Honda NeuV Concept Dipajang di GIIAS 2018, Bisa Baca Emosimu!

Honda NeuV Concept Dipajang di GIIAS 2018, Bisa Baca Emosimu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi beberapa orang, khususnya laki – laki, mendeteksi emosi dari seorang lawan bicara ataupun pasangan adalah sebuah hal yang sangat sudah, bahkan menjurus pada kemustahilan. Hanya orang dengan kemampuan khusus yang bisa mendeteksi emosi dari orang lain, saint seiya 3 mungkin, haha. Nah, namun perkembangan ilmu dan juga teknologi nampaknya sudah memberikan sumbangsih yang besar dalam hal ini, dan bukti nyatanya adalah kehadiran Honda NeuV, sebuah mobil konsep masa depan yang bisa membaca emosimu, dan orang di sebelahmu. Cekidot.

Honda NeuV Concept sendiri hadir di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang sudah dimulai dari tanggal 2 Agustus 2018 silam hingga 12 Agustus 2018 nanti dan bertempat di ICE BSD, Tangerang, Banten. Honda NeuV mengusung konsep mobil commuter dengan fitur Honda Automated Network Assistant dan Autonomous Driving, sehingga mobil dapat beroperasi dengan sendirinya untuk ride-sharing atas izin pemilik saat tidak digunakan. Mobil ini juga dibekali kemampuan untuk mengisi daya listriknya sendiri saat low-battery secara otomatis, boleh juga. Nah, namun nampaknya fitur yang disebutkan diatas ini masih belum terlalu unik untuk sebuah mobil masa depan, karena ada satu fitur lain yang justru membuat mobil ini spesial, yaitu kemampuanya membaca emosi.

Kemampuan ini bisa dimiliki karena Honda NeuV Concept menggunakan teknologi artificial intelligence yang tertanam di dalamnya. Teknologi yang diberi nama “Emotion Engine” ini menggabungkan antara teknologi artificial intelligence dan fungsi otonomus. Dengan teknologi tersebut, Honda NeuV dapat menilai emosi dan tingkat stres dari pengemudinya melalui mimik wajah dan intonasi suara, untuk kemudian melakukan berbagai penyesuaian sistem yang mendukung keamanan berkendara. Wah, pakai computer vision nih, yang mahasiswa IT angkat tangannya. Kembali ke mobil canggih ini, Mobil ini juga dapat mempelajari gaya hidup pengemudi dan preferensi mengemudi untuk memberikan opsi yang sesuai demi mencapai komunikasi antara si pengendara dengan mobilnya.

Karena cukup kompleksnya kemampuan yang diusung oleh mobil ini, maka tak mengejutkan jikalau ada banyak pihak yang terlibat dalam riset dan pengembangan Honda NeuV Concept. Honda NeuV sendiri dikembangkan atas kerjasama tiga pihak, yakni Honda R&D yang menyalurkan partisi untuk artificial intelligenceHonda Silicon Valley Lab yang menyalurkan partisi untuk digital payment, dan Honda R&D America yang bertanggung jawab untuk desain dan perakitan mobil. Mobil yang spesial ini sendiri sejatinya bukan pertama kalinya menampakkan diri ke publik, karena pada ajang CES di Las Vegas pada awal tahun 2018 ini Honda NeuV Concept sudah diperkenalkan. Merujuk pada bentuk, bentuk mobil ini memang khas mobil masa depan dengan desain futuristik dan memiliki wheelbase 1.930 mm, panjang 2.907 mm, lebar 1.622 mm dan tinggi 1.586 mm.

Akankah mobil ini diproduksi di masa depan nanti? Kami sih berharap iya. Mengapa? Karena kecanggihan fitur yang diusungnya akan membuat para pengendara dan penumpang bisa mendapatkan preferensi berkendara yang sesuai dengan emosinya saat itu. Nah, jadi kalau di masa depan kalian mau menebak emosi dari pasangan kalian, suruh saja naik Honda NeuV ini. Bagaimana menurut kalian? Jangan dipraktekkan ya, mobilnya belum ada.

Read Prev:
Read Next: