda Jazz sudah sangat dikenal di dunia balap Indonesia. Akankah Honda City hatchback menggantikan Jazz? Honda Prospect Motor (HPM) pun menjawab.

Pertimbangkan City Hatchback Untuk 2022

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor buka suara terkait peluang Honda City Hatchback menggantikan Jazz di dalam sirkuit Indonesia. Beliau tidak langsung mengiyakan, namun tidak juga memungkiri. “Tentunya dengan dilaunchingnya City Hatchback, maka kami pertimbangkan kapan akan dipakai. Kami akan pertimbangkan apakah akan dipakai di session depan atau bagaimana, itu kita pertimbangkan bersamaMas Alvin dari HRI. Jadi jangan khawatir”, ujar Pak Billy. Nah, walaupun pihak HPM belum menyatakan pasti kapan Honda City Hatchback akan mengisi posisi Jazz di arena balap, namun kita semua tahu bahwa hal ini cepat atau lambat akan segera terjadi. Ada beberapa hal menarik yang melatar belakangi prediksi kami itu. Pertama, nyatanya Honda Jazz di Indonesia sudah tidak diproduksi lagi, dan kini statusnya hanya menghabiskan stok saja.

Artinya, tim balap Honda tentu akan kesusahan mencari unitnya kalau nanti stok dari Honda Jazz GK5 telah sold out. Pilihannya? Tentu hanya Honda City Hatchback. Faktor kedua, Honda City Hatchback hadir dengan mesin yang lebih advance dibandingkan dengan Honda Jazz GK5. Honda City Hatchback mengusung mesin L15ZF 1.500cc i-VTEC DOHC. tenaganya mencapai 121 PS pada 6.600 rpm. Sedangkan torsinya ada di angka 145 Nm pada 4.300 rpm. Sebagai perbandingan, Honda Jazz GK5 menggunakan mesin L15Z5/2 1.500cc i-VTEC SOHC. Selisihnya, tenaga Honda City Hatchback naik 1 PS pada putaran mesin yang sama. Sedangkan torsinya sama persis, namun Honda City Hatchback bisa mencapai peak torque di putaran mesin yang lebih rendah. Nah, sejumlah kelebihan ini tentu menjadi modal berharga bagi Honda City Hatchback untuk menjadi mobil balap, walaupun nyatanya mobil ini lebih bongsor daripada Jazz GK5.

Sumber : Auto Industriya

Honda City Hatchback Balap Versi Thailand

Berbeda dengan di Indonesia, Honda City Hatchback malah baru saja dipamerkan versi balapnya di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021. Honda Thailand meluncurkan Honda City Hatchback versi track bersama dengan Grand Prix International (GPI). Bedanya, untuk Honda City Hatchback yang berlabur livery balap ini menggunakan mesin turbo, dan versi turbonya juga sudah dituning ulang oleh Honda. Honda City Hatchback versi balap di Thailand menggunakan aero kit, sepaket velg lansiran Enkei yang dibalut ban Yokohama dan juga rear spoiler custom. Honda City Hatchback versi balap ini akan digunakan di ajang Honda City Hatchback One Make Race (OMR) dengan spesifikasi mesin 1.000cc Turbo bertenaga 122 PS dan torsi 173 Nm. Oiya, Honda City Hatchback ini juga menggunakan racing damper dari Tein dan juga sistem pengereman baru.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: